Bisnis

12 Tanya Jawab Seputar Investasi di Indonesia

Investasi di Indonesia

Tulisan ini menjawab pertanyaan investasi di Indonesia yang diterima redaksi Loper Online. Ini bukan makalah investasi. Namun, cara kami berbagi info dunia investasi lewat bahasa yang mudah dimengerti.

Apa Saja Pertimbangan dalam Investasi?

Semisal kamu mendapatkan tawaran investasi hotel baru di Padang, Sumatera Barat. Apa saja yang harus dipertimbangkan? Ada tiga: yaitu return, risiko serta hubungan antara tingkat risiko dan tingkat harapan. Return artinya keuntungan yang diperoleh investor setelah menanamkan sejumlah uang. Ada dua jenis return. yaitu return harapan serta return faktual.

Sedangkan risiko berarti kemungkinan realisasi aktual yang diterima investor. Biasanya, risiko terkait kerugian yang harus ditanggung. Semisal kamu membeli sepuluh ekor ayam seharga @Rp40.000. Dua bulan ke depan kamu mengharapkan ayam itu bisa dijual seharga Rp45.000 per ekor. Keuntungan yang diharapkan Rp5.000 per ayam. Total laba yang diharapkan Rp50.000 (Rp5000 x 10 ekor).
Jadi pendapatan plus laba yang diharapkan totalnya menjadi Rp450.000. Risiko yang ditanggung Rp400.000 (Rp40.000 x 10 ekor).

Ketiga, hubungan antara tingkat risiko dan harapan. Kedua hal itu harus berjalan linier. Harapan untung besar =  siap menanggung rugi yang sama besarnya.

Apa return harapan dengan return yang terjadi?

Return harapan ialah tingkat pengembalian yang diantisipasi investor di masa depan. Sedangkan tingkat pengembalian aktual besarnya return yang didapatkan investor.

Adakah Investor Yang Menghindari Resiko?

Ada. Investor seperti itu disebut risk averter. Mereka memiliki kecenderungan menghindari risiko. Lalu memilih aset “aman” yang memberikan pendapatan tetap dan stabil. Semisal,  deposito, obligasi. atau saham blue chips. Biar untung sedikit asal pasti.

Apa Saja Jenis Investor?

Istilahnya retail investor dan institutional investorRetail investor pelaku investasi perorangan. Sedangkan institutional investor ialah organisasi (bukan individu) yang melakukan penanaman modal. Semisal, perusahaan asuransi, lembaga penyimpanan dana seperti bank, pengelola dana pensiun, serta perusahaan investasi lainnya. Yang membedakan keduanya ialah skala usahanya. Bukan aktivitasnya.

Apa Pengertian Strategi portofolio aktif dan pasif?

Keduanya merupakan jalan supaya investasi menguntungkan jadi nyata. Strategi portofolio aktif itu berfokus pada sikap ingin tahu, gesit, dan penasaran dari investor. Mereka ingin mendapatkan informasi sebanyak mungkin dan detail tentang perusahaan tertentu.

Sedangkan portofolio pasif lebih menekankan informasi yang diperoleh berdasarkan kinerja indeks pasar.

Apa yang Harus dilakukan saat Investasi Mengalami Kegagalan?

Pertama, terima saja kenyataan itu. Kamu diminta belajar dan berproses lebih baik. Ulangilah proses investasi dari awal. Mulai dari mencari informasi sampai menemukan perusahaan yang pas dan masuk akal sebagai tempat menanam modal.

Apa bedanya antara bisnis dan investasi?

pengertian bisnis atau definisi bisnis ialah usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang.

Sedangkan investasi merupakan aktivitas penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Ibarat mobil, investasi bahan bakar sedangkan bisnis jadi mesinnya. Tanpa investasi, bisnis pun mati. Sedangkan tanpa bisnis, investasi tidak memiliki ruang untuk tumbuh.

Apa pengertian bisnis menurut para ahli?

“The things we fear most in organizations – fluctuations, disturbances,
imbalances – are the primary sources of creativity.”
Margaret J. Wheatley, Management Consultant

“Out there in some garage is an entrepreneur who’s forging a bullet with your
company’s name on it.”
Gary Hamel, Business Writer

“The greatest barrier to success is the fear of failure.”
Sven Goran Eriksson

Apa pengertian ekonomi dan bisnis?

Ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia mencukupi kebutuhannya hidupnya, seperti produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos) yang berarti “peraturan, aturan, hukum”.

Bagaimana melakukan manajemen investasi?

Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W.

Apa itu saham?

Saham adalah surat berharga sebagai tanda kepemilikan seseorang atau badan terhadap suatu perusahaan. Pengertian saham ini artinya adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) atau yang biasa disebut emiten.

Instrumen investasi saat ini semakin beragam. Tidak hanya itu, investasi juga bisa dilakukan secara digital sehingga semakin memudahkan investor yang ingin berinvestasi. Meskipun demikian, sebelum memutuskan untuk berinvestasi pelajari dulu strategi investasi yang terbaik untuk jenis instrumen yang kamu pilih agar bisa mendapatkan untung lebih besar sekaligus meminimalisir risikonya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top