Bisnis

5 Cara Promosi Bisnis yang Mudah Dilakukan

Promosi Bisnis yang Mudah Dilakukan

Ketika Anda menjalani sebuah bisnis, promosi merupakan bagian terpenting dalam bisnis Anda. Promosi bisnis merupakan kegiatan komunikasi untuk meningkatkan penjualan dengan usaha yang bersifat persuasif, yaitu bersifat mengajak secara halus. Dalam pengertian lain, promosi juga disebut sebagai bentuk perkenalan.

Dulu, untuk sebuah promosi, perlu membuat banner, poster, reklame, dan lain sebagainya. Kini, teknologi semakin canggih, promosi bisnis menjadi lebih mudah. Memasuki era online, sekarang promosi melalui online menjadi pilihan bagi pebisnis.

Bagaimana cara melakukan promosi secara online? Berikut ini beberapa cara promosi secara online yang dapat Anda praktikkan.

Bercerita di Media Sosial

Jika bisnis Anda baru saja dimulai, Anda bisa menceritakan rencana bisnis Anda melalui media sosial. Dengan demikian, teman-teman Anda di media sosial akan tahu tentang rencana bisnis Anda. Alih-alih jika mereka berkomentar memberikan saran yang terbaik untuk bisnis Anda. Selain itu, bisa saja teman-teman Anda di media sosial itulah yang nantinya akan menjadi pelanggan bisnis Anda.

Jika Anda sudah menjalani bisnis, Anda tetap bisa menceritakan perjalanan bisnis Anda melalui media sosial. Semisal, saat ini Anda sedang sibuk melakukan produksi gamis. Ceritakan bagaimana proses Anda saat membeli bahan atau bertemu dengan penjahit. Dengan demikian, teman-teman Anda di media sosial akan tahu tentang bisnis yang sedang Anda jalani.

Menceritakan bisnis Anda di media sosial sangatlah bermanfaat. Anda bisa mem-branding diri Anda supaya lebih dikenal. Bercerita merupakan cara yang halus supaya lebih mudah diterima.

Testimoni

Testimoni sangatlah penting digunakan untuk menarik calon konsumen. Jangan pernah ragu meminta testimoni dari pelanggan Anda. Anda bisa membagikan testimoni pembeli Anda ke media sosial. Jika testimoni yang diberikan pembeli kurang baik, setidaknya itu juga membantu Anda untuk terus mengevaluasi, memperbaiki produk, dan membuat inovasi.

Jika Anda baru saja menjalani bisnis, mungkin Anda belum punya testimoni terhadap produk Anda. Anda bisa melakukan tanya jawab dengan seseorang tentang produk Anda. Pendapat yang terucap itulah yang nantinya bisa dijadikan sebagai testimoni.

Testimoni memiliki nilai jual tersendiri untuk promosi. Dengan adanya testimoni, seseorang menjadi lebih yakin untuk membeli produk atau jasa Anda.

Trik Jitu Mempromosikan Bisnis di Instagram
Promosi Bisnis di Instagram

Promosi Bisnis dengan Voucher Potongan Harga atau Gratis

Siapa sih yang tidak suka potongan harga? Siapa juga yang tidak suka gratisan? Hampir kebanyakan orang lebih suka potongan harga dan paling lebih suka dengan yang gratis. Dengan adanya voucher potongan harga, calon pembeli yang baru tertarik tapi masih ragu untuk order, bisa saja memutuskan untuk order karena ada potongan harga.

Begitu juga dengan voucher gratis. Produk gratis yang Anda berikan itu otomatis sekaligus sebagai tester. Dia mencoba, jika cocok, dapat dipastikan akan order lagi dan bahkan akan menceritakan ke beberapa temannya.

Promosi Bisnis dengan Bersosialisasi

Bersosialisasi tidak hanya dilakukan saat bertemu. Di dunia maya pun Anda dapat bersosialiasi. Alokasikan waktu dalam sehari untuk berbincang dengan seseorang yang Anda rasa berpotensi akan membeli produk atau menggunakan jasa. Anda berikan kenyamanan ke pada semua teman-teman di dunia maya Anda. Jika komunikasi Anda baik, mereka dengan senang hati pula membantu mempromosikan bisnis Anda. Bukan berarti Anda memanfaatkan mereka begitu saja. Lakukan saja sosialisasi seperti biasa tanpa ada tujuan khusus. Sikap ketulusan Anda dalam bersosialisasi itulah yang nantinya dapat menumbuhkan rasa nyaman secara otomatis. Namun, cara ini harus konsisten dilakukan. Oleh karena itu, alokasikan setiap hari untuk bersosialisasi meski hanya sekadar menyapa, berkomentar atau menyukai dari postingan yang mereka bagikan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top