Bisnis

5 Kiat Bisnis Online sebagai Bisnis Sampingan

Bisnis Online sebagai Bisnis Sampingan

Dari waktu ke waktu, kebutuhan pokok maupun sekunder manusia semakin meningkat. Terlebih lagi jika harga kebutuhan-kebutuhan tersebut naik menjadi semakin tinggi. Bagi beberapa orang seperti mahasiswa perantauan atau pegawai kantoran, hal ini tentu akan semakin menyulitkan. Bahkan bagi pegawai negeri sekali pun, penghasilan mereka masih dirasa kurang dan belum bisa menyejahterakan mereka. Oleh karena itu, bisnis sampingan memang harus dimiliki oleh setiap orang. Saat ini bisnis sampingan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berbisnis online.

Bisnis sampingan berupa usaha online merupakan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan di atas. Anda bisa menggunakan skill, bakat, maupun keterampilan yang Anda miliki untuk menghasilkan penghasilan ekstra tersebut. Anda hanya perlu keberanian serta semangat dalam mengelola bisnis sampingan tersebut. Tentu bukan hal yang mustahil jika bisnis sampingan ini nantinya malah bisa memberikan pendapatan yang lebih besar daripada pendapatan Anda yang utama. Lalu bagaimana caranya agar usaha online Anda tersebut bisa berjalan dengan lancar? Berikut ini merupakan beberapa tips usaha online sebagai bisnis sampingan yang perlu Anda simak.

Menentukan bidang usaha

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan bidang usaha online apa yang akan Anda jalankan. Anda bisa mempertimbangkannya dari hobi maupun bakat yang Anda miliki. Biasanya jika Anda melakukan dengan sesuatu yang Anda sukai, maka hasilnya bisa lebih maksimal. Dalam memulai sebuah usaha online, Anda pasti akan menemui banyak rintangan, halangan, serta persaingan. Anda harus bisa mengatasi semua hal itu dengan semangat di dalam diri terlebih dahulu. Misalnya saja, Anda gemar memasak. Anda bisa menjual makan siang secara online untuk anak kuliah atau karyawan.

Menentukan Target Pelanggan

Setelah menentukan bidang usaha yang akan dijalankan, kini saatnya Anda menentukan siapa saja target pelanggan untuk produk atau jasa yang Anda jual. Misalnya saja Anda ingin menjual pakaian di teman sekolah, teman kuliah, teman kantor, tetangga, dan keluarga terlebih dahulu. Baru setelah itu Anda memasarkannya lebih luas lagi untuk masyarakat luar melalui media sosial.

Menyiapkan modal dan merencanakan anggaran

Tentu saja sebelum memulai bisnis online ini, Anda harus menyiapkan modal yang dibutuhkan. Mempersiapkan modal kerja serta merencanakan seluruh anggaran biaya untuk bisnis ini cukup penting, agar Anda bisa mengetahui pergerakan penghasilan, pengeluaran, serta keuntungannya. Misalnya saja, untuk berjualan pakaian online Anda membutuhkan laptop, smartphone, dan koneksi internet untuk meng-upload seluruh foto produknya. Catat apa saja pengeluarannya secara rinci agar semuanya jelas. Jika Anda tidak memiliki modal untuk bisnis online, Anda bisa mencari pinjaman dulu di beberapa bank yang menyediakan layanan ini. Misalnya, Ammar Bank menyediakan layanan pinjaman modal dengan nama Tunaiku. Anda bisa meminjam modal dengan jangka waktu yang sudah disepakati.

Menerapkan strategi

Setelah melakukan tiga cara di atas, kini saatnya Anda menentukan strategi pemasaran apa saja yang akan Anda pakai untuk mendapatkan pelanggan. Anda bisa memasarkan secara offline dan onlien. Jika offline, Anda bisa mempromosikannya secara mulut ke mulut kepada orang teredekat terlebih dahulu. Kemudian secara online dengan cara membuat website, promosi di media sosial, dan membuat newsletter untuk pelanggan. Beberapa cara lain yang bisa dilakukan adalah memberikan diskon khusus, bonus, garansi, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :

Itu tadi beberapa tips usaha online untuk bisnis sampingan yang dapat Anda terapkan. Setelah membaca seluruh tips di atas, apakah Anda sudah memiliki gambaran untuk bisnis yang akan Anda jalankan?

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top