Bisnis

5 Orang Terkaya di Amerika Serikat Tahun 2015

5 Orang Terkaya di Amerika Serikat Tahun 2015

Daftar 400 orang terkaya di Amerika Serikat versi Forbes kembali dibuat tahun ini. Total harta 400 orang tersebut mencapai US$ 2,34 triliun, naik US$ 5,8 triliun dari tahun kemarin. Berikut rangkuman 5 orang terkaya di Amerika Serikat yang tercatat di daftar tersebut. Siapa saja mereka?

1. Charles Koch

Menjadi chairman–pimpinan–sejak tahun 1967 di Koch Industries, membuat kekayaan Charles Koch hingga tahun ini terkumpul mencapai US$ 41 miliar atau setara dengan Rp 602 triliun.

 

Charles Koch.

Koch Industries, perusahaan industri besar di Amerika Serikat itu telah menjadi saksi perjalanan pria berusia 79 tahun tersebut. Di tangan Charles, Koch Industries yang semula hanya memiliki nilai perusahaan sebesar US$ 50 juta, kini telah mencapai angka US$ 100 miliar.

Diketahui, Charles Koch juga seorang pendukung Partai Republik. Ia merupakan salah satu dari sekian orang yang berpengaruh besar di Amerika Serikat.

 

2. Jeff Bezos

Selaku CEO dan pendiri Amazon.com, menjadikan Bezos sebagai salah satu dari 5 orang terkaya di Amerika Serikat.

 

Jeff Bezos.

Tahun ini, Bezos tercatat memiliki harta sebanyak US$ 47 miliar atau sekitar Rp 690 triliun, beranjak naik dari tahun sebelumnya, yakni US$ 16,5 miliar. Hal ini terkait dengan naiknya saham Amazon.com, seperti diumumkan pada Juli 2015 lalu. Kenaikan saham tersebut hingga mencapai US$ 92 juta. Otomatis, kekayaan Bezos ikut melonjak drastis.

 

Tidak sampai di situ, Bezos bahkan berencana mengembangkan drone berkecepatan tinggi guna membawa paket untuk dikirimkan pelanggan Amazon, sebagai bukti Bezos semakin mengembangkan investasi dalam pemgembangan teknologi baru.

 

Blue Origin, perusahaan aerospace milik Bezos pun dikabarkan telah membangun romet dan meluncurkannya ke orbit dengan menghabiskan dana sekitar US$ 200 juta.

3. Larry Ellison

Pendiri dan menjadi mantan CEO terhitung sejak tahun 2004 di perusahaan teknologi Oracle ini, agaknya sudah betah menduduki posisi ketiga dalam daftar orang terkaya di Amerika Serikat. Pria berusia 71 tahun ini memiliki kekayaan sebanyak US$ 47,5 miliar atau setara dengan Rp 698 triliun.

Larry Ellison.

Ellison mengundurkan diri dari kursi CEO pasca selesainya tugas membuat database untuk CIA. Terhitung sudah selama 27 tahun Ellison menjadi CEO di perusahaan Oracle yang didirikannya pada tahun 1977 tersebut.

 

Kedua anak Ellison, Megan dan David, rupanya tidak kalah sukses dibanding sang Ayah. Tercata kedua anak Ellison itu bekerja sebagai produser untuk sejumlah film Hollywood. Megan pernah membiayai film seperti ‘American Hustle’ dan ‘Zero Dark Dirty’. Sedangkan ‘The Terminator’ dan ‘Mission:Impossible’ diketahui telah diproduseri oleh David.

 

4. Warren Buffett
Warren Buffett.

Di posisi kedua dalam daftar 5 orang terkaya di Amerika Serikat, ditempati oleh seorang pria berusia 85 tahun yang sederhana, Warren Buffett. Meski kekayaannya tahun ini mencapai US$ 62 miliar atau sekitar Rp 911 triliun, Buffett memilih untuk tetap tinggal di rumah seharga US$ 31.500 yang ia beli pada tahun 1958 silam.

 

Pundi-pundi kekayaan Buffett didapatnya sebagai pebisnis yang dikenal cerdas dalam berinvestasi melalui perusahaannya, Berkshire Harthaway, yang merupakan perusahaan publik termahal keempat di Amerika Serikat.

 

Pada Agustus 2015 lalu, Buffett diketahui telah berhasil membeli Precision Cartspart, salah satu perusahaan produsen pesawat dan industri seharga US$ 37 miliar. Buffet juga merupakan pendukung kandidat calon presiden Amerika Serikat, Hillary Clinton.

 

5. Bill Gates

Meski diketahui kekayaannya menurun dibanding tahun lalu, Bill Gates tetap kokoh berada di peringkat pertama dalam daftar 5 orang terkaya di Amerika Serikat tahun ini. Harta kekayaan pria pendiri Microsoft ini mencapai US$ 76 miliar atau setara dengan Rp 1.117 triliun, lebih sedikit dari tahun lalu yang sempat mencapai US$ 81,2 miliar.

Bill Gates.

Bersama Paul Allen, pria usia 59 tahun itu telah mendirikan Microsoft pada 40 tahun yang lalu. Namun, pada tahun lalu, Gates mengundurkan diri dari posisi chairman Microsoft, demi menjalankan niat mulia bersama sang istri, Melinda, untuk fokus pada kegiatan amal melalui Bill & Melinda Gates Foundation.

Setiap tahun menjual saham Microsoft, membuat saham Gates di perusahaan tersebut kini hanya di bawah 3% atau bila dinilai, 13% dari seluruh kekayaannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

To Top