Bisnis

6 Langkah Sukses Bekerja Sambil Berbisnis

berbisnis-sambil-bekerja

Kebutuhan yang begitu meningkat membuat kebanyakan orang ingin mencari pemasukan tambahan. Gaji dari bekerja di sebuah lembaga atau perusahaan dirasa masih kurang cukup, sehingga muncul keinginan untuk berbisnis. Bekerja sambil berbisnis, apakah bisa dilakukan? Bisa dilakukan jika Anda melakukan beberapa hal berikut.

  1. Memilih Pekerjaan Freelance

Bekerja fulltime di sebuah lembaga atau perusahaan tentu akan banyak menghabiskan waktu Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Menjalani keduanya tentu akan sulit, bahkan bisa jadi Anda kehilangan keduanya.

Jika Anda ingin  bekerja sekaligus berbisnis, lebih baik pilih pekerjaan freelance. Akan tetapi, jika Anda terpaksa sudah bekerja di lembaga atau perusahaan secara fulltime, coba pikirkan kembali kapan Anda mengurus bisnis Anda, kapan Anda memberikan waktu untuk keluarga Anda, dan lain sebagainya.

Pertimbangkan sebaik mungkin bagaimana nantinya Anda akan mengatur waktu, membagi pekerjaan untuk perusahaan atau lembaga dan pekerjaan untuk bisnis, dan mengukur kemampuan Anda.

 

  1. Efektifkan Bila Menjalani Keduanya?

Ketika Anda hendak memutuskan bekerja sambil berbisnis, pertanyakan kembali apakah hal itu akan efektif? Jangan terlalu rakus, semua perlu dipertimbangkan. Anda juga harus mengukur kemampuan Anda dalam melakukan keduanya.

Mengapa harus selalu dipertanyakan lagi? Karena dengan mempertanyakan kembali, Anda mau memikirkannya dengan baik dan mengambil keputusan yang tepat sehingga saat pelaksanaan Anda teguh pendirian tidak terombang-ambing kebingungan.

 

  1. Jangan Memulai Berbisnis dengan Modal Besar

Biasanya, seorang pekerja yang hendak berbisnis akan menggunakan gajinya sebagai uang modal. Jangan terburu-buru memulai berbisnis dengan modal besar. Meskipun uang modal Anda banyak, tetap jangan terburu-buru mengeluarkan modal besar saat memulai bisnis.

Anda harus melakukan perencanaan yang matang dan penyesuaian diri. Karena Anda terhitung baru saja memulai bisnis, tentu Anda belum matang mengenali dunia bisnis. Anda perlu belajar dan terus berproses. Mulailah bisnis dengan modal kecil dulu.

4. Atur Waktu untuk Mengurus Bisnis Anda

Atur waktu Anda sedemikian rupa untuk pekerjaan dan bisnis Anda. Jangan sampai pekerjaan mengganggu bisnis Anda. Pun sebaliknya, jangan sampai bisnis mengganggu pekerjaan Anda. Ketika Anda sudah mengatur waktu untuk pekerjaan dan bisnis, maka patuhilah. Selesaikan segera pekerjaan Anda, supaya saat mengurus bisnis, Anda bisa fokus mengurus bisnis. Demikian pula saat Anda mengurus bisnis, selesaikan urusan bisnis Anda segera supaya tidak mengganggu urusan pekerjaan Anda. Anda harus bisa mengatur waktu dan mematuhi aturan yang sudah Anda buat sendiri. Kuncinya adalah disiplin.

 

  1. Memaksimalkan Waktu Weekend untuk Mengurus Bisnis

Di hari biasa, mungkin waktu Anda untuk mengurus bisnis tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan weekend untuk mengurus bisnis Anda secara maksimal. Tapi ingat, jangan lupa untuk mengalokasikan waktu untuk keluarga dan jam istirahat Anda.

 

  1. Buatlah Tim untuk Ikut Serta Mengurus Bisnis Anda

Untuk mengurus bisnis, tidak bisa dipungkiri bahwa kita juga butuh partner atau tim kerja. Jika semuanya dilakukan sendiri oleh Anda, bisa saja Anda kelimpungan. Membuat tim kerja untuk mengurus bisnis akan sangat Anda perlukan, terlebih Anda belum bisa totalitas mengurus bisnis karena harus berbagi dengan bekerja di lembaga atau perusahaan.

Keberadaan tim untuk mengurus bisnis Anda akan sangat membantu. Anda tidak akan berjuang sendiri karena ada tim yang mendukung. Jika Anda belum berani menggaji tim, Anda dapat melakukan bagi hasil dengan tim Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top