Bisnis

6 Mata Uang Digital Selain Bitcoin Yang Cocok Dijadikan Investasi

digital currency

Bitcoin merupakan mata uang digital paling populer, tapi tentunya bukan satu-satunya di dunia.

Setidaknya hingga bulan Juli 2016 terdapat lebih dari 710 mata uang digital yang aktif diperdagangkan di dunia, namun hanya sedikit yang memiliki kapitalisasi pasar di atas 10 juta dolar AS.

Dengan harga lebih mahal dari 1 ounce emas, tidak dipungkiri lagi Bitcoin adalah yang paling tinggi nilainya.

Karena bisa digunakan untuk bertansaksi untuk membeli barang dan jasa seperti mata uang pada umumnya, serta potensi untuk terus bertambah nilainya, tidak sedikit orang yang menjadikan mata uang digital tersebut sebagai pilihan untuk investasi.

Nah, selain Bitcoin 6 mata uang digital ini juga cocok untuk dijadikan investasi.

1. Litecoin

Mata uang digital yang pertama kali diluncurkan pada 7 Oktober 2011 oleh Charlie Lee, mantan karyawan Google ini mampu mencapai kapitalisasi pasar sebesar 1 milyar dolar AS per November 2013.

Saat ini satu Litecoin diperdagangkan dengan nilai sebesar 22,81 dolar AS.

2. Ethereum

Gagasan untuk membuat Ethereum pertama kali dicanangkan pada akhir 2013 oleh Vitalik Buterin, seorang programer dan peniliti mata uang digital. Sistem Ethereum pertama kali menluncur pada tanggal 30 Juli 2015.

Saat ini Ethereum memiliki kapitalisasi pasar di atas 8 milyar dolar AS dan satu Ethereum diperdangkan dengan nilai 93,27 dolar AS.

3. Zcash

Zcash mulai dikembangkan pada tahun 2014, proyek tersebut merupakan kolaborasi antara peneliti di Universitas Johns Hopkins, Institut Teknologi Massachusetts, Institut Teknologi Israel – Technion, dan Universitas Tel Aviv.

Satu Zcash diperdangkan dengan nilai 93,66 dolar AS dan memiliki kapitalisasi pasar di atas 122 juta Dolar AS.

4. Dash

Dash merupakan jenama baru dari Darkcoin, mata uang yang memiliki kapitalisasi pasar 641 juta dolar AS ini diperdagankan dengan nilai 87,87 dolar AS.

5. Ripple

mata uang digital ripple

Dalam 24 jam terakhir nilai tukar mata uang digital ini naik lebih dari 30%. Hanya saja, berbeda dengan mata uang digital pada umumnya, Ripple tidak bisa ‘ditambang’.

Ripple memiliki kapitalisasi pasar di atas 11 milyar dolar AS, dengan satu Ripple diperdagangkan dengan nilai 0,3 dolar AS.

6. Monero

Mata uang digital yang diluncurkan pada bulan April 2014 ini telah memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 382 juta dolar AS. Satu monero diperdagangkan dengna nilai 26,47 dolar AS.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top