Bisnis

8 Bisnis dan Pekerjaan yang bisa Dimulai Secara Individu

8 Bisnis dan Pekerjaan yang bisa Dimulai Secara Individu

Lapangan pekerjaan yang semakin jarang ditemui sementara angka pengangguran yang semakin meningkat, mungkin membuat Anda berpikir sebaiknya mulai berbisnis saja. Namun, berbagai kendala datang menghadang. Persaingan yang ketat, belum lagi tidak adanya rekan kerjasama kadang membuat Anda ragu.

Untuk memulai berbisnis tanpa bekerjasama dengan orang lain, sebenarnya bisa saja kok. Malah, beberapa pekerjaan di bawah dapat dilakoni hanya mengandalkan kemampuan dan kreatifitas Anda saja. Berikut 8 bisnis dan pekerjaan yang bisa dimulai secara individu.

Guru Les Privat

Anda merasa mempunyai ilmu yang mungkin berarti bagi orang lain? Jika Anda termasuk seseorang yang sabar dalam berbagi ilmu dengan orang lain, mungkin Anda bisa menjadikan profesi guru les privat sebagai pekerjaan Anda.

Ilmu yang diajarkan bisa banyak hal, mulai dari mengajar pendidikan formal sampai mengajarkan beberapa keahlian seperti kesenian, musik dan sebagainya. Jika Anda mahir dalam berolahraga seperti berenang dan bermain bola, Anda juga bisa memanfaatkan keahlian Anda tersebut.

Mengenai bayaran, Anda sendiri yang menentukan tarif. Tentu, baiknya disesuaikan dengan harga pasaran yang ada. Promosi pun cukup melalui mulut ke mulut saja sebagai langkah awal.

Translator Atau Penerjemah

Anda menguasai bahasa asing? Banyak pekerjaan yang membutuhkan penerjemah. Mulai dari menerjemahkan artikel, makalah, dokumen, skripsi, dll. Jika Anda penyuka cerita fiksi Anda mungkin bisa juga mengajukan diri menjadi penerjemah novel bahasa asing.

Satu halaman terjemahan Anda diperkirakan dapat menghasilkan 50.000 rupiah. Selain itu, pekerjaan ini pun bisa Anda kerjakan di rumah atau saat Anda nongkrong di kafe. Anda hanya perlu menyesuaikan diri dengan deadline saja.

Desainer Grafis

Jika Anda seseorang yang kreatif dan memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, tidak ada salahnya Anda mencoba ide ini untuk bisnis pertama Anda.

Banyak yang membutuhkan jasa ini. Di saat sedang tidak ada job, Anda mungkin bisa menyetok beberapa desain yang mungkin akan menjadi ciri khas Anda. Harga Anda yang menentukan atau negosiasi dengan klien.

Penjual Pulsa

Di era digital seperti sekarang, nyaris setiap hal membutuhkan pulsa untuk dapat berkomunikasi atau mencari informasi. Jika Anda ingin memulai berbisnis, mungkin Anda bisa memulai dari sini dulu. Apalagi jika Anda adalah seorang mahasiswa atau karyawan, bisnis ini cukup menguntungkan untuk usaha sampingan.

Modal menjual pulsa relatif kecil, Anda bisa mencoba mulai dari 50.000 rupiah hingga 1 juta rupiah. Pastikan Anda memilih server yang terpercaya, lakukan survey harga sebagai perbandingan dan jangan mengambil keuntungan terlalu banyak karena ketatnya persaingan.

Pedagang Olshop

Olshop atau Online Shop menjamur di mana-mana. Beragam produk diperdagangkan. Jika Anda tekun berjualan, Anda bisa mencoba memasarkan produk Anda di online shop milik sendiri.

Selain Anda dapat berinovasi, Anda juga dapat menjual produk orang lain yang menitipkan barang dagangannya. Keuntungan pun bisa didapat dari pengunjung website yang Anda buat sendiri. Usaha ini hanya memerlukan template dan website yang harganya relatif terjangkau. Jika Anda bisa berinovasi dengan memanfaatkan platform gratisan, maka modal Anda bisa lebih kecil.

Blogger

Jika Anda sering melihat seorang blogger ingin banyak orang mengunjungi blognya, ketahuilah, pendapatan mereka memang berasal dari banyaknya jumlah viewers blog tersebut. Apabila jumlah viewers banyak, blog Anda bisa di-monetize untuk mendapatkan uang dengan cara memasang space iklan dari iklan lokal atau Anda bisa mengajukan blog Anda ke jaringan periklanan seperti Google Adsense.

Untuk itu, Anda perlu membuat konten yang menarik sehingga blog Anda dikunjungi banyak orang. Anda bisa membuat tulisan, tutorial, tips atau apa pun sesuai passion Anda. Menyenangkan, bukan? Anda bisa bekerja sambil menyalurkan hobi. Pemilihan template yang menarik pun harus dipertimbangkan agar pengunjung mendapat kepuasan saat mengunjungi blog Anda.

Bisnis Katering

Bisa dibilang, katering adalah usaha yang nggak ada matinya. Setiap harinya ada saja acara diselenggarakan dan setiap acara tersebut pasti membutuhkan makanan untuk dikonsumsi. Jadi, jika Anda yakin masakan Anda enak, tidak ada salahnya mencoba, bukan?

Anda mungkin bisa memulainya dari memegang acara kecil dulu jika Anda belum mempunyai pegawai. Jika katering berjalan lancar dan permintaan semakin bertambah, merekrut pegawai sangat dibutuhkan dan Anda pun dapat membantu menyediakan lapangan pekerjaan.

Jasa Sewa Kamar

Anda memiliki kamar yang tidak terpakai di rumah? Sewakan saja! Apalagi jika rumah ANda berlokasi di dekat tempat wisata, maka membuka usaha ini akan semakin menjanjikan. Pastikan Anda menyediakan fasilitas yang pantas, seperti kebersihan dan kenyamanan.

Menyewakan kamar ini bisa dibilang lebih menguntungkan daripada menjadikannya usaha kos atau kontrakan karena jangkanya yang tidak lama. Jika melalui kos atau kontrakan Anda bis amendapatkan keuntungan tetap tiap bulan, beda dengan menyewakan yang sewanya dihitung harian. Bayangkan bila banyak tamu menginap. Lumayan, bukan?

Nah, itu dia beberapa bisnis dan pekerjaan yang bisa dilakukan secara individu. Semoga bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top