Bisnis

Apa Saja Jenis NFT yang Umum?

Jenis NFT

Non-fungible tokens (NFTs) bisa hampir semua hal. Faktanya, CEO Twitter Jack Dorsey mengubah cuitan Twitter pertama menjadi NFT dan kemudian menjualnya seharga $2.9 juta. Hal tersebut adalah salah satu faktor yang berkontribusi pada popularitas NFT.

NFTs telah berevolusi menjadi hampir semua hal sejak saat itu. Namun, seni masih merupakan hal yang paling umum untuk diubah menjadi NFTs.

Seni saat ini membanjiri pasar NFT. Jadi, selain seni, apa saja jenis NFTs umum lainnya? Halaman ini akan menyelidiki dunia NFT dan menjelaskan apa itu.

Apa itu NFTs?

Non-fungible tokens (NFTs) adalah jenis mata uang kripto yang mewakili aset unik. NFT dapat digunakan untuk mewakili apa saja mulai dari seni digital hingga item dalam game, dan mereka sering dibeli dan dijual di pasar terdesentralisasi. Karena NFT disimpan di blockchain, mereka tidak dapat diubah dan tidak dapat diduplikasi

Sangat mudah untuk menduplikasi dan mendistribusikan kembali media digital. NFT, di sisi lain, sangat berbeda. Ini adalah media digital yang tidak dapat diganti atau disalin.

Ya, Anda dapat menyalin media dan membagikannya di media sosial. NFTs asli, di sisi lain, tetap menjadi milik Anda.

9 jenis NFTs

Karena Anda dapat membuat hampir semua hal menjadi NFT, definisinya mungkin masih kabur.

Namun, ada jenis kripto umum yang tersedia di sebagian besar pasar NFT.

Berikut adalah Jenis dari NFTs:

  1. Seni

    Ini adalah bentuk NFT paling umum di pasar NFT. Mereka juga merupakan jenis NFTs paling mahal di pasaran.

    Versi NFT dari lukisan ini memiliki keunikan dan keindahan yang sama dengan lukisan asli di atas kanvas. Satu-satunya perbedaan adalah platform tempat lukisan tersebut ditampilkan. Selain itu, tidak seperti gambar fisik, Anda hanya dapat melihat lukisan NFT secara virtual melalui layar.

    NFT tidak tunduk pada penggantian atau duplikasi karena blockchain hanya mengizinkan satu salinan. Akibatnya, Anda hanya dapat memiliki satu salinan yang dapat Anda perdagangkan. Situasinya akan serupa jika lukisan itu adalah karya seni fisik.

    Dimungkinkan juga untuk memberikan NFT efek bergerak.

    Jadi, jika Anda memiliki karya seni NFT, Anda dapat mencetaknya dan menggantungnya di dinding sebagai hard copy. Selain itu, Anda dapat menggunakannya dengan berbagai cara, seperti cover ponsel atau laptop atau wallpaper. Anda juga dapat menggunakannya untuk melindungi kartu kredit atau debit Anda.

    Namun, perlu diingat bahwa semua salinan ini ada untuk membantu Anda memahami aslinya. Yang asli masih tersedia dalam format digital.

    Dalam kasus seni NFT, karya seni dimulai sebagai NFT sebelum dibuat menjadi salinan fisik. Begitu juga sebaliknya dapat terjadi. Anda dapat mencetak karya seni fisik di blockchain untuk membuat representasi NFT.

    Semua ini telah berkontribusi pada pengelolaan asal-usul. Seniman sekarang sudah berhasil memerangi pembajakan di industri seni berkat NFT.

    Untuk memperoleh seni ini, buka salah satu pasar NFT, seperti Open Sea, dan beli NFT pilihan Anda. Lebih penting lagi, Anda dapat membeli dengan kartu debit kripto Anda, seperti Club Swan.
  2. NFTs Musik

    Industri musik telah berkembang secara signifikan. Anda sekarang dapat membagikan musik Anda di berbagai platform seperti Spotify, YouTube, dan iTunes.

    Jika Anda seorang musisi yang ingin menghasilkan lebih banyak uang dari musik Anda, Anda dapat mencetaknya menjadi NFT. Setelah itu, Anda dapat mendistribusikan NFT kepada penggemar Anda.

    Jumlah pasar NFT yang menerima NFT musik sangat banyak. Misalnya, OpenSea, pasar NFT terbesar, memiliki bagian yang didedikasikan untuk musik.

    Lebih baik lagi, beberapa marketplace hanya menerima NFT musik. Katalog adalah contoh yang baik dari salah satu pasar ini.

    Beberapa artis di marketplace telah menjual NFT senilai lebih dari $5 juta. Arpeggio, Sound XYX, Form function, dan Foundation adalah beberapa contoh lainnya.

    Membuat musik menjadi NFT tidak menghabiskan banyak uang bagi artis untuk mencetak dan mengelolanya. Ini hanya membutuhkan biaya transaksi dari artis. Selain itu, tidak seperti media lain untuk mengunggah musik, pasar NFT memungkinkan Anda untuk menjaga semua yang dibayar oleh penggemar.

    Selain itu, karena pasar NFT adalah platform publik dan terdesentralisasi, hampir tidak mungkin untuk disensor. Lebih baik lagi, musik Anda tidak dapat dihapus dari platform.

    Anda hanya membayar hak untuk mendengarkan musik di platform seperti Spotify. Namun, di pasar NFT, Anda memiliki kendali penuh dan kepemilikan atas musik tersebut.

    Akibatnya, jika Anda adalah penggemar musik, Anda dapat berinvestasi dalam NFT musik. Setelah Anda memiliki kepemilikan penuh, Anda dapat menyimpannya dan kemudian menjualnya di pasar sekunder setelah mendapatkan popularitas.

    NFT dapat dijual dengan keuntungan sangat fantastis, terutama jika artis hanya membuat salinan trek musik tertentu dalam jumlah terbatas. Lebih baik lagi, artis dapat memprogram NFT ini dengan smart contract untuk secara otomatis menerima bagi hasil ketika salinan pasar sekunder NFT dijual.
  3. NFTs Tiket Acara

    Ini adalah jenis NFT lain yang dicetak dan dijual di bursa. Jenis NFT ini dapat mencakup tiket ke berbagai acara, seperti musik atau acara bisnis.

    Tidak seperti tiket tradisional, tiket NFT ini juga bisa diprogram. Anda dapat menentukan berapa lama Anda ingin mereka bertahan, dan tiket akan dijalankan sendiri segera setelah timer berakhir.

    Anda juga dapat memprogram tiket, sehingga pembeli menerima pengembalian dana jika mereka tidak menghadiri semua atau sebagian acara.

    NFT tiket, tidak seperti NFT seni, hanya berfungsi ketika mereka memiliki nilai instrumental. Selain itu, tidak ada yang peduli dengan sifat artistik mereka kecuali mereka memiliki nilai sentimental bagi Anda.
  4. NFT koleksi

    Koleksi adalah barang apa pun yang bersifat menakutkan dan memiliki nilai sentimental. Sebagian besar NFT yang ditemukan di pasar termasuk dalam kategori ini. NFT dalam musik dan lukisan adalah dua contoh yang bagus.

    Selain NFT utama, beberapa lainnya termasuk dalam kategori ini. Koin, kartu remi, perangko, dan buku komik adalah contoh NFT.

    Anda dapat membuat representasi virtual dari koleksi ini, mencetaknya di blockchain, dan kemudian menjualnya.
  5. NFTs Meme

    Meme adalah video dan gambar pendek yang lucu. Media sosial merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap meningkatnya popularitas meme.

    Dimungkinkan untuk mengubah video dan gambar ini menjadi NFT melalui pencetakan. Nilai NFT meme ini berasal dari kelucuan dan kegembiraan yang mereka bawa kepada orang-orang.

    Menjual meme NFT mungkin tampak gila, tetapi beberapa telah terjual jutaan dolar di pasar ini. Meme populer termasuk Bad Luck Brian, Nyan Cat, dan Disaster Girl.
  6. NFTs Aset Dunia Nyata

    Ini adalah NFT yang dirancang untuk mewakili aset di dunia nyata. Aset-aset ini termasuk mobil, real estat, dan sebagainya.

    Sebagian besar NFT berkontribusi pada efisiensi berbagai aset yang tersedia di dunia nyata. Selain itu, sebagian besar dari mereka fungsional. Singkatnya, Anda dapat menentukan nilai aset ini dengan kemampuannya untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.

    Misalnya, mengubah akta kepemilikan menjadi NFT membuat pelacakan keaslian dan kepemilikannya lebih mudah. Lebih penting lagi, NFT dapat memfasilitasi perdagangan aset ini.

    Misalnya, dibandingkan dengan cara tradisional bertransaksi tanah, di mana Anda membutuhkan pengacara dan notaris, perdagangan NFT lebih sederhana. Dengan transaksi NFT, Anda hanya perlu pembeli dan penjual untuk bertransaksi dengan smart contract.

    Jadi, dengan NFT, waktunya jauh lebih singkat.
  7. NFTs Nama Domain

    Nama domain untuk setiap situs web di World Wide Web unik. Karena perbedaan ini, komputer dapat dengan mudah melacak konten dan file yang diterbitkan secara online.

    Domain ini biasanya dikelola dan didaftarkan oleh perusahaan swasta. Namun, ada cara lain untuk mendaftar dan mengelola nama domain Anda menggunakan blockchain. Lebih baik lagi, tidak seperti perusahaan swasta, Anda tidak perlu membayar biaya perpanjangan untuk nama domain Anda.

    Anda dapat memperdagangkan nama domain sebagai NFT selain mendaftarkan dan mengelolanya di blockchain. Anda dapat menjualnya di pasar jika Anda tidak lagi memerlukan nama domain.
  8. Fashion NFTs

    Dengan perkembangan pesat blockchain, Anda sekarang dapat mengubah mode menjadi aset digital blockchain.

    Anda sekarang dapat membuat desain dan menyimpannya dengan aman di blockchain.

    Desain ini dapat berkisar dari grafis hingga pakaian hingga arsitektur. Selain itu, hanya desain aslinya yang bisa ada dan diperdagangkan di dunia maya.

    Misalnya, beberapa perusahaan kartu debit, seperti Club Swan, telah membuat sampul desain artistik yang mereka jual sebagai NFT.

    Mayoritas NFT mode bersifat artistik.
  9. NFTs Video Games

    NFT video game adalah jenis NFT terkenal lainnya. Blockchain, termasuk NFT, adalah salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan dalam industri video game.

    Sejauh ini, alat game tersedia di beberapa pasar NFT. Alat-alat ini termasuk senjata, real estat, skin, dan barang-barang lainnya. Hasilnya, Anda dapat membuat dan mengelola alat permainan apa pun di blockchain.

    Memiliki alat video game bisa sangat bermanfaat jika Anda seorang gamer. Pada platform tradisional, misalnya, Anda mungkin kehilangan kepemilikan aset Anda jika admin mengambilnya.

    Namun, ketika datang ke NFT, Anda memiliki kendali penuh atas aset game Anda. Selain itu, mematikan platform tempat mereka berada hampir tidak mungkin.

Kesimpulan

NFTs masih muda di pasaran. Oleh karena itu, ia masih dalam evolusinya. Seiring berjalannya waktu, kita mungkin akan melihat banyak jenis NFTs lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 + 4 =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top