Bisnis

Biografi Bill Gates “William Henry “Bill” Gates”

Biografi Bill Gates

Biografi Bill Gates – William Henry “Bill” Gates III (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955; umur 59 tahun) merupakan seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, dan mantan CEO yang kini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan software yang ia dirikan bersama Paul Allen. Ia menduduki peringkat pertama di antara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama semenjak 1995 sampai 2009, namun sayangya pada tahun 2008 ia harus turun ke peringkat tiga.

Gates tergolong salah seorang pengusaha revolusi komputer langsung populer di dunia. Meski demikian, taktik bisnisnya dikritik sebab dianggap anti-kompetitif. Pada tahap-tahap akhir kariernya, Gates melakukan beberapa perjuangan filantropi dengan menyumbangkan sejumlah besar dana ke beberapa organisasi amal dan acara penelitian ilmiah melewati Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikan tahun 2000.

Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pejabat eksekutif paling atas Microsoft di bulan Januari 2000. Ia tetap menjabat sebagai ketua dan membentuk jabatan kepala arsitek perangkat lunak. Pada Juni 2006, Gates memberitahukan bahwa ia akan bekerja paruh waktu di Microsoft dan purna waktu di Bill & Melinda Gates Foundation. Ia melimpahkan dengan cara berangsur-angsur semua pekerjaannya terhadap Ray Ozzie, kepala arsitek perangkat lunak, dan Craig Mundie, pejabat riset dan taktik paling atas Microsoft. Hari kerja purna waktu terbaru Gates di Microsoft merupakan 27 Juni 2008. Saat ini, ia tetap bekerja di Microsoft sebagai ketua non-eksekutif.

Gates lahir di Seattle, Washington, dari pasangan William H. Gates, Sr. serta Mary Maxwell Gates. Ia mempunyai darah Inggris, Jerman, Skotlandia, serta Irlandia. Keluarganya tergolong masyarakat menengah ke atas; ayahnya merupakan seorang advokat ternama, ibunya menjabat sebagai anak buah dewan direktur First Interstate BancSystem serta United Way, serta ayahnya, J. W. Maxwell, yang merupakan presiden bank nasional. Gates mempunyai seorang saudara tertua bernama Kristianne serta seorang saudara termuda bernama Libby. Ia ialah keturunan keempat dalam keluarganya, tetapi dikenal sebagai William Gates III alias “Trey” sebab ayahnya menyandang akhiran “II”.

Gates berminat dengan komputer semenjak dikala ia tetap berumur belia. Perkenalannya dengan komputer terjadi ketika ia berumur 13 tahun. Saat itu, Mothers Club di sekolahnya, Lakeside School, membeli suatu terminal Teletype Model 33 ASR serta berbagai komputer General Electric (GE) untuk para siswa. Melihat komputer tersebut, Gates berminat serta mulai mempelajarinya. Ia berminat dengan performa mesin tersebut mengeksekusi kode software dengan tepat serta menulis acara komputer pertamanya di sini memakai bahasa pemrograman BASIC. Ketika ia mengenang kembali masa-masa itu, ia mengatakan, “Ada sesuatu yang pas dengan mesin tersebut.”

Dari sana, ia mendalami sistem lain, tergolong sistem minikomputer DEC PDP, terutama PDP-10 yang dimiliki oleh Computer Center Corporation (CCC). Penggunaan komputer PDP-10 ini dibatasi waktu. Gates bersama berbagai temannya semacam Paul Allen, Ric Welland, serta Kent Evans, memutuskan untuk mengeksploitasi suatu bug pada sistem operasi untuk mendapatkan waktu tambahan penggunaan komputer. Namun mereka tertangkap tangan serta akhirnya dilarang oleh CCC untuk mengakses sistem itu selagi animo panas.

Menjelang akhir masa hukuman, keempatnya malah ditawarkan untuk menemukan bug lain di software CCC dengan imbalan waktu tambahan untuk penggunaan komputer. Di kantor CCC inilah Gates mendalami source kode beberapa program, tergolong acara yang ditulis dalam bahasa FORTRAN serta LISP. Ia serta kawannya bekerja di sana sampai tahun 1970 saat CCC ditutup sebab bangkrut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top