Cara Memulai Bisnis Online, Berikut Tahapannya

This post is also available in: English

Ada beberapa tahapan yang dapat anda ikuti dan terbukti dapat menjamin kesuksesan anda untuk memulai usaha kecil online anda. Saya melihat banyak orang yang memulai dan mengembangkan bisnis online dengan melakukan hal berikut ;

1. Menemukan kebutuhan dan mengisinya.
2. Menulis untuk dapat menjual.
3. Membangun website yang mudah digunakan.
4. Gunakan mesin pencari untuk mengarahkan lalu lintas ke situs anda.
5. Membangun Reputasi untuk diri sendiri.
6. Menindaklanjuti pelanggan anda dengan e-mail.
7. Meningkatkan penjualan anda melalui Backend dan lakukan Up Selling.

Siapapun, mulai dari pemula bahkan sampai yang berpengalaman dalam bisnis online, bisa mendapatkan keuntungan dari proses dalam belajar bagaimana cara untuk memulai bisnis online.

Menemukan kebutuhan dan mengisinya

Kebanyakan orang yang baru memulai bisnis membuat kesalahan dengan terlebih dahulu mencari Produk, dan yang kedua adalah Market.

Untuk meningkatkan peluang keberhasilan anda, mulailah dengan Market. Caranya dengan menemukan sekelompok orang yang sedang mencari solusi untuk masalah, tetapi belum dapat menemukan pemecahannya. Internet telah membuat penelitian pasar yang lebih mudah.

Kunjungi Forum online untuk dapat melihat pertanyan-pertanyaan dan apa masalah yang sedang dihadapi mereka yang sedang mencoba mencari solusi.

Melakukan Keyword atau kata kunci untuk menemukan apa yang banyak dicari orang, tapi tidak banyak situs yang bersaing.

Periksalah pesaing potensial anda dengan mengunjungi situsnya dan mengambil sedikit catatan apa yang mereka lakukan untuk dapat mengisi permintaan. Kemudian anda bisa menggunakan apa yang anda pelajari dan mulai membuatproduk untuk pasar yang sudah ada. Lakukanlah yang lebih baik dari pesaing anda.

Menulis untuk dapat menjual

Terbukti dari review produk susu formula yang membawa pengunjung saat mereka tiba disitus anda, mereka melakukan pembeluan atau transaksi ;

1. Membangkitkan minat dengan judul yang menarik.
2. Menjelaskan masalah dengan pemecahannya dari produk anda.
3. Membangun kredibilitas Anda, sebagai pemecah masalah ini.
4. Tambahkan testimonial dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda.
5. Review tentang produk dan bagaimana manfaat pengguna.
6. Menawarkan.
7. Memberikan jaminan.
8. Menciptakan urgensi.
9. Bertanyalah dalam menjual.

Anda perlu fokus bagaimana produk atau jasa anda menjadi unik dan mampu memecahkan masalah pelanggan anda. Berpikirlah seperti pelanggan dan bertanya “Apa Untungnya bagi saya?”

Membangun website yang mudah digunakan.

Setelah anda punya market dan produk, sudah saatnya anda fokus ke proses penjualan, mulailah untuk men-design website bisnis kecil anda. Ingatlah untuk tetap sederhana atau user friendly. Anda memiliki waktu kurang dari 6 detik untuk dapat menarik perhatian pengunjung, Jika mereka tidak suka, mereka akan pergi dan tidak akan kembali. Berikut tips penting untuk dapat dilakukan ;

1. Pilih satu atau dua font polos pada background putih.
2. Membuat navigasi Anda jelas dan sederhana, dan sama pada setiap halaman.
3. gunakan grafik, audio atau video jika pesan Anda meningkat.
4. Termasuk tawaran opt-in sehingga Anda dapat mengumpulkan alamat e-mail.
5. Memudahkan untuk membeli – tak lebih dari dua klik dari pelanggan potensial dan checkout.
6. Website Anda adalah toko online Anda, sehingga buatlah user friendly.

Gunakan mesin pencari untuk mengarahkan lalu lintas ke situs anda.

Gunakanlah iklan pay per klik, ini adalah cara termudah untuk mendapatkan lalu lintas ke situs anda. hal ini memiliki dua keunggulan dibandingkan menunggu lalu lintas datang secara organik. Dua keuntungan itu diantaranya ; #1. Iklan PPC muncul dihalaman awal mesin pencari, dan #2. Iklan PPC memungkinkan anda untuk menguji keyword atau kata kunci yang berbeda.

Tidak hanya mendapatkan lalu lintas secara langsung, tetapi Anda juga dapat menggunakan PPC iklan untuk menemukan yang terbaik, kata kunci berkonversi tinggi. Kemudian Anda dapat mendistribusikan kata kunci di seluruh situs Anda, yang akan membantu menaikan peringkat dalam hasil pencarian organik.

Membangun Reputasi untuk diri sendiri.

Banyak orang mencari informasi menggunakan Internet. Memberikan informasi secara gratis ke situs lain, dan anda akan melihat banyaknya lalu lintas dan peringkat yang lebih baik lagi di mesin pencari. Sertakanlah link ke situs anda dari informasi yang anda berikan disitus lain.

Buatlah konten lain yang berguna untuk pengunjung secara gratis. mendistribusikan konten tersebut melalui direktori arikel online atau sosial media.

Menindaklanjuti pelanggan anda dengan e-mail

Ketika Anda membangun sebuah daftar opt-in, Anda menciptakan salah satu aset paling berharga dari bisnis online Anda. Para pelanggan telah memberikan izin kepada Anda untuk mengirim mereka e-mail. Itu berarti:

1. Anda memberi mereka sesuatu yang mereka minta.
2. Anda sedang mengembangkan hubungan dengan mereka, Customer Relationship.
3. Respon adalah 100 persen teruji.
4. E-mail Marketing, lebih murah dan lebih efektif dan tertarget.

Siapapun pengunjung situs anda dan memberikan subscribe, tidak ada alat yang lebih baik lagi daripada e-mail untuk dapat menindaklanjuti dengan calon atau pelanggan anda.

Meningkatkan penjualan anda melalui Backend dan lakukan Up Selling

Salah satu strategi internet marketing yang paling penting adalah mengembangkan nilai penjualan selamanya kepada semua pelanggan. Setidaknya 37 persen dari orang-orang yang telah membeli produk dari anda, akan membeli kembali produk anda lagi. Membuat penjualan yang pertama adalah hal yang sulit – belum lagi yang harganya mahal. Jadi gunakanlah Back-end dan upselling agar mereka membeli kembali produk anda.

1. Menawarkan produk yang melengkapi pembelian awal mereka.
2. Mengirimkan kupon diskon elektronik, mereka dapat menukar pada kunjungan berikutnya.
3. Menawarkan produk-produk terkait di “Terima Kasih” halaman Anda setelah mereka membeli.
4. Berikan Reward kepada pelanggan Anda untuk kesetiaan mereka dan akan menjadi lebih setia.

Perkembangan internet begitu pesat. Tetapi prinsip-prinsip tentang bagaimana untuk memulai dan mengembangkan bisnis online yang sukses tidak berubah sama sekali. Jika Anda baru memulai bisnis online kecil, lakukan tahapan ini. Jika Anda sudah berjalan dengan bisnis online, lakukanlah review dengan cepat dan melihat apakah ada langkah yang Anda abaikan, atau tidak pernah sempat untuk melakukan pada saat awal memulai bisnis online. Anda tidak bisa melewatkan dari dasar-dasar memulai bisnis online.

This website uses cookies.