Bisnis

Harga Gas Indonesia Untungkan Pengusaha Malaysia

Harga Gas Indonesia Untungkan Pengusaha Malaysia

Gas industri di Indonesia dinilai oleh Forum Industrial Pengguna Gas Bumi ‘FIPGB’ tak dapat dijual dengan harga 5 dollar AS/MMBTU.

Menurut Achmad Safiun selaku ketua FIPGB, kondisi saat ini jika dibandingkan dengan harga gas industri di Malaysia menyentuh 5 dollar AS/MMBTU. Dimana pemerintah setempat menjualnya dengan harga 4 dollar AS/MMBTU.

Achmad Safiun menilai pengusaha Malaysia diuntungkan. Karena pemerintah setempat memberikan bantuan / added value ke pos industri. “Yang terjadi di Indonesia, justru sebaliknya,” kata Achmad (6/10).

FIPBG mendorong realisasi penurunan harga gas. Para pelaku industri dan calon investor sering mempertanyakan kondisi harga gas di indonesia dimana harga gas di tanah air berkisar 8 – 10 dollar AS/MMBTU.

Achmad menambahkan, jika kondisi ini terus terjadi akan mempengaruhi daya tarik investasi dan melemahkan daya saing pada level global.

“Kondisi ini tak menguntungkan perkembangan industri dalam negeri,” ujar Achmad saat seminar bertema Penurunan Harga Gas Industri untuk memacu pertumbuhan ekonomi nasional di Jakarta, Kamis (6/10).

Terkait hal tersebut pemerintah Indonesia berencana akan menurunkan harga gas industri pada akhir November 2016. Presiden Joko Widodo menugaskan menteri menjadikan harga gas industri lebih kompetitif. Harga gas industri berada pada kisaran 5 – 6 dollar AS/MMBTU.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top