Bisnis

HET Dicabut, Harga Minyak Goreng Sesuai Pasar Melesat hingga Rp44.000

HET Dicabut, Harga Minyak Goreng Sesuai Pasar Melesat hingga Rp44.000

Minyak goreng yang sempat jadi barang langka saat ini sudah mulai tampak, salah satunya di supermarket yang berada di bilangan Setiabudi, Jakarta. Harga minyak goreng sesuai pasar di tempat ini Rp44.000 per liter untuk kemasan premium. Terlihat pula di tempat itu stok minyak goreng premium kemasan dua liter berjejer di atas rak-rak barang.

Sebelumnya, harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan premium untuk ukuran dua liter mencapai Rp28.000. Namun, harga yang di lapangan saat ini jauh dari ketentuan HET tersebut. mengapa bisa seperti itu?

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan hara minyak goreng kemasan bakal disesuaikan dengan harga perekonomian. Artinya. Harga minyak goreng kemasan bakal mengikuti harga pasar.

Lihat Juga: Mendag Cabut HET Minyak Goreng Kemasan, Curah Rp14.000

Sebelumnya, harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng kemasan premium ukuran dua liter mencapai Rp 28 ribu. Namun, harga minyak goreng sesuai pasar saat ini jauh melampaui ketentuan HET tersebut. Kenapa bisa begitu?

“Harga (minyak goreng) kemasan lain ini tentu akan menyesuaikan terhadap nilai daripada keekonomian, sehingga tentu kita berharap bahwa dengan nilai keekonomian tersebut minyak sawit akan tersedia di pasar modern maupun di pasar tradisional,” ujar Airlangga saat konferensi pers virtual, Selasa (15/3/2022).

Dewan Minyak Sawit Indonesia: Harga Minyak Goreng Sesuai Pasar Masih Masuk Akal

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Sahat M. Sinaga menuturkan harga ini masih masuk akal. Terlebih harga minyak sawit mentah alias Crude Palm Oil (CPO) masih di level Rp15.864 per Kg.

Dengan begitu, sambung Sahat, harga minyak goreng sesuai pasar yakni Rp47.900 per dua liter tidak masalah.

“(Masih) oke, itu tidak neko-neko harganya. Per dua liter itu make sense,” kata dia.

Sahat melanjutkan, kalkulasi untuk harga minyak goreng kemasan sederhana berkisar Rp22.900-Rp23.000 per liter.

Lihat Juga: Imbas Minyak Goreng Langka, Ombudsman hingga KPK Akan Turun Tangan

Sementara itu, untuk minyak goreng curah berdasarkan kalkulasi aslinya di pasaran mencapai Rp21.400-Rp21.900 per liter. Tetapi, karena pemerintah memberikan subsidi, harga minyak goreng curah dijual di bawah harga tersebut. menurut ketetapan pemerintah HET minyak goreng curah adalah Rp14.000.

Tetapi, ia menegaskan bahwa pemerintah tetap harus mengawasi minyak goreng tersebut.

“Perlu dijaga, karena masker aja orang mau pakai diduitin,” tutup Sahat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top