Bisnis

Indosat PHK Karyawan, Totalnya 300 Lebih Mulai Staf hingga Senior Vice President

PHK Karyawan

Indosat Ooredoo Hutchison melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan. Karyawan Indosat yang terdampak PHK mendapatkan kompensasi sampai 75 kali lipat.

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK karyawan terhadap lebih dari 300 karyawannya. Per jumat (23/09), sudah 99% karyawan yang setuju dan akan mendapatkan pesangon.

Paket kompensasi yang ditawarkan kepada karyawan adalah rata-rata 37 kali upah, bahkan yang tertinggi mencapai 75 kali upah, dan secara signifikan lebih tinggi di atas persyaratan ketentuan undang-undang yang berlaku.

“Inisiatif rightsizing berjalan lancar sesuai rencana dan telah diterima dengan baik oleh sebagian besar karyawan yang terkena dampak. Prosesnya sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang ada dan telah dilakukan dengan pertimbangan matang, yang dilakukan secara objektif dan fair,” ujar Director & Chief of Human Resources Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Irsyad Sahroni dalam keterangan tertulis, Jumat (23/9/2022).

Indosat menyebut telah berkomunikasi secara langsung dan transparan dengan semua karyawan. Semua telah memahami perlunya meningkatkan kelincahan dan bertumbuh lebih cepat sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pasar saat ini.

“Oleh karena itu, inisiatif reorganisasi sangat penting untuk keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis perusahaan kedepan. Inisiatif rightsizing ini didasarkan pada strategi bisnis ke depan dan pertimbangan yang komprehensif, yang diharapkan dapat menjadi langkah strategis yang membawa Indosat Ooredoo Hutchison menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia,” katanya.

“Dengan dimulainya langkah-langkah ini, reorganisasi struktur perusahaan sebagian besar telah selesai,” demikian disampaikan Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo, Irsyad Sahroni lewat keterangannya, Kamis (2/4/2020)

PHK Karyawan

Berikut fakta-fakta yang telah dikumpulkan oleh terkait PHK karyawan Indosat

PHK Karyawan adalah Bagian dari Strategi Bisnis

Director & Chief of Human Resources Officer IOH Irsyad Sahroni mengatakan inisiatif rightsizing ini didasarkan pada strategi bisnis ke depan dan pertimbangan yang komprehensif, yang diharapkan dapat menjadi langkah strategis perusahaan.

95 Persen Karyawan Dilepas dalam proses PHK Karyawan kali ini

Perusahaan telekomunikasi tersebut menyebutkan bahwa karyawan di-PHK sejumlah 95 persen karyawan Indosat Indonesia. Indosat menyampaikan bahwa pegawai bahwa langkah rightsizing ini diterima baik oleh karyawan yang dilepaskan.

Kompensasi PHK Karyawan Sebesar 37-75 Kali Upah

Paket kompensasi yang ditawarkan kepada pegawai adalah rata-rata 37 kali upah. Bahkan yang tertinggi mencapai 75 kali upah, lebih tinggi di atas persyaratan ketentuan undang-undang yang berlaku.

Bukan PHK Karyawan Pertama Tahun Ini

Sebelumnya pada Februari 2022 Indosat Ooredoo juga melakukan PHK terhadap 677 karyawan. Namun, respons karyawan saat itu kaget dengan pengumuman pelepas kerja, sebab 677 karyawan tersebut di-PHK secara sepihak, tak ada pemberitahuan sebelumnya kepada karyawan.

Ketua Humas dan Media Serikat Pekerja Indosat Ismu Hasyim mengkonfirmasi bahwa tidak ada pemberitahuan dari pihak Indosat terkait PHK. Ismu mengatakan, pihak manajemen baru mengundang pengurus serikat pada hari ketika dilakukan kebijakan sepihak tersebut pada hari sebelumnya.

PHK Karyawan

Apa itu Langkah Rightsizing Sampai PHK Karyawan?

Fenomena Vuca atau yang dikenal dengan Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity telah masuk ke dalam berbagai sektor dan menyebar di seluruh dunia. Terlebih, dunia sedang dalam proses recovery akibat pandemi Covid-19 yang melumpuhkan sendi-sendi kehidupan, tak terkecuali sisi ekonominya.

Para investor hingga jajaran direksi perlu memutar strategi bisnis mereka agar mampu bertahan. Keadaan dunia yang serba dinamis ini membuat banyak perusahaan harus melakukan langkah yang tepat sebagai bagian dari respons terhadap kondisi ini. Rightsizing atau reshaping dinilai dapat menjadi solusi.

Ketika rightsizing sudah dilakukan, tentu akan ada yang terkena dampaknya. Efisiensi karyawan dilakukan agar perusahaan dapat bergerak lincah dan tumbuh lebih cepat untuk menghadapi dunia sesuai dengan kebutuhan dengan ukuran yang tepat

Inisiatif rightsizing tidak serta merta diambil oleh IOH. Serangkaian komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan, salah satunya dengan Serikat Pekerja, telah dilakukan. Komunikasi ini dilakukan oleh IOH untuk memastikan proses yang berjalan selaras dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan demikian, diharapkan inisiatif rightsizing ini dapat berjalan secara efektif dan optimal.

Setelah sebelumnya banyak stratup yang melakukan PHK karyawan, sekarang perusahaan pun juga melakukan hal yang sama. Tantangan berat industri akibat dampak perang Rusia vs Ukraina pun makin terasa.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top