Bisnis

Ingin Memulai Bisnis Online? Baca Ini!

Ingin Memulai Bisnis Online

Bagi para pemula, membangun sebuah bisnis online itu pasti terasa sulit karena tidak tahu harus melakukan apa dan dari mana harus memulainya.

Sebaiknya, kita mengetahui dan menentukan jenis bisnis online seperti apa yang akan dijalankan karena model bisnis online itu sangat banyak adanya dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Nah, sekarang kita akan membahas bagaimana cara memulai bisnis online yang bisa bertahan dalam jangka panjang.

bisnis online

Cara Memilih Bisnis Online

“Bagaimana cara memilih bisnis online yang cocok dengan saya?” Para pemula pasti sering disibukkan dengan pertanyaan ini. Sebenarnya, yang bisa menjawab ini adalah Anda sendiri, karena yang paling tahu tentang minat dan kemampuan seseorang adalah dirinya sendiri. Bangunlah bisnis online yang memang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda atau setidaknya bukan sesuatu yang akan membuat Anda bosan. Gali potensi di dalam diri, lakukan riset, dan pelajari hal-hal yang menjadi minat dan kemampuan Anda tersebut sampai detail. Temukan unsur bisnis yang bisa menghasilkan dari minat dan kemampuan Anda tersebut, kemudian lakukan inovasi. Anda juga bisa menggali masalah yang ada di sekitar Anda, kemudian Anda cari solusinya. Jika Anda bisa menghadirkan produk atau jasa sebagai solusi atas permasalahan mereka, maka Anda sudah menemukan peluang bisnis.

Membangun Branding

Setelah sudah final dalam hal memilih bisnis online seperi apa yang akan dijalankan, Anda perlu membangun branding. Branding tidak melulu brand sebuah produk, Anda sebagai pebisnis juga perlu melakukan branding. Anda bisa mem-branding diri melalui media apapun, situ web maupun media sosial. Branding diri ini akan menjadikan Anda semakin dikenal banyak orang. Semisal, Anda bergerak di bidang penjualan gamis, jika branding diri Anda berhasil, ketika orang akan mencari gamis, orang tersebut akan mengingat Anda sebagai penjual gamis. Pada dasarnya, orang harus tahu siapa Anda dan bisnis apa yang Anda jalani.

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Online

Nah, yang paling banyak pengaruhnya terhadap kesuksesan bisnis seseorang adalah faktor internal atau dari diri kita sendiri.

  1. Mau Belajar dan Praktik

Kalau mau menjalankan bisnis, idealnya kita harus punya dasar pengetahuan yang memadai bukan? Semua bisnis pasti seperti itu. Seorang pebisnis juga harus mau belajar dan praktik. Saat ini sudah banyak komunitas yang menjadi wadah untuk belajar bisnis bersama mulai dari situs web, grup facebook, grup whatsapp, grup telegram, dan sebagainya. Sudah ada buku-buku trik menjalankan bisnis  yang bisa dipelajari. Ada juga training bisnis yang bisa Anda lakukan. Selain training online, saat ini sudah ada training online. Anda bisa belajar bisnis dengan mudah. Terus belajar dan perbaiki diri.

  1. Fokus dan Sabar

Ini adalah salah satu kunci sukses di bisnis online: FOKUS! Banyak pemula yang gagal di tengah jalan karena tidak bisa fokus menjalankan bisnis online yang sudah dipelajarinya. Ketika Anda sudah menemukan model bisnis online yang sesuai dengan minat dan kemampuan, fokuslah belajar dan menjalankan model bisnis itu sampai berhasil. Godaan iming-iming yang besar dari model bisnis lain pasti akan Anda rasakan, bahkan terkadang godaan ini bisa membuat pemula bimbang. Memang menjalankan bisnis online itu tidak mudah, semua pemula pasti merasakan hambatan. Bila kita tetap fokus dan konsisten, akan ada satu titik di mana kita menyadari bahwa bisnis online yang kita kerjakan ternyata sudah menghasilkan dan punya potensi jangka panjang. Kuncinya fokus dan sabar.

  1. Berani dan Pantang Menyerah

Memulai bisnis sendiri pasti membutuhkan keberanian. Anda harus berani menyisihkan penghasilan Anda untuk keperluan bisnis, seperti biaya membeli paket kursus bisnis online, biaya membeli domain dan hosting, biaya promosi, dan biaya lainnya. Dengan kata lain, Anda harus berani dan siap rugi. Selain itu, Anda juga harus berani meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama dan ‘berkorban’ demi kesuksesan bisnis online Anda di masa depan. Misalnya, biasanya Anda sering hang out dengan pacar atau teman kantor, setelah Anda memutuskan untuk memulai bisnis online, maka kebiasaan ini wajib dikurangi atau ditinggalkan dulu untuk sementara.

Dalam belajar dan menjalankan bisnisonline ada dua kemungkinan yang akan terjadi, antara gagal atau sukses. Tapi, sebenarnya tidak ada yang namanya gagal selamanya, dan tidak ada yang namanya sukses selamanya. Yang menentukan gagal atau sukses adalah diri kita sendiri. Memang kegagalan bisa saja terjadi meskipun kita sudah fokus belajar dan praktik. Kita bisa belajar dari kesalahan dan kegagalan sebelumnya, dan menjadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran yang berharga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top