Bisnis

Ingin Sukses Dalam Berbisnis? Miliki 3 Hal Dasar Seorang Pebisnis

Ingin Sukses Dalam Berbisnis? Miliki 3 Hal Dasar Seorang Pebisnis

Jika Anda ingin menjadi pebisnis, Anda harus mempunyai 3 hal, yaitu modal, pasar, dan promosi.

Modal

“Jika tidak punya modal, kita tidak bisa berbisnis.”

Mungkin, Anda sudah sering mendengar kalimat tersebut. Lalu, apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika kata “modal” disebut? Uang? Benar demikian? Biasanya, modal memang berupa uang. Jika Anda tidak punya uang untuk memulai sebuah bisnis, bukan berarti Anda tidak bisa berbisnis.

Modal merupakan barang yang digunakan sebagai dasar atau bekal untuk bekerja, berusaha, maupun berbisnis. Perlu Anda ketahui, modal tidak selamanya berupa uang. Pikiran, ilmu, maupun akal yang Anda punya juga sebuah modal untuk mengawali bisnis.

Sekarang ini banyak sekali peluang bisnis beredar dengan embel-embel “bisnis tanpa modal” seperti menjadi seorang reseller, dropshipper, atau marketer. Jika Anda tahu ilmunya, Anda pasti bisa sukses berbisnis menjadi seorang reseller, dropshipper, maupun marketer. Jadi, perlu Anda yakini bahwa modal tidak selamanya berupa uang. Punya modal uang saja pun juga tidak cukup jika tidak diimbangi dengan pengetahuan. Oleh karena itu, pebisnis juga harus siap belajar.

belajar bisnis
Bisnis Plan

Pasar

Kita ketahui pasar merupakan tempat penjual dan pembeli bertemu. Jika Anda sebagai pebisnis, Anda berada di posisi penjual. Itu berarti Anda harus punya pembeli. Pasar yang dimaksud pada bahasan ini adalah calon pembeli atau sasaran pasar Anda. Jika Anda menjual sebuah produk, ke manakah produk itu akan dijual? Jika Anda menawarkan sebuah jasa, ke manakah jasa itu akan ditawarkan. Produk atau jasa Anda harus ada pembeli. Itulah yang harus ditentukan oleh seorang pebisnis.

Jangan sampai Anda memulai bisnis tapi Anda tidak punya pasar. Jika tidak punya pasar, tentu bisnis Anda tidak akan berjalan. Anda bisa menentukan pasar mulai dari jenis kelamin, usia, kesukaan, permasalahan, dan sebagainya. Semakin rinci dan mengerucut sasaran pasar Anda, maka semakin bagus untuk bisnis Anda.

Promosi Bisnis

Menjadi sebuah sarana komunikasi untuk pebisnis menawarkan produk atau jasanya pada khalayak umum atau sasaran pasar. Promosi menjadi hal yang penting karena dengan promosi bisnis Anda dikenal.

Semakin tepat cara Anda promosi, maka semakin bagus untuk bisnis Anda.

Banyak sekali cara promosi yang bisa digunakan mulai secara online maupun offline. Secara online, Anda bisa menggunakan media sosial tertentu yang banyak digandrungi kebanyakan orang. Secara offline, Anda bisa menggunakan brosur maupun stiker yang dibagikan atau pasang banner yang bisa dilihat dengan mudah.

Dalam promosi, Anda juga bisa menggunakan iklan di televisi, radio, media cetak, dan media promosi yang lainnya. Bahkan, Anda juga bisa promosi dengan pembeli atau pengguna jasa pada bisnis Anda. Pembeli atau pengguna jasa pada bisnis Anda yang puas dengan pelayanan Anda, secara tidak langsung akan memberitahukan ke orang di sekitarnya tentang bisnis Anda. Tentu, cara itu perlu juga diimbangi dengan pelayanan yang baik pula.

Selain ketiga hal di atas, ada juga beberapa hal sederhana yang mungkin dilupakan oleh seorang pebisnis atau orang yang hendak berbisnis. Hal tersebut adalah keyakinan dan kemauan belajar.

Keyakinan

Ingin Sukses Dalam Berbisnis? Miliki 3 Hal Dasar Seorang Pebisnis

Hal Terpenting adalah keyakinan merupakan hal terpenting dalam menjalani bisnis. Keyakinan dapat diartikan sebagai percaya dan sungguh-sungguh.

Percaya pada diri bahwa kita mempunyai kemampuan berbisnis sangatlah penting untuk menumbuhkan semangat berusaha.

Banyak pebisnis yang hanya berjualan sekadarnya, coba-coba, tanpa ada strategi. Padahal, siapa saja bisa berbisnis asal mau berproses, berusaha, dan terus belajar.

Kemauan Belajar

Begitu juga dengan kemauan belajar. Sebanyak apapun modal uang Anda, jika Anda tidak ada kemauan belajar untuk mengelolanya dengan baik, sama saja seorang pebisnis berada di pintu kegagalan. Begitu juga untuk menentukan pasar, cara promosi, tetap membutuhkan ilmu dengan belajar.

Meski Anda sudah mendapatkan suatu ilmu, bukan berarti proses belajar dihentikan. Untuk menjadi pebisnis haruslah ada kemauan untuk terus belajar bisnis tanpa henti. Kemauan terus belajar ini nantinya akan menguatkan Anda dalam menjalani bisnis, entah saat fase jatuh ataupun naik. Anda bisa belajar dari artikel, buku, atau pada ahlinya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top