Bisnis

Ingin Usaha tapi Terkendala Modal? Coba Cara ini

Ingin Usaha tapi Terkendala Modal

Penghalang terbesar bagi calon pengusaha adalah tidak tersedianya modal. Ditambah takut dengan adanya resiko bangkrut, kadang keinginan untuk membuka usaha dan berbisnis harus dipendam kuat-kuat.

Padahal, dalam berbisnis diperlukan mental dan tekad yang penuh. Kalau untuk urusan mencari modal sudah menciut duluan, bagaimana selanjutnya bisnis Anda bersaing di lapangan nanti?

Untuk mendapatkan modal sebenarnya Anda mempunyai berbagai cara. Simak beberapa cara mendapatkan modal usaha di bawah ini.

1. Peer 2 Peer Lending

Sudah tahu jasa penyedia layanan ini? Memang, peer 2 peer lending masih tergolong baru di Indonesia. Tapi tidak ada salahnya Anda mencoba mendaftar lewat website.

Siapkan profil Anda sebaik mungkin, sertakan jumlah modal yang sedang Anda butuhkan.

Penyedia layanan peer 2 peer lending akan mencoba mencari investor yang cocok dengan kualifikasi Anda. Jika investor berminat, mendapatkan modal untuk membuka usaha idaman bukan cuma impian lagi.

2. Pegadaian

Jika ingin cara yang cepat dan mudah, mendapatkan modal dari hasil menggadaikan barang adalah solusinya. Untuk amannya, pilihlah lembaga pegadaian yang resmi dan terpercaya. Pilihlah sebuah lembaga, bukan per orangan. Sebab, kemungkinan dipakainya barang jaminan lebih kecil dibanding harus menggadaikan kepada per orangan.

Perkirakan jumlah modal yang Anda butuhkan, pastikan sesuai dengan harga taksiran barang yang diberikan pihak pegadaian nanti.

Proses di pegadaian cukup cepat. Setelah mengisi formulir, petugas tinggal memeriksa barang yang akan Anda gadai, lalu mereka akan menyebutkan nilai taksiran dan sepakat menggadaikan atau tidak adalah sepenuhnya keputusan Anda. Jika ya, uang pinjaman akan cair dengan mudah.

3. Menjual Barang Berharga

Jika Anda takut terbebani dengan adanya kewajiban mencicil setiap bulan, menjual barang berharga seperti kendaraan atau perhiasan bisa dijadikan alternatif lain.

Perhatikan kondisi barang, pastikan harga yang Anda pasang tidak melenceng jauh dari kondisi barang. Hati-hati dengan penipuan. Ingat selalu kesepakatan jual beli, ada uang ada barang.

4. Pinjam Ke Orang Terdekat

Jika barang berharga tidak punya, dan meminjam ke investor terlalu rumit untuk Anda, cobalah meminjam uang untuk modal usaha pada orang terdekat.

Biasanya teman jarang ada yang mudah percaya untuk memberikan pinjaman besar pada orang lain. Maka, mengandalkan kepercayaan orang terdekat adalah cara paling nyaman meminjam uang.

Pinjam ke keluarga atau saudara, yang penting jangan sampai memberatkan mereka. Jika dirasa sudah mampu mengembalikan, segeralah mengembalikan tanpa ditunda lagi untuk menjaga hubungan baik. Jika ada perjanjian jatuh tempo, berusahalah menghargai adanya perjanjian tersebut.

5. Pinjam Ke Bank

Cara ini terbilang cara yang paling sering dilakukan calon pengusaha jika sedang membutuhkan modal.

Pada umumnya, bank menyediakan 2 fasilitas pinjaman, yakni, pinjaman berjamin dan pinjaman tanpa jaminan atau biasa disebut KTA, Kredit Tanpa Agunan.

KTA memang tampaknya lebih meringankan bagi Anda yang tak punya barang untuk dijadikan jaminan. Namun, perhatikan baik-baik persyaratan yang ada. Biasanya KTA selalu memiliki bunga yang mesti Anda pikirkan juga cara melunasinya.

6. Ajak Teman Bisnis Bareng

Adalah wajar bagi pebisnis pemula jika ingin ‘berduet’ dengan orang lain. Pada akhirnya Anda memang akan membutuhkan orang lain untuk mendukung terciptanya usaha Anda.

Ajak teman untuk bisnis bersama. Tentunya, Anda harus memilih teman yang terbaik dan bisa dipercaya. Jika dia memiliki modal usaha, itu lebih baik untuk Anda yang sedang kebingungan mendapatkan modal.

Jika usaha sudah berjalan nantinya, dengan modal yang teman Anda percayakan seutuhnya, maka tidak ada salahnya jika Anda lebih berperan dalam usaha tersebut nantinya.

Jangan sepelekan hitam di atas putih. Pastikan Anda dan teman Anda memiliki perjanjian dan kesepakatan yang bisa dipertanggung jawabkan secara adil untuk mencegah terjadinya kemungkinan buruk di kemudian hari.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top