Bisnis

Ini 5 Langkah Awal Membangun Toko Online

Ini Penyebab Toko Online Sulit Berkembang

Saat ini internet telah menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi tiap orang. Mulai dari sekedar mencari informasi, hingga bersosial dan melakukan transaksi jual beli juga menggunakan internet. Internet membuat segalanya menjadi lebih mudah dan praktis. Jual beli di internet memang saat ini sedang menjamur. Tak sedikit orang yang sukses karena berjualan online. Bahkan, kini banyak anak muda yang sukses meraup puluhan hingga jutaan rupiah dari bisnis online. Maka tak heran apabila banyak orang yang merambah ke bisnis online. Berikut langkah-langkah awal untuk membangun toko online bagi Anda yang berminat untuk terjun ke dalam bisnis online.

Tentukan mau berjualan apa di toko online yang akan Anda bangun

Sebelum berjualan, tentu saja Anda harus menentukan dulu apa yang akan dijual. Anda bisa menjual barang-barang kebutuhan pokok setiap orang seperti makanan atau pakaian. Tak hanya itu saja, menjual produk-produk yang sesuai dengan hobi juga sangat menyenangkan. Misalnya Anda memiliki hobi sepak bola, Anda bisa menjual berbagai pernak-pernik sepak bola. Selain itu, pikirkan juga peminat dari produk tersebut. Apakah banyak peminatnya atau sebaliknya. Jika peminatnya sepi, sebaiknya Anda pikirkan lagi.

Riset Pasar dari Kata Kunci di Google

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, Anda harus melakukan riset pasar. Apakah produk yang akan dijual tersebut laku di pasaran dan banyak peminatnya atau tidak. Karena toko online ini memiliki segmen pembeli di dunia maya, jadi Anda harus meriset pasar melalui layanan gratis dari Google, yaitu Google Keyword Planner. Anda bisa mengetahui jumlah pencarian setiap bulannya dari sebuah kata kunci. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat berapa tingkat persaingannya melalui Google.

Mencari Suplier dan Menyetok Barang

Setelah Anda memutuskan jenis produk yang dijual, kini saatnya Anda berburu untuk mencari supplier dari produk tersebut. Anda bisa melakukan negosiasi dengan supplier, apakah produk tersebut akan langsung Anda beli untuk stok atau tidak. Ada beberapa cara lain selain langsung membeli barang dagangan yang bisa dilakukan saat berjualan online, yaitu dengan cara menjadi reseller dan dropshipper dari suplier tersebut.

Membuat Toko Online

Jika Anda sudah memiliki barang yang akan Anda jual, kini saatnya membangun toko online milik Anda. Pilih platform yang akan digunakan sebagai toko online Anda, bisa menggunakan WordPress, Blogspot, Joomla, OpenChart. atau Magento. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan biaya untuk hosting, domain, dan template. Jika website sudah jadi, Anda tinggal melakukan upload foto seluruh produk ke dalam website tersebut. Untuk menghindari pencurian foto, sebaiknya foto produk diberi watermark bertuliskan nama toko online Anda.

Melakukan Promosi Secara Gencar

Setelah toko online sudah jadi, Anda perlu melakukan promosi secara gencar melalui media sosial atau lainnya. Namun, jangan sampai melakukan promosi dengan cara spamming. Sebab pembeli pasti malah rishi membaca promosi toko online Anda. Ada berbagai cara promosi yang bisa dilakukan, yaitu dengan cara promosi gratis dan berbayar. Jika promosi gratis, beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain dengan cara mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization), promosi di forum jual beli, memasang iklan promosi di marketplace, melakukan dan promosi di berbagai media sosial. Sedangkan promosi berbayar dapat dilakukan dengan cara membuat artikel untuk website, memasang banner di blog yang memiliki traffic tinggi, menggunakan Google Adwords dan Facebook Ads.

Kelima poin di atas merupakan langkah-langkah awal yang bisa dilakukan untuk membangun sebuah toko online. Intinya, Anda harus selalu konsisten dan jangan pernah menyerah saat mengelola toko online.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top