Bisnis

Kondisi Pasar Crypto Kacau? Lakukan Ini

Kondisi Pasar Crypto Kacau

Saat terjadi kekacauan di pasar Crypto (baca : harga unit investasi merosot cepat) maka perlu dilakukan suatu langkah antisipasi dan olah informasi. Secara umum, menurut para pakar, dan dari aneka referensi investasi, diperoleh empat langkah berikut yang mungkin bisa dijadikan referensi praktis bagi rekan2 para investor untuk tidak bermuram durja saat portofolionya ambruk..

Tentu perlu dipertimbangkan lagi semua langkah dengan masak dan agar disesuaikan dengan kondisi masing-masing agar tidak terjadi salah langkah dan copot jantung sebagai akibatnya… Apa saja langkah-langkah tersebut ?

Stay Put

Kedengerannya aja keren, sebenarnya arti dari strategi ini simple banget loh : didiemin aja… :-). Sebagian kalangan berpendapat ini strategi yang amat berguna saat kita kekurangan resource (gak ada dana untuk lakukan “serangan balik”, kurang sumber informasi, atau malah lagi males dan gak selera untuk merespon kelesuan pasar). Ada pemeo yang bilang “tidak berbuat apapun bukan berarti tidak melakukan apapun, justru berdiam diri itulah action yang dipilih”. Benar juga sih, terutama jika market Crypto menunjukkan gejala kemerosotan lebih jauh. Langkah ini amat tidak dianjurkan jika kondisi pasar sudah kembali bergairah, atau kondisi pasar sebenarnya dinamis (naik dan turun dengan cepat dan mengikuti pola yang tertentu). Rugi kan ?

All Out Attack

Ini adalah strategi agresif yang dikembangkan oleh mereka yang aktif bertransaksi dan memiliki sumber daya yang cukup (finansial, informasi dan daya tahan stres tentunya..). Strategi ini bertumpu pada pergerakan harga unit investasi dan melakukan “serangan” baik saat harga jatuh maupun bounced back. Prinsip dasar “beli selagi murah dan jual selagi mahal” dipraktekkan disini. Jika beli kemahalan ? Ya jual saat lebih mahal lagi. Tidak disarankan bagi mereka yang tidak terlatih, tidak tahan stres, suka malas-malasan dan patah semangat, serta tidak memiliki pengetahuan dan informasi yang cukup.

Compensating Purchase

Strategi ini adalah pengembangan strategi #2 di atas namun dimodifikasi dengan maksud untuk lebih akomodatif dan lebih tenang. Ini menumpukan diri pada pola baku yang mungkin terjadi serta pada potensi keuntungan. Strategi ini menuntut kesabaran, ketelitian dan amat dianjurkan bagi mereka yang memang bertujuan jangka menengah atau panjang. Jika kita membeli X unit pada harga Rp 1,200 lalu sekarang merosot pada harga Rp 1,000, maka penganut strategi ini akan membeli Y unit pada harga tersebut yang telah diperhitungkan sebelumnya, sehingga sekiranya harga unit menjadi Rp 1,050 pun maka sudah memperoleh keuntungan dengan mengkompensasikan kerugian karena X unit turun harga Rp 200. Strategi ini relatif netral dan amat dianjurkan bagi investor serius yang moderat dan memang tidak bertujuan jangka pendek serta memiliki resource yang tidak melimpah-melimpah amat.

Baca Juga : EDCCash, Kripto Bodong Yang Rugikan 57 Ribu Nasabah

Cut Loss

Ini strategi untuk mereka yang udah kadung stres, udah kadung miskin karena uangnya kesedot ke investasi lalu ambruk, atau memang investor agresif yang tidak sabaran dan bermaksud melakukan Compensating Purchase ke instrumen investasi lain dengan mengeliminasi kerugian di investasi saat ini. Ini amat tidak dianjurkan bagi mereka yang memang berencana berinvestasi jangka menengah dan panjang, serta memiliki sumber dana terbatas. Lebih baik didiamkan saja sementara waktu. Sedangkan jika kita bermaksud profit taking jangka pendek atau investor yang kaya raya maka strategi ini bisa jadi tepat.

To Top