Bisnis

Langkah Sukses Bekerja di Rumah

Dengan semakin mudahnya akses internet dan pekerjaan freelance yang menjanjikan, bekerja di rumah kini semakin terlihat menggiurkan. Faktor lelah seperti terjebak macet setiap hari atau lembur tak mengenal kompromi pun bisa memengaruhi seseorang untuk bekerja di rumah saja. Memang, bekerja di rumah berarti lebih nyaman dan memulai usaha sendiri seperti bisnis online bisa membuatmu melepas ketergantungan bekerja untuk atasan. Namun, ternyata tidak semudah itu. Bila kamu tidak bisa menepati waktu dan melanggar komitmen, semua bisa berantakan.

Berikut hal-hal mesti kamu perhatikan sebelum memutuskan bekerja di rumah.

Disiplin Waktu.

Meski tidak lagi bekerja nine to five, waktu yang ada sepanjang hari tetap harus digunakan seproduktif mungkin. Atur waktu kapan kamu mulai bekerja, berapa lama waktu untuk istirahat, kapan harus berhenti bekerja dan sebagainya. Menentukan target pun diperlukan agar segalanya lebih terencana. Bebas bekerja di rumah bukan berarti bebas menunda-nunda waktu apalagi menggunakannya untuk hal yang kurang penting.

Bukan Berarti Menutup Diri.

Saking nyamannya bekerja di rumah, waktu bersosialisasi ke rumah jadi terlupakan. Sesekali cobalah mencari ide segar di luar rumah. Terlalu menyendiri dan hanya sibuk bekerja malah bisa membuat pikiran stres. Bertukar pikiran dengan orang lain bisa membuka peluang lain yang mungkin lebih besar.

Olahraga.

Bila ketika bekerja di kantor yang membahayakan adalah debu atau polusi jalanan, maka masalah kesehatan yang mungkin dialami pekerja yang bekerja di rumah adalah penyakit jantung, diabetes dan liver. Apalagi bila pekerjaan mengharuskanmu duduk dalam waktu yang lama, berjam-jam. Tak ada yang melarang makan saat bekerja, camilan dan kopi menemanimu seharian. Bila tidak pandai mengatur waktu untuk olahraga atau bahkan malas melakukannya, siap-siap saja berat badanmu bertambah. Mau?

Jangan Berekspetasi Terlalu Tinggi.

Tidak perlu kemana-mana sudah dapat uang. Mungkin itu yang kamu pikirkan ketika mulai tergiur utuk bekerja di rumah. Eits, jangan kira segampang itu. Semua tetap tergantung seberapa banyak usahamu. Bila tidak komitmen, hobi mengulur-ngulur waktu, maka ekspetasimu tinggal kenangan saja. Siapkan mental bila semua tidak sesuai rencana, karena bekerja di rumah tentu akan lebih membuatmu tergoda banyak hal sebab tak ada yang mengawasi.

Siap-siap Dicap Pengangguran.

Lho, kok gitu? Sayangnya memang seperti itu. Tidak lagi berangkat pagi dan pulang sore hari akan membuat orang sekitarmu ‘kehilangan’. Tidak lagi bekerja di luar bagi kebanyakan orang berarti tidak lagi bekerja. Semakin jarangnya frekeuensi ke luar rumah juga akan membuatmu dianggap tidak ada kegiatan. Hal semacam ini pun seharusnya tidak terjadi jika kamu rajin bersosialisasi. Ingin cap itu dilepas dari dirimu? Buktikanlah hasil kerjamu di rumah. Semangat, lakukan yang tidak terbaik, usaha lebih keras dan buktikan pada mereka bekerja di rumah pun bisa membuat seseorang lebih sukses.

Tetap Bangun Pagi.

Ketika bekerja di kantor, apa yang kamu keluhkan? Harus bangun pagi-pagi agar tidak terlamabat dan menghindari macet? Jika kamu menganggap bekerja di rumah bisa membuatmu bebas bangun siang, lekas singkirkan niatmu bekerja di rumah. Bangun pagi tetap harus menjadi rutinitas agar terhindar dari membuang-buang waktu. Bangun pagi akan membuatmu lebih semangat dan bisa berpikir positif. Selain itu, bukankah waktu pagi adalah waktu terbaik untuk berolahraga atau bahkan hanya sekadar menikmati hangat matahari sambil mencari ide-ide segar? Hindari pula bergadang yang hanya akan membuatmu merasa lemas keesokan harinya.

Bekerja di rumah sekalipun tidak menghalangi jalanmu untuk sukses asalkan tetap pada komitmen awal dan selalu melakukan yang terbaik. Persiapkan dirimu, mantapkan tekadmu sebelum berpikir akan bersungguh-sungguh bekerja di rumah.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top