Bisnis

Membangun ‘Personal Branding’

Cara Mudah Membangun Personal Branding

Mungkin banyak dari kita yang merasa terabaikan. Lalu, keberadaan kita pun tidak banyak disadari oleh orang lain. Mereka hanya menganggap kita ada saat kita berada tepat di depan muka mereka, kemudian setelah kita pergi berlalu, mereka pun tidak lagi mengingat bagaiamana diri kita.

Tidak banyak pula orang yang aware dengan keberadaan kita. Dalam situasi kerja atau organisasi, tentu hal ini menghambat diri kita dalam merintis karir ke atas. Logikanya, bagaimana karir kita dapat berkembang, jika tak banyak orang yang mengetahui keberadaan kita atau keberadaan kita dianggap sebagai suatu hal yang biasa.

Pasti kita pernah mendengar seseorang menceritakan pengalaman dan segudang prestasinya, tanpa terkesan sedang menyombongkan dirinya. Ucapannya pun dapat menghipnotis pendengar, bahkan menjadi inspirasi bagi para pendengarnya. Bahkan setiap detail kata yang keluar dari bibirnya masih kita ingat dan menjadi sumber motivasi. Orang-orang dengan kemampuan seperti ini tentu keberadaannya sangat diperhatikan. Dalam lingkungan kerja atau organisasi pun pasti memiliki karir yang cemerlang. Lalu bagaimana untuk mencapai hal itu?

Kemampuan kita dalam menceritakan diri sendiri merupakan salah satu cara kita menciptakan personal branding untuk diri kita sendiri. Branding sendiri memiliki makna yang penting bagi individu yang dapat membedakannya dengan individu lainnya. Begitu banyak orang yang memiliki kesamaan dengan kita. Mereka lulus dari universitas yang sama, jurusan yang sama, bahkan lulus dengan indeks prestasi kumulatif yang sama. Bahkan ada begitu banyak orang yang melakukan pekerjaan yang sama dengan apa yang kita kerjakan. Lalu apa yang membedakan kita dengan mereka? Yang membuat kita memiliki keunggulan yang lebih dari mereka?

Bragologue adalah sebuah seni menggabungkan bragging (seni membanggakan diri sendiri) dan monolog (seni berbicara dan menyampaikan suatu gagasan). Dalam bragologue ini kita belajar bagaimana menciptakan kesan yang menarik mengenai diri kita di hadapan orang lain dengan tegas dan dalam waktu singkat. Misalkan Anda berada di lift bersama atasan Anda, ada waktu 15 detik bagi Anda untuk memperkenalkan diri kepada atasan baru Anda mengenai diri Anda, apa yang akan Anda lakukan dan ucapkan? bragologue ini juga penting ketika kita bertemu dengan orang penting dimana kesempatan kita untuk berbincang-bincang sangat terbatas oleh waktu. Kita harus bisa meyakinkan mereka bahwa kita adalah orang yang berkesan bagi mereka.

Kita bisa melakukan bragologue ini setelah kita menyadari dalam diri kita prestasi apa yang kita capai, yang kita banggakan dan menurut kita baik disampaikan kepada orang lain. Setelah kita berhasil merangkum itu kita baru bisa melakukan bragologue ini dengan baik di depan orang lain. Coba ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Temukan tiga nilai inti diri Anda, misalnya mengenai kepercayaan, kejujuran dsb.
  2. Temukan lima talenta kunci dan karakteristik yang paling mencerminkan keahlian professional Anda, misalnya jago di bidang training, perencanaan keuangan dsb.
  3. Temukan lima karakteristik kominikasi atau kepribadian yang merupakan kekuatan Anda.
  4. Coba kenali orang-orang yang saat ini telah menyadari siapa diri Anda, cari tahulah bagaimana mereka menggambarkan diri Anda.
  5. Sekarang, bagaimana Anda inginkan orang-orang mengenal diri Anda?

Kelima langkah jitu ini akan membantu Anda menciptakan bragologue yang menarik dan berkesan. Selain itu untuk memperkuat kesan branding, Anda harus menjalin hubungan yang positif dengan orang-orang di sekitar Anda. Lakukan komunikasi yang baik dengan rekan kerja Anda baik atasan maupun junior Anda.

Kita sendiri yang harus aktif sehingga orang lain dapat mengenal diri kita dengan baik, serta tidak mudah melupakan begitu saja nama kita setelah suatu perjumpaan. Kitalah yang bertanggung jawab terhadap peniliain dan kesan rekan kerja terhadap diri kita.

(Sumber: Jangan Anggap Sepele Soft Skill oleh Peggy Klaus)

2 Comments

2 Comments

  1. Avatar

    Wahyu Hidayatur Rahman

    December 28, 2015 at 6:53 am

    terima kasih atas sharing ilmunya šŸ™‚

  2. Avatar

    Aziizah

    June 9, 2016 at 1:57 am

    Terimakasih untuk ide dan ilmunya
    saya mau tanya cara praktis apa untuk Membangun ā€˜Personal Brandingā€™ ??
    agar masyarakat tertarik dengan Membangun ā€˜Personal Brandingā€™ itu??
    terimasih sebelumnya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top