Bisnis

Pengaruh Social Media Marketing Bagi Perusahaan

social media marketing perusahaan

Social Media Marketing – Setiap perusahaan biasanya harus selalu menciptakan:

  • awareness,
  • brand image
  • atau membantu pertumbuhan penjualan.

Namun beberapa perusahaan masih ragu untuk menggunakan social media sebagai sarana dalam usaha mendongkrak ketiga hal tadi. Hal ini dipicu oleh banyaknya perusahaan yang masih ragu mengalokasikan investasi dalam mangadopsi social media . Padahal untuk bisa mendukung ketiga hal diatas tadi, perusahaan-perusahaan harus melakukan lebih dari sekedar mengandalkan media-media konvensional yang kelak kedepannya akan semakin sedikit memberikan dampak pada perusahaan itu sendiri.

Banyak juga perusahaan yang mengukur efektifitas social media adalah karena mereka berpikir bahwa social media itu gratis.

Padahal, siapa bilang sosial media gratis?

Secara aplikasi dan fisik memang social media tersedia secara gratis, tapi mereka lupa bahwa salah satu pengukuran akan efektifitas social media ini harus dilakukan secara berkala dan di maintain dengan baik dan secara terus menerus.

Pentingkah Social Media Marketing bagi Perusahaan?

Paling tidak, meskipun dalam skala kecil, perusahaan sudah harus memiliki staf untuk memelihara akun social media mereka. Hal ini sangat penting karena salah satu pengukuran akan efektifitas social media ini harus dilakukan secara berkala dan di maintain dengan baik dan secara terus menerus. Bahkan di masa mendatang, bisa saja perusahaan-perusahaan akan dipaksa oleh perusahaan-perusahaan sosial media untuk membayar. Hal ini akan dipicu oleh sulitnya mencari follower dan fans yang baru . Belakangan ini, perusahaan juga semakin menyadari bahwa mereka perlu target pasar yang lebih tepat, inilah yang memicu tumbuhnya konsultan-konsultan media yang mendedikasikan waktu mereka untuk melakukan pengurukuran pasar, kampanye dan promosi melalui social media Marketing.

Namun yang perlu disadari adalah, pengukuran dalam bidang social media ini adalah satu strategi yang relative baru dan pengukurannya juga masih sangat relative karena awareness nya lebih bersifat non-fisik. Di sekolah-sekolah bisnis yang biasa memproduksi gelar MBA, juga belum diajarkan.

Namun membangun sebuah brand dan memberikan awareness pada public akan layanan, produk atau service yang dimiliki sebuah perusahaan tetap harus dilakukan! Dan melalui Social Media, trend bisa diciptakan, awareness bisa dibentuk atau dibangun, dan produk bisa disosialisasikan secara agresif dan terus menerus. Dan ini merupakan tantangan bagi divisi Marcomm sebuah perusahaan untuk menciptakan sebuah strategi yang tepat guna, terpadu dan terintegrasi, tentunya dengan dukungan management dan divisi lain sebagai sumber data bahan kampanye mereka “social media Marketing”.

social media marketing

Perusahaan apapun ingin meningkatan branding pada produknya. Dalam era digital marketing / Internet marketing sekarang, maka pilihan yang paling tepat adalah branding melalui sosial media. Sosial media yang paling banyak dipakai dalam branding produk adalah facebook dan twitter.

Masih ada beberapa sosial media yang dapat digunakan seperti Path, Linkedin, Instagram, Pinterest, Google+ namun yang paling banyak penggunanya masih Facebook dan Twitter.

Baca Juga : Kelebihan Internet Marketing Bagi Bisnis Anda

Sosial media menjadi media iklan karena pengguna internet yang terus meningkat, selain itu branding awareness di sosial media mudah dilakukan.

Fakta Pengguna Internet di Indonesia

  • Jumlah Pengguna Sosial Media yang Terus Meningkat.

Webershandwick, perusahaan public relations dan pemberi layanan jasa komunikasi, memberikan data per November 2013 bahwa untuk wilayah Indonesia ada sekitar 65 juta pengguna Facebook aktif. Sebanyak 33 juta pengguna aktif per harinya. Pengguna Twitter, berdasarkan data PT Bakrie Telecom, memiliki 19,5 juta pengguna di Indonesia dari total 500 juta pengguna global.

Pemakai sosial media termasuk dari berbagai kalangan dari anak-anak SD sampai pekerja dengan usia 35 tahun ke atas.

Faktanya, sepanjang tahun 2012 hingga 2013 lalu, pertumbuhan pengguna aktif sosial media baik Twitter maupun Facebook yang paling signifikan adalah generasi dengan usia 35 tahun ke atas.

  • Marketing Word of Mouth

Semua Orang Lebih Mudah Terpengaruh Oleh Rekomendasi Teman Di Sosial Media
Marketing Word of Mouth sudah terkenal marketing yang paling ampuh sejak lama. Begitu juga dalam dunia digital, mereka lebih mempercayai apa kata temannya di sosial media yang merekomendasikan suatu produk.

  • Semua Orang Menyukai Branding

Setiap orang ingin mengetahui produk yang dipakai, tentunya dengan strategi branding yang baik. Menurut penelitian sebuah institusi pemasaran, orang lebih memilih produk yang memiliki akun Facebook, ketimbang produk yang tidak memilikinya.

Manfaat Sosial Media bagi Perusahaan

  • Sosial media membantu meningkatkan jaringan

Jaringan dalam marketing sangat baik dalam mempromosikan suatu produk, dan bila membina jaringan tersebut dengan memberikan saran yang solid secara gratis, akan semakin banyak visitor atau traffic. Dengan menjadi aktif di sosial media dapat membantu Anda membangun reputasi brand Anda, membuat Anda menjadi seorang ahli yang mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan Anda.

  • Sebagai media pemasaran

Pemasaran dalam sosial media dapat berfungsi untuk mengenalkan produk dan kelebihan-kelebihan produk. Selain itu berfungsi untuk menekan biaya pemasaran.

  • Sebagai Public Relation & Customer Service

Sosial media dapat dimanfaatkan sebagai media publikasi resmi karena efektif menjangkau masyarakat. Dalam sosial media perusahaan dapat menjawab pertanyaan bagi mereka yang belum mengenal produk yang ditawarkan, seperti pemanfaatan dan kegunaan produk, ataupun dalam menangani keluhan.

  • Mendapat Umpan Balik yang Cepat

Sosial media merupakan tempat yang digunakan untuk berinteraksi sekaligus menuangkan apa yang ada dipikiran mereka, apa yang diinginkan, dll. Dengan sosial media, maka mudah dapatkan umpan balik yang cepat, sehingga perusahaan mengetahui apa yang diinginkan oleh target pasar dan membantu untuk meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan kepada konsumen.

  • Sosial media membantu dalam optimasi SEO.

SEO adalah suatu cara yang dilakukan agar website bisa mencapai halaman satu google dengan kata kunci yang ditargetkan. Salah satu caranya adalah link yang berada di sosial media. Dengan adanya link di sosial media menunjukkan link yang berkualitas. Dengan website yang mencapai halaman satu akan membuat visitor banyak berkunjung, yang pada akhirnya mendorong branding suatu produk atau penjualan.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top