Bisnis

Perayaan Tahun Baru sebagai ajang Bisnis

Portal Berita

Tahun baru dianggap sebagai momen penting oleh sebagian orang. Merayakan dengan orang-orang tercinta dan mengunjungi sebuah tempat tertentu Apalagi, Tahun Baru di Indonesia ditetapkan sebagai libur nasional, semua kalangan berhak untuk menikmatinya. Berbondong-bondonglah mereka merayakan tahun baru dengan berbagai event atau ciri khas perayaan di daerah masing-masing.

Berbagai pihak pelayanan atau penyedia jasa memanfaatkan momen ini untuk mencari untung. Secara tidak langsung penawaran yang mereka buat demi usaha komersil. Dari pemilik usaha kuliner, dalam bidang kepariwisataan hingga penginapan.

Bisa dilihat, bahwa pada perayaan ini akan membuat beberapa pemilik usaha kuliner menaikkan tarif. Mereka bisa memastikan, perayaan tersebut dirayakan banyak kalangan. Banyak orang yang berlibur dan akan singgah di tempat makan. Karena makanan merupakan kebutuhan utama. Tidak dipungkiri para pemilik modal akan mendapatkan keuntungan pada perayaan Tahun Baru ini.

Kemudian berlanjut ke tempat wisata. Tempat wisata menjadi sasaran utama untuk berlibur di tahun baru. Karena daya tarik akan keindahan alam ataupun konsep yang menarik dari tempat wisata tersebut membuat banyak orang berdatangan menghabiskan libur di tempat wisata. Pastilah pihak pengelola akan menaikkan retribusi tiket masuk. Itu semua juga demi meraih keuntungan, timbal balik atas waktu para pengelola yang bersedia lembur di perayaan tahun baru. Bisa dipastikan tempat wisata yang buka di tahun baru akan dipadati para pengunjung.

Selanjutnya mengenai penginapan, banyak hotel yang menaikkan harga tinggi saat tahun baru. Prediksi akan banyaknya pengunjung tidak diragukan lagi. Apalagi, sebagian orang merayakan tahun baru bersama keluarga, memililih untuk menikmati suasana kota lain. Pastilah mereka akan mencari penginapan. Tidak hanya menaikkan tarif, pemilik usaha hotel juga berlomba-lomba membuat perayaan tahun baru semisal menghadirkan artis atau mengadakan konser di hotel tersebut. Perayaan tersebut bagaikan prospek bisnis musiman yang menjanjikan.

Berlibur ke tempat wisata juga erat kaitannya dengan perjalanan, penyedia jasa transportasi seperti travel, mereka juga memanfaatkan momen tahun baru sebagai bisnis yang menguntungkan. Sasaran mereka yaitu bukan hanya para wisatawan yang ingin berlibur dari kota ke kota lain, namun juga para perantau yang ingin kembali ke daerah asal.

Selain usaha-usaha diatas, yang notabenya usaha yang bermodal tinggi, ada beberapa usaha kecil yang memanfaatkan peluang di tahun baru seperti pembuat terompet, penjual kembang api, pembuat kalender dsb. Hal tersebut sudah menjadi tradisi dan orang-orang yang mampu memanfaatkan peluang akan mendapatkan keuntungan dalam perayaan musiman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top