Bisnis

Perusahaan “Migas” Minyak dan Gas Bumi Luar Negri di Indonesia

Sebelumnya Loper sudah membahas tentang bagaimana Regulasi dan Kebijakan Industri Migas. kebijakan yang akan mengatur laju pertumbuhan dari industri minyak dan gas bumi “migas” yang ada di Indonesia. Tidak dipungkiri regulasi tersebut diperuntukan agar prosedur serta aktivitas eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi di Indonesia dapat memberikan keuntungan langsung kepada rakyat Indonesia.

Perusahaan “Migas” Minyak dan gas bumi di Indonesia sekarang ini sudah mulai berkembang baik dari Regulasi dan kebijakan tentang industri “Migas” Minyak dan Gas bumi. Melalui kegiatan eksplorasi yang telah dilakukan selama ini masih terdapat kurang lebih 50 struktur penemuan minyak dan gas bumi yang belum dikembangkan, dengan perkiraan cadangan potensial sebesar 280 juta barel untuk minyak dan 5.8 triliun kaki kubik gas. Perusahaan “Migas” Minyak dan gas Bumi di Indonesia diharapkan dapat memberikan kontribusi meningkatkan cadangan dan produksi migas Nasional dalam lima-enam tahun kedepan, yang tersebar di 24 wilayah kerja diseluruh Indonesia.

Berikut beberapa Perusahaan “Migas” Minyak dan Gas Bumi Luar Negri yang ada di Indonesia ;

BAKER HUGHES INDONESIA, PT

Baker Hughes Incoporated, menciptakan nilai dari lubuk penyimpanan Minyak dan Gas dengan kinerja terbaik dibidang drilling, evaluation, completions and production technology & services, operasi terpadu dan konsultasi seputar lubuk penyimpanan minyak dan gas bumi dimana mereka menekankan dari aspek efesiensi biaya, mengurangi resiko atau meningkatkan produktivitas bagi industri minyak dan gas bumi secara umum.

Perusahaan Migas Baker Hughes dibentuk pada tahun 1987 dengan merger dari Baker Hughes International dan tool company dimana keduanya didirikan lebih dari 100 Tahun yang lalu ketika RC Baker dan Howard Hughes, melakukan terobosan dalam hal penemuan yang kemudian merevolusi era minyak dan gas bumi yang masih muda.

Wilayah Operasi Perusahaan Migas ini “Baker Hughes” meliputi Amerika utara,Amerika Latin, Afroca, Eropa, Rusia Caspian, Timur Tengah serta Asia Pasifik. Operasi global Baker Hughes, didukung oleh tiga segmen bisnis yang meliputi 9 kelompok lini produk yang mengembangkan, memproduksi dan memberikan dukungan terhadap Industri melalui teknologi yang terbaru.

BRITISH PETROLEUM “BP” INDONESIA, PT

Perusahaan "Migas" Minyak dan Gas Bumi Luar Negri di Indonesia

British Petroleum “BP” Indonesia – Perusahaan migas ini merupakan perusahaan minyak dan gas bumi yang berkantor pusat di London, Inggris. selama lebih dari 4 dekade BP telah membangun kemitraan dengan pemerintah Indonesia, dan menjadi salah satu investor terbesar dengan Investasi komulatif lebih dari $5 Milyar.

Kegiatan Eksplorasi BP didominasi pada tambang LNG Tangguh, yang merupakan tempat operasi pertama dan juga salah satu fasilitas LNG terbesar. LNG tangguh merupakan proyek Multinasional besar yang melibatkan pembangunan enam ladang gas di Wiriagar, Berau dan Muturi Production Sharing Contract “PSC” di Teluk Bintuni, Papua Barat.

Tidak Hanya diIndustri Minyak dan Gas, Perusahaan Migas yang telah mendominasi BP, pada awal 2014 BP membeli semua saham yang dimiliki oleh Jepang yaitu Mitsui Chemicals, Inc “MCI” dan Mitsui & Co Ltd “MBK” di PT Amoco Mitsui PTA Indonesia “AMI”, Perusahaan yang Joint Venture yang memproduksi dan menjual Purified Terephthalic Acid “PTA”, sehingga dapat disimpulkan Total saham BP di Perusahaan PT. Petrokimia Menjadi 100%. Perusahaan baru

PT. Petrokimia BP Indonesia ini dapat memproduksi 530.000 Ton per Tahun dari PTA, bahan baku untuk polyester yang digunakan dalam pakaian, makanan dan minuman kemasan dan beberapa aplikasi industri.

CHEVRON INDONESIA COMPANY

Chevron merupakan salah satu perusahaan migas / energi terbesar di dunia yang juga menjadi dalam mitra perekonomian Indonesia selama lebih dari 80 tahun. Chevron memulai eksplorasi dan produksi energi di Indonesia sejak tahun 1924, yang ketika itu bernama Standard Oil Company of California “Socal”, dan kini disebut Chevron, mengirimkan ekspedisi geologi ke pulau Sumatera.

Sebagai produsen minyak mentah dan panas bumi terbesar di Indonesia, Chevron menyumbangkan sekitar 40% produksi nasional, yang dioperasikan lebih dari 6.400 karyawan serta lebih dari 30.000 karyawan mitra. dimana 97 persen karyawan Chevron adalah warha negara Indonesia. Chevron memiliki daerah operasi didua pulau terbesar di Indonesia, Yaitu Sumatera dan Kalimantan.

Chevron juga memasarkan produk pelumas di Indonesia melalui anak perusahaan PT Chevron Oil Products Indonesia. PT. Chevron Oil Products Indonesia memasarkan pelumas caltex keseluruh Indonesia melalui jaringan distribusi mereka. Produk – produk ini melayani pasar komersial, industri, konsumen umum dan kelautan. Chevron juga memasarkan aspal melalui merek dagang Caltex Asphalt. DiIndustri lainnya seperti Listrik Chevron memproduksi dua proyek geothermal yang dioperasikan di Pulau Jawa ‘Darajat dan Salak’, yang dipegang oleh anak perusahaan Chevron Geothermal.

CONOCOPHILLIPS INDONESIA Inc Ltd

Conocophillips Inc Ltd – Perusahaan Migas / Energi ini merupakan salah satu perusahaan energi skala International terbesar keEmpat yang bergerak dibidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas. Kantor yang berpusat di Houston, Texas Amerika Serikat, perusahaan ketiga terbesar dan pengilang kedua terbesar di Amerika Serikat ini telah beroperasi di hampir 27 negara, termasuk Indonesia. Perusahaan Migas ini terdaftar dibursa saham New York “New York Stock Exchange” dengan simbol “COP”.

ConocoPhillips terkenal akan keahlian teknologi dibidang eksplorasi dan prodduksi dilaut dalam, eksploitasi dan manajemen reservoir, teknologi seismik 3D, petroleum cake upgrading kelas tinggi, dan sulfur removal. tidak hanya melakukan kegiatan pengilang, ConocoPhillips juga memasarkan, suplai dan mendistribusikan minyak dan gas bumi.

ConocoPhillips mengoperasikan lima kontrak bagi hasil “PSC” di Indonesia, yaitu lepas pantai South Natuna Sea Block B dan empat PSC darat. selain itu juga perusahaan migas ini mempunyai wilayah operasi lain di Block Corridor dan Jambi Slatan B, yang keduanya terletak di Sumatera Selatan. ConocoPhillips juga mempunya dareah operasi di Warim, Papua, dan Palangkaraya, Kalimantan pada tahun 2013. Aset Perusahaan Migas “ConocoPhillips” terkonsentrasi didua bidang utama yaitu Laut Natuna Selatan dan Penambangan darat di Sumatera Selatan.

ENI INDONESIA LTD

Perusahaan "Migas" Minyak dan Gas Bumi Luar Negri di Indonesia

Eni Indonesia – Perusahaan Migas / energi ini adalah anak perusahaan Eni dari Italia, yang merupakan perusahaan kontraktor kontrak kerja sama “KKKS” yang ditunjuk BPMIGAS untuk melakukan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di Indonesia. Eni telah mulah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1968, melalui Production Sharing Agreement “PSA” yang ditandatangani dengan perusahaan minyak Stato Pertamina untuk membawa kegiatan minyak eksplorasi Teluk Berau dan area Arafura, dari laut Timur Indonesia.

pada tahun 1970, Eni mendapatkan dua kontrak penambangan di block A dan B, dimana ditemukannya lapangan gas alam Natuna “Block A”. Saat Lisensi kegiatan ekplorasi berakhir ditahun 1984, Eni telah menghasilkan lebih dari 640.000km persegi di area lepas pantai selama periode 16 Tahun.

Pada tahun 2000 Eni kembali melakukan eksplorasi, pembangunan dan kegiatan produksi minyak onshore dan offshore di Indonesia, terkait pembelian perusahaan migas Lasmo asal Inggris. Operasi Eni Terkonsentrasi diwilayah lepas pantai timur  dan timur kalimantan wilayah darat, Eni memiliki participating interest didelapan lokasi didua koordinat minyak Kutai dan Tarakan. Ekplorasi dan operasi produksi Eni diatur dalam Perjanjian bagi hasil “PSC”.

Itulah beberapa perusahan Migas Luar negri yang melakukan eksplorasi di wilayah Indonesia yang sudah cukup lama mengeksplorasi bumi Indonesia. yang telah membantu perkembangan di Indonesia. Masih banyak perusahaan Migas “Minyak dan Gas” lainnya yang mengEksplorasi di bumi Indonesia. akan loper bahas di Artikel berikutnya tentang perusahaan Migas Luar negri yang berada di Indonesia. Semoga bermanfaat… ūüėÄ

Source : Petroleum Gas Directory

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top