Bisnis

Berbagai Daerah Desak Penutupan Holywings Buntut Promo Minuman Keras

Penutupan Holywings

Sejumlah daerah melakukan penutupan Holywings buntut promo gratis minuman beralkohol untuk orang Bernama Muhammad dan Maria.

Setelah promo tersebut viral, enam orang staf Holywings ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Metro Jakarta Selatan. Selain itu, 12 outletnya di Jakarta juga ditutup.

Ternyata Langkah tersebut tidak memuaskan banyak pihak. Berbagai daerah pun akhirnya meminta penutupan Holywings.

Penutupan Holywings di Berbagai Kota

1. Surabaya

GP Ansor mendesak Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk mencabut izin operasional tempat ini.

“Cabut izinnya Holywings seluruh Indonesia. Kami memohon kepada Wali Kota Surabaya untuk mencabut izin Holywings,” ujar Ketua GP Ansor Surabaya, Faridz Afif, Sabtu (25/6/2022).

Puluhan orang yang mengaku sebagai Organisasi Madura Nusantara juga mendatangi outlet yang berada di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Senin (27/6/2022).

Lihat Juga: Holywings, Bekas Kedai Nasi Goreng Yang Kini Dilirik Hotman Paris-Nikita Mirzani

Mereka juga mengancam bakal melakukan sweeping setiap hari hingga kasus benar-benar selesai diusut. Akhirnya, Eri Cahyadi pun membekukan izin operasi tiga gerai Holywings.

“Izinnya bukan dicabut tapi dibekukan. Dibekukan itu maksudnya dihentikan enggak oleh buka disek (tidak boleh buka dulu) sampai kasusnya ini sudah selesai,” ucap Eri, di Graha Sawunggaling Surabaya, Selasa (28/6/2022).

2. Bogor

Gara-gara promo minuman keras tersebut, sebuah bar di Jalan Raya Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, yang diketahui juga milik Holywings Indonesia pada Sabtu (25/6/2022) siang disegel petugas.

3. Bandung

Sementara itu, dua outlet Holywings di Kota Bandung berinisiatif untuk menutup secara permanen operasional mereka, Selasa (28/6/2022).

Hal ini dilakukan setelah 30 orang yang menamakan diri Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kota Bandung mendatangi salah satu gerainya yang berada di Jalan Karangsari, Kota Bandung, pada Minggu (26/6/2022).

4. Makassar

Di Makassar, untuk sementara waktu kafe dan klub milik Holywings tidak beroperasi gara-gara promo alkohol gratis itu.

Penutupan juga dilakukan setelah gerainya didatangi oleh sejumlah orang yang mengatasnamakan Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP).

Lihat Juga: DPR Minta Holywings Indonesia Diproses Hukum Buntut Promo Minuman Alkohol

5. Semarang

Pihak manajemen juga menutup Holywings di Semarang, Jawa Tengah. Salah seorang penjaga mengatakan pencopotan dan penutupan Holywings di Semarang itu dilakukan pada Selasa (28/6/2022). Ia mengaku belum tahu kapan tempat tersebut akan kembali dibuka.

“Iya mulai hari ini tutup. Tulisannya dilepas tadi siang. Bukanya lagi kapan tidak tahu,” kata dia.

6. Yogyakarta

Massa Forum Silaturahmi dan Komunikasi Laskar (Fusikom) dari beberapa daerah menuntut penutupan Holywings yang terletak di Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Selain penutupan, sejumlah pihak juga mengkritik tindakan pihak polisi yang dinilai reaksioner. Namun, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) dan beberapa LSM lainnya menilai promosi minuman keras gratis bagi pelanggan Bernama Muhammad dan Maria yang dilakukan Holywings tidak memiliki unsur pidana.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top