Bisnis

Susah Cari Kerja? Pertimbangkan Jadi Freelancer!

Apakah kamu merasa sulit mencari pekerjaan, apalagi jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu? Well, mungkin kamu sudah mengirim CV kemana-mana tapi walaupun akhirnya kamu mendapatkan panggilan tak satupun dari jenis pekerjaan itu yang sesuai dengan ‘passion’ kamu. Orang disekelilingmu pasti banyak yang berkomentar nyinyir bahwa jaman sekarang cari kerja itu susah, sebaiknya tidak usah pilih-pilih. Tapi, bekerja dengan tekanan juga tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Nah, bingung kan?

Mempertimbangkan Menjadi Freelancer?

Saat ini bekerja sebagai freelancer atau bekerja paruh waktu juga bisa dianggap sebagai pekerjaan professional lho. Siapa bilang bekerja harus ke kantor dan mengenakan dasi? Saat ini banyak juga jenis-jenis pekerjaan yang bisa kamu kerjakan dari rumah atau dari mana saja, menghasilkan uang dengan sama banyaknya atau malah lebih banyak tapi tidak perlu pergi ke kantor setiap hari. Masih ragu? Berikut beberapa alasan mengapa menjadi freelancer bisa membuat hidup kamu lebih mudah.

  1. Bekerja Dari Mana Saja

Dengan menjadi freelancer, kamu memiliki kemerdekaan penuh tentang dari mana kamu ingin bekerja. Dengan menjadi freelancer kamu bisa bekerja dari mana saja, termasuk bekerja dari rumah, dari kamar kos, dari kampus tempat kamu kuliah atau dari pinggir pantai tempat kamu sedang berlibur.

  1. Memiliki Manajemen Waktu Sendiri

Dengan memiliki manajemen waktu sendiri, nggak ada deh bangun pagi-pagi cuma supaya nggak terjebak macet supaya bisa sampai kantor tempat waktu dan nggak kena penalti dari atasan. Namun, jika kamu tidak disiplin, hal ini justru bisa menjadi boomerang buat kamu.

  1. Akan Selalu Ada Pekerjaan Sesuai Passion Anda

Jika kamu sudah masuk ke dunia freelancer, kamu akan menemukan fakta bahwa akan selalu ada pekerjaan tersedia. Sebagai penulis, kamu akan menemukan banyak sekali pekerjaan di bidang ini, sebagai desainer web, kamu akan terkaget-kaget bahwa kamu nggak akan pernah kehabisan pekerjaan dibidang ini. Selain itu jenis pekerjaan yang memerlukan jasa freelancer juga semakin bertambah saja setiap harinya.

  1. Pekerjaan Jangka Pendek

Beberapa dari kamu pasti pernah merasakan betapa sengsaranya bekerja dibawah kontrak. Di dunia freelnacer biasanya walaupun ada kontrak kerja hanya berupa deadline yang tentunya sudah disepakati oleh kedua pihak dan biasanya bersifat jangka pendek.

  1. Menghasilkan Kapan Saja

Karena tidak perlu menunggu waktu satu bulan untuk mendapatkan gaji, ketika Anda bisa mengerjakan pekerjaan sesuai deadline atau lebih cepat maka Anda langsung mendapatkan bayaran dari pekerjaan Anda.

Menjadi Freelancer Bukanlah Pekerjaan Gampangan

Jangan salah sangka bahwa pekerjaan freelancer adalah pekerjaan gampangan. Tentunya Anda mulai bertanya-tanya mengapa saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa freelancer karena ternyata dibandingkan dengan para pekerja kantoran yang masuk pagi pulang sore dan kebanyakan dari mereka bekerja karena mereka ‘harus’ bekerja, sementara para freelancer biasanya memilih jenis pekerjaan untuk dikerjakan karena mereka ‘ingin’ melakukannya dan menolak pekerjaan yang mereka tidak ingin lakukan, jadi tidak heran jika hasil pekerjaan yang dihasilkan jauh lebih baik. Lagipula, ketika menjadi freelancer, ada klien yang harus Anda puaskan agar pekerjaan baru datang kembali. Jadi sebenarnya para pekerjaan freelancer inilah para professional sebenarnya yang bisa dilihat dari banyaknya tawaran proyek yang datang kepada mereka.

Nah satu pelajaran penting juga, menjaga kualitas pekerjaan sangatlah penting bagi seorang freelancer tapi Anda juga harus tahu value atau nilai diri Anda. Banyak juga perusahaan di luar sana yang memilih menggunakan jasa freelancer karena mereka ingin menghemat uang, jika menurut Anda bayaran yang ditawarkan terlalu rendah, sebaiknya jangan diambil karena Anda tahu betul berapa Anda pantas untuk dibayar. Happy Freelancing!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top