Bisnis

Tips Menjadi Freelancer

Tips Menjadi Freelancer

This post is also available in: English

Tips Menjadi Freelancer – Sebelum Anda ingin menjadi seorang freelancer serta mencari Lowongan Pekerjaan Freelance, sebaiknya Anda pahami dahulu tentang arti dari kata freelance ini. Menurut kamus besar bahasa inggris frelance yaitu “Pekerja lepas” yang artinya pekerjaan freelance merupakan pekerjaan yang tak terbelit waktu alias jam kerjanya serta juga kontrak kerja.

Bila Anda berminat untuk pekerjaan freelance tersebut, hari ini akan diberikan langkah-langkah sederhana untuk menjadi seorang freelance.

Pertama, Tentukan Waktu

Ketersediaan waktu ini sangat penting dalam bekerja, untuk mengatur waktu pekerjaan imbangkan dengan pekerjaan yang nyata apabila Anda mempunyai pekerjan tidak hanya menjadi seorang freelancer ini. Tentukan dari kini berapa tak sedikit waktu yang mampu Anda habiskan setiap hari dalam bekerja freelance. Bila Anda mampu menyediakan setidaknya 1-2 jam perhari Anda mampu menuju langkah selanjutnya. Jika anda tak mampu mengatur waktu berarti Anda lkurang tepat untuk bekerja sebagai freelancer.

Kedua, Sesuaikan Dengan Bidang yang Anda Kuasai

Jika Anda telah menentukan waktu, kini Anda tentukan pengetahuan apa yang Anda kuasai. Sebagai contoh bila Anda menguasai bidang administrasi jadi pilihlah bidang administrasi untuk bidang pekerjaan Anda. Anda mampu tentukan sendiri sesuai keputusan Anda.

Ketiga, Bergabung Dengan Situs Freelance

Bila nada pmula tentunya nada bingungkan untuk tutorial bergabubg dengan website freelance ini wajib bagaimana, sebagai saran Anda pilih yang website yang populer mirip lokerpedia.com serta www.tipskarir.com. Anda mampu mengawali karir freelance Anda dengan memilih salah satu dari situs-situs itu. Pendaftaran gratis.

Keempat, Buat Profil Diri

Jika Anda telah bergabung, tunjukkan mengenai diri Anda mirip keahlian, kekuatan, pengalaman kerjadan lainnya. “Jual diri” melewati profil yang Anda buat. Perlu diketahui bahwa Profil yang keren mempunyai kualitas tambah dibandingkan profil yang ‘biasa’. Maka dari itu tulislah segala sesuatu yang Anda tahu, tidak hanya itu menuliskan pekerjaan serta pengalaman yang berkaitan dengan sebuah pekerjaan akan meningkatkan kualitas jual Anda dimata pihak employer.

Kelima, Tambahkan Hasil Kerja Sebagai Nilai Tambah Untuk Profil Anda

Tambahkan portfolio yang akan terjadi pekerjaan Anda untuk menandakan bahwa Anda telah berpengalaman. Misal bila Anda seorang web designer, untuk menunjukannya, Anda mampu menampilkan desain depan website yang Anda buat dalam format jpg. Dan bila Anda seorang penulis, berbagi link-link website dimana goresan pena Anda dimuat. Biasanya situs-situs freelance menyediakan kawasan untuk portfolio.

Ke Enam, Tambahkan Pendapatan Anda

Anda mampu meningkatkan pendapatan freelance Anda dengan bergabung dengan website lain serta Anda mampu membikin sebuah website sendiri dimana Anda menentukan tarif serta market Anda sendiri dalam website yang Anda buat. Lakukan pengundangan employer-employer Anda sebelumnya untuk masuk ke website Anda serta tawarkan jasa Anda tanpa adanya perantara. Tambahan pendapatan juga mampu didapat dari acara mirip member yang ialah Anda mempromosikan website pada orang lain, Anda akan mendapat poin bila orang tersebut gabung dengan odesk atas referensi Anda.

To Top