Entertainment

10 Rekomendasi Film Bertema Kesehatan Mental Terbaik

kesehatan mental_melancholia

Kesehatan mental menjadi topik yang secara perlahan mulai digaungkan di media lokal. Pada 5 Oktober kemarin, kita merayakan Hari Kesehatan mental sedunia. Kita bisa melihat antusiasme warga dunia termasuk lokal dalam mengkampanyekan isu kesehatan mental dalam berbagai format publikasi. Salah satu media yang paling efektif dalam memahami topik kesehatan mental adalah dengan menonton film. Ada banyak film yang mengangkat tema kesehatan mental. Setiap film tak hanya memiliki cerita yang dramatis, namun juga padat materi sebagai tontonan yang memberikan pemahaman baru pada penonton. Berikut sederet film bertema kesehatan mental terbaik yang patut kalian tonton!

1. Melancholia (2011)

“Melancholia” merupakan film karya sutradara Lars von Trier, salah satu yang terbaik dalam mempresentasikan depresi dalam naskah yang mempesona. Dalam film ini, kita akan melihat bagaimana dua bersaudara, Justine (Kirsten Dunst) dan Claire (Charlotte Gainsbourg) bersikap ketika menyaksikan fenomena Melancholia. Melancholia adalah planet yang diceritakan sedang mengitari orbit Bumi, seperti tarian. Tak hanya menjadi fenomena luar angkasa yang indah, planet tersebut memiliki potensi untuk menjadi akhir dari dunia. 

Tak hanya mengangkat kisah orang yang sedang mengalami depresi pada Justine, Claire menjadi perbandingan dengan sikap kontras. Ketika orang depresi lebih lapang dada ketika dunia hendak berakhir karena mereka sudah putus asa dengan kehidupan. Sementara orang yang mentalnya sehat ternyata justru panik dalam menghadapi kiamat karena tak rela kehilangan segala yang Ia miliki. 

2. Swallow (2019)

kesehatan mental_swallow
Swallow (2019)

Hunter (Haley Bennett) sekilas terlihat seperti perempuan yang beruntung. Ia menikah dengan pria kaya dan memiliki kehidupan yang dilingkupi dengan kemewahan. Namun, ketika dirinya hamil, Ia mulai mengalami disorder dengan kecenderungan menelan barang-barang kecil. Disorder yang dialami Hunter dalam “Swallow” merupakan isu kesehatan mental yang benar-benar ada. 

Namanya pica, pica merupakan gangguan makan yang biasa dialami oleh anak-anak, ibu hamil seperti Hunter, dan penderita gangguan kesehatan mental seperti OCD, skizofrenia, dan penyakit mental lainnya. Melalui ”Swallow”, kita bisa mengetahui gambaran dari penyakit mental satu ini dari kisah Hunter. 

3. She Dies Tomorrow (2020)

“She Die Tomorrow” merupakan film tentang kesehatan mental dengan konsep yang unik, relatable, dan artistik sebagai karya film. Bercerita tentang seorang wanita yang mengalami depresi dan yakin bahwa dirinya akan mati keesokan hari. Setelah menceritakan kondisinya pada salah satu temannya, dalam jangka waktu semalam perasaan krisis eksistensi menyebar seperti pandemi. Film ini kurang lebih cukup akurat dalam menginterpretasikan krisis eksistensi pada manusia secara umum. Ada yang ringan, namun ada yang membuat orang jatuh dalam jurang depresi. 

4. Lars and the Real Girl (2007)

“Lars and the Real Girl” juga menjadi film bertema kesehatan mental dengan konsep yang unik. Film ini dibintangi oleh Ryan Gosling sebagai Lars, pria kantoran yang kesepian dan tinggal di guest house kakak dan iparnya. Lars adalah pria yang mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan orang. Hingga suatu hari Ia memperkenalkan Bianca, sex doll yang Ia akui sebagai kekasihnya. Tak ingin menyakiti perasaan Lars, keluarga dan penduduk kota setempat memperlakukan Bianca seperti manusia sungguhan. 

Lebih dari sekadar film drama komedi yang unik, film ini menyimpan makna mendalam tentang isu kesehatan mental. Melalui kisah Lars, kita bisa melihat bagaimana seseorang dengan gangguan mental sebetulnya memiliki usaha untuk kembali berinteraksi namun mengalami kesulitan. Mereka terjebak dalam pikiran mereka sendiri dan tak memiliki cukup keberanian untuk mengakui keadaannya dan meminta bantuan psikis. 

5. Horse Girl (2020)

Alison Brie adalah aktris yang mengaku memiliki kegelisahan bahwa Ia bisa saja mendapat penyakit mental turunan. Nenek dan ibunya mengidap skizofrenia. Ia pun meluapkan kegelisahan tersebut dalam film bertema kesehatan mental pertamanya, “Horse Girl”. Ia menulis naskah film dibantu dengan sutradara Jeff Baena. Ia juga menjadi bintang utama sebagai Sarah. Wanita yang bekerja di retail ini telah menunjukan tanda-tanda depresi karena kesepian. Ia susah mendapatkan teman baik di tempat kerja maupun komunitas publik. Hingga suatu hari Ia mulai menunjukan disorientasi dan berjalan saat sedang tertidur. “Horse Girl” akan menjadi film yang cukup membingungkan, karena kita diajak untuk memahami bagaimana seseorang dengan skizofrenia mengalami disorientasi sepanjang waktu dan tiba-tiba. 

6. To the Bone (2017)

kesehatan mental_to the bone
To the Bone (2017)

Ellen (Lily Collins) adalah perempuan 20 tahunan yang menderita gangguan makan. Ia menghabiskan masa mudanya untuk menjalani berbagai program penyembuhan, namun semua usahanya selama ini hanya membuat Ellen kehilangan berat badannya secara bertahap. Dalam “To the Bone” kita akan melihat kisah Ellen yang mengalami anoreksia, gangguan makan yang tergolong dalam penyakit mental juga. Penyakit ini membuat pasiennya ketakutan jika mengalami kenaikan berat badan dan memiliki persepsi yang salah tentang berat badan. Faktor pemicunya biasanya stres, isu percaya diri, dan berbagai skenario depresif lainnya dalam lingkungan kehidupan pasien.  

7. Girl, Interrupted (1999)

“Girl, Interrupted” merupakan film yang diangkat dari memoir penulis Susanna Kaysen. Semasa mudanya, Susanna pernah menjalani rehabilitasi di institusi kesehatan mental dengan diagnosa borderline disorder. Selama di tempat rehab, Susanna bertemu dengan perempuan seusianya yang juga sedang dalam perawatan mental. Setelah memahami kisah orang-orang dengan penyakit mental lainnya, Susanna mulai mendapatkan pemahaman baru akan keadaannya sendiri. Film ini dibintangi oleh a-lister Hollywood, mulai dari Winona Ryder, Angelina Jolie, Brittany Murphy, dan Elisabeth Moss. 

8. All The Bright Places (2020)

“All The Bright Places” merupakan film drama remaja dengan isu kesehatan mental. Violet mengalami depresi dan kecenderungan untuk bunuh diri setelah saudaranya meninggal. Suatu hari Ia diselamatkan oleh seorang laki-laki bernama Theodore (Justice Smith). Meski terlihat kerap ceria dan menyemangati Violet, Theo ternyata memiliki penyakit mental namun tidak ingin dilabeli dengan penyakit tersebut. 

Dalam film ini, Theo menjadi karakter yang menarik untuk dipahami. Ia remaja kulit hitam yang kerap menimbulkan salah paham. Ia mengidap bipolar disorder, namun guru dan teman-temannya mengira Ia hanya anak berandalan yang tempramental. 

9. Black Swan (2010)

kesehatan mental_black swan
Black Swan (2010)

“Black Swan” merupakan salah satu film terbaik yang dibintangi oleh Natalie Portman. Aktris tersebut memerankan Nina, ballerina berbakat yang mendapat peran utama dalam pertunjukan “Swan Lake”. Ia tidak mengalami kesulitan untuk menari dengan anggun seperti Odette, namun tidak mudah baginya untuk menjadi angsa hitam yang lebih sensual dan menggoda. Memiliki obsesi yang terlalu besar untuk mendapatkan peran tersebut, Nina mulai mengalami disorientasi mental dan kepribadian. Nina dalam “Black Swan” digambarkan memiliki gangguan psikotik, skizofernia, dan paranoid. 

10. Silver Lining Playbook (2012)

Pat (Bradley Cooper) telah keluar dari institusi kesehatan mental setelah 8 bulan menjalani perawatan. Ketika sedang berusaha menjalani rutinitas kembali, Ia bertemu dengan wanita bernama Tiffany (Jennifer Lawrence) yang juga memiliki catatan penyakit mental seperti dirinya. Keduanya mulai berlatih menari bersama untuk persiapan perlombaan sekaligus saling membantu satu sama lain. Dalam kisah ini, Pat memiliki depresi dan trauma semenjak dikhianati oleh istrinya. Rasa sedih yang sangat mendalam membuatnya mengalami trauma yang membuatnya mengalami episode ketika ada triggering tertentu. 

Itu tadi sederet film tentang kesehatan mental yang patut untuk ditonton. Bisa menjadi tontonan informatif yang membantu kita memahami dan membantu mereka yang mungkin membutuhkan bantuan kita. 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top