Entertainment

10 Penyanyi Mantan Member Girlband & Boyband yang Sukses Solo Karir

jackson wang

Banyak mantan member girlband dan boyband mancanegara yang menuai kesuksesan sebagai solois. Tak hanya di skena musik kpop saja, fenomena ini juga kerap terjadi di industri musik barat bahkan sejak era 90an. Ada yang melepaskan diri dari grup karena menginginkan kebebasan pribadi dalam bermusik, ada juga memang sudah disband secara kontrak. Tak ingin mengakhiri karir mereka di dunia hiburan, tak banyak yang memberanikan diri debut sebagai solois. Banyak juga sebetulnya mantan member girlband dan boyband yang berhasil lanjut eksis atau bahkan lebih sukses sebagai solois. 

Kalau di skena kpop sendiri, bahkan sudah biasa jika member aktif memiliki solo project di suatu kesempatan. Contohnya saja Jennie dan Lisa dari Blackpink, hingga yang baru-baru ini Nayeon dari Twice yang merilis single solo bertajuk ‘POP!’. Boyband BTS pun sekarang sedang dalam ‘off’ sebagai group, dimana agensinya memberi ruang bagi setiap member untuk bersolo karir tanpa harus disband. Berikut ini sederet penyanyi mantan member girlband dan boyband yang sukses bersolo karir. Deretan penyanyi ini dari grup yang sudah disband, ada pula yang keluar dari group yang masih aktif. 

1. Beyonce

Mulai dari yang paling populer dan ikonik, Beyonce bisa jadi diva pop terbaik pada era ini. Ketenarannya di atas panggung dunia sebagai solois mungkin membuat kita lupa bahwa penyanyi wanita ini adalah mantan member girlband 90an, Destiny’s Child. Girlband Amerika tersebut beranggotakan Beyonce Knowles, Kelly Rowland, dan Michelle Williams. Beyonce sudah bersinar dalam projek solo sejak 2003 yang menuai kesuksesan melalui hits ‘Crazy in Love’ bersama rapper sekaligus suami masa depannya, Jay-Z. Hingga akhirnya Destiny’s Child bubar pada 2006, Beyonce semakin mantap dan mengalami kesuksesan demi kesuksesan dalam setiap rilisannya. Setelah cukup lama vakum, Beyonce baru saja merilis album terbaru bertajuk ‘Renaissance’ pada Juli 2022. 

2. Jackson Wang

Jackson Wang juga menjadi mantan member boyband GOT7 di bawah salah satu agensi kpop terbesar, JYP Entertainment. Jackson adalah talent asal Hong Kong yang menjadi idol di Korea Selatan. Bahkan saat masih aktif di GOT7, Jackson kerap membuat project solo dengan label mandirinya, Team Wang. Album solo pertamanya ‘Mirrors’, pun rilis ketika Ia masih memiliki kontrak dengan JYP. Ia juga kerap melakukan kolaborasi internasional, terutama dengan para talent 88rising seperti Joji dan Stephanie Poetri. Hingga akhirnya Jackson Wang resmi meninggalkan GOT7 dan JYP pada 2021. Ia baru saja merilis album kedua bertajuk ‘Magic Man’, dimana album ini sukses memperdengarkan standar bermusik baru dari Jackson yang semakin mantap sebagai solois di bawah labelnya sendiri. 

3. Sunmi

Sunmi
Sunmi

Sunmi adalah mantan member girlband kpop terkenal pada masanya, Wonder Girls. Girlband terbaik JYP ini akhirnya disband pada 2017. Namun Sunmi masih menjadi bagian dari agensi dan melanjutkan karir sebagai solois. ‘Gashina’ menjadi single debutnya sebagai solois yang langsung memberikan kesuksesan. Tak hanya kesuksesan sesaat, hingga saat ini Sunmi selalu konsisten merilis single terbaru yang berkualitas dengan konsep yang menarik. Salah satu yang terbaik misalnya ‘Noir’ pada 2019 dimana Ia bicara tentang pengaruh media sosial pada mental penggunanya. Baru-baru ini Sunmi merilis single terbaru bertajuk ‘Heart Burn’. 

4. Justin Timberlake

Justin Timberlake merupakan mantan member boyband NSYNC yang populer pada era 90an. Ia pernah menulis lagu bertajuk ‘Gone’ untuk diberikan pada penyanyi legendaris, mendiang Michael Jackson pada 2001. Meski lagunya ditolak (kemudian direkam untuk NSYNC), Michael Jackson menghubungi Justin untuk berbincang-bincang. Melalui pembicaraan tersebut, Justin menyebutkan bahwa hal tersebut menjadi salah satu momen perbincangan yang membuatnya makin mantap bersolo karir. Pada Mei 2022, Justin Timberlake dikabarkan menjual semua katalog musiknya, termasuk hits-nya seperti ‘Cry Me to River’, ‘Sexy Back, hingga ‘Mirror’ pada Hipgnosis, yang diperkirakan dijual seharga 100 juta dollar.

5. CL

CL adalah mantan member girlband besutan YG Entertainment, 2NE1 yang debut pada 2009 silam. Sama seperti Blackpink, 2NE1 juga terbentuk dari empat dara cantik, termasuk CL sebagai salah satu member paling menonjol karena kemampuan rap-nya dan stage presence-nya yang memang kuat. Selama masih menjadi bagian dari girlband-nya, CL juga kerap merilis project solo. Sukses dengan hits ‘The Baddest Female’ dan ‘MTBD’. Ketika masa depan 2NE1 semakin tak jelas karena hiatus, CL tetap aktif sebagai solois dengan terus merilis single ‘Hello Bitches’. Hingga akhirnya 2NE1 disband pada 2016, dan CL keluar dari YG pada 2019. Kini CL terlihat lebih nyaman sebagai solois yang bebas bermusik di panggung internasional. Ia juga baru saja reuni bersama 2NE1 di panggung Coachella 2022 pada April kemarin. 

6. Harry Styles

Harry Styles
Harry Styles

One Direction merupakan boyband Inggris yang fenomenal selama era 2010an. Setiap member kini sudah bersolo karir semenjak 1D disband pada 2016. Harry Styles sendiri sejak awal sudah menjadi member yang paling mencolok dan sadar akan potensinya. Selain Zayn Malik yang memutuskan untuk meninggalkan 1D terlebih dulu. Berbeda dengan member lainnya, Styles memiliki diskografi solo yang lebih menonjol dan mengejutkan pendengar musik, bahkan memikat untuk fans baru. Mulai dari single debutnya ‘Sign of the Times’ yang alternative, hingga track rock bertajuk ‘Kiwi’. Harry Styles juga memperluas karirnya ke rana akting. Ia tampil debut sebagai karakter pendukung di film Christopher Nolan, ‘Dunkirk’. Baru-baru ini, ‘Don’t Worry Darling’ menjadi film terbaru yang fenomenal dimana Ia menjadi bintang utama bersama Florence Pugh. 

7. Camila Cabello

Camila Cabello sebagai mantan member girlband memiliki cerita yang cukup miris. Meski Ia sukses bersama Fifth Harmony, ada rumor bahwa Ia menjadi member yang paling dikucilkan dalam grup oleh member lainnya. Hingga akhirnya Ia memutuskan untuk meninggalkan grup yang membesar namanya tersebut pada 2016 silam. Namun karir bermusik Camila tak lantas mati, Ia telah merilis beberapa single solo populer seperti ‘Havana’ dan ‘Senorita’ yang berkolaborasi dengan mantan kekasihnya, Shawn Mendes. Camila juga telah bermain film musikal, ‘Cinderella’ versi terbaru pada 2021 lalu. 

8. HyunA

HyunA adalah mantan member girlband Wonder Girls, sama dengan Sunmi. Tidak langsung menjadi solois setelah meninggalkan JYP, Ia kembali tergabung dalam girlband 4Minute besutan Cube. Masih membawa keberuntungan dari statusnya sebagai mantan member girlband Wonder Girls, karir HyunA tetap meroket meski kini berada di bawah agensi lain. Hingga akhirnya Ia semakin sukses alam project solo dengan merilis ‘Bubble Pop!’ pada 2011. Pada 2018, Ia akhirnya meninggalkan Cube dan bergabung dengan P Nation miliki Psy (yang terkenal dengan ‘Gangnam Style’). Meski telah pindah agensi berkali-kalinya, HyunA lancar terus bermusik karena memang sudah punya karisma personal sebagai solois. 

9. Chungha

Chungha
Chungha

Chungha merupakan mantan member girlband dari ajang survival idol, Produce 101. Dalam ajang tersebut, Ia mendapatkan peringkat ke-4 dan berhak masuk dalam girlband I.O.I. Sebetulnya, selama berada di grup tersebut, Chungha bukan salah satu member yang mencolok. Bahkan ketika I.O.I disband pada 2017, keinginan Chungha untuk bersolo karir diragukan oleh para penggemar girlband tersebut. Namun buktinya, kini Chungha menjadi mantan member girlband paling terkenal jika dibandingkan dengan mantan member lainnya. Ia semakin terkenal semenjak single ‘Gotta Go’ pada 2019. Chungha juga sempat berkolaborasi dengan rapper Indonesia, Rich Brian dalam single ‘These Nights’. 

10. Kang Daniel

Cukup serupa dengan Chungha, Kang Daniel juga alumni dari Produce 101 yang kini sukses sebagai solois. Namun berbeda dengan Chungha, kesuksesan Kang Daniel terlihat lebih jelas karena Ia menduduki peringkat utama dalam ajang tersebut kemudian menjadi center dari Wanna One. Meski sempat mengalami kesulitan sebelum debut solo karena kasus hukum dengan agensinya, kini Kang Daniel sukses di bawah labelnya sendiri, Konnect Entertainment. Tak hanya eksis sebagai penyanyi, kini Ia juga merambat dunia hosting dan menjadi pembawa acara dalam ajang kompetisi penari profesional Korea di Mnet.

Itu tadi sederet penyanyi mantan member girlband dan boyband yang sukses bersolo karir. Yang mana favorit kalian?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top