Entertainment

10 Rekomendasi Film Adaptasi Stephen King Terbaru dan Terikonik

film adaptasi stephen king_mr. harrigan's phone

Film adaptasi Stephen King merupakan salah satu sajian yang populer di skena film Hollywood sejak era 90an. Bahkan setelah memasuki era modern saat ini, masih banyak judul baru, sekuel, dan remake yang diproduksi dari materi sumber novel King terbaik. Stephen King telah diakui sebagai penulis genre horor yang memiliki ‘genre’-nya sendiri. Selalu ada yang original dan aneh dalam setiap kisah fiktif karangannya, lebih dari sekadar horor dengan tema hantu atau monster jahat yang bisa dijelaskan oleh teori horor yang telah kita pahami.

Film adaptasi Stephen King bisa disutradarai oleh banyak sutradara berbeda, namun kita bisa merasakan vibe horor yang tetap sama. Baik dalam film terbaik maupun yang gagal. Berikut sederet film adaptasi Stephen King yang bisa kalian tonton untuk menemani Oktober ini. 

1. Mr. Harrigan’s Phone (2022)

“Mr. Harrigan’s Phone” merupakan film misteri horor terbaru yang bisa kalian tonton di Netflix. Bercerita tentang persahabatan unik sekaligus menyentuh antara seorang remaja bernama Craig (Jaeden Martell) dan pria tua yang kaya, Tuan Harrigan (Donald Sutherland). Tuan Harrigan mempekerjakan Craig untuk membacakan buku padanya. Berlatar pada awal 2000an, ketika iPhone baru saja populer, Craig memberikan hadiah iPhone pada Tuan Harrigan sebagai hadiah. Namun, ketika Tuan Harrigan meninggal, Craig masih bisa menjalin komunikasi dengan Tuan Harrigan melalui ponsel. Bukan film horor biasa, “Mr. Harrigan’s Phone” menjadi film adaptasi Stephen King yang sentimental, mengajarkan kita untuk tidak terlalu terikat pada hal-hal duniawi. 

2. The Shining (1980)

film adaptasi stephen king_the shining
The Shining

“The Shining” merupakan film adaptasi Stephen King yang paling dibenci oleh penulis novel ini. Namun tetap menjadi salah satu horor klasik favorit banyak penikmat film hingga saat ini. Berbeda dengan Stephen King yang percaya dengan hal supranatural, sutradara Stanley Kubrick tidak percaya Tuhan dan menggunakan pendekatan berbeda dalam mengadaptasi novel horor tersebut menjadi film. Diceritakan Jack Torrance (Jack Nicholson) adalah seorang pria yang mengambil pekerjaan sebagai penjaga Overlook Hotel, yang tutup selama musim dingin. Bersama dengan anak dan istrinya, Ia mengalami fenomena supranatural tidak biasa ketika cuaca semakin memburuk dan udara semakin dingin. 

3. Doctor Sleep (2019)

“Doctor Sleep” menjadi film sekuel dari “The Shining” yang disutradarai oleh Mike Flanagan. Kini anak Jack Torrance, Danny (Ewan McGregor) telah dewasa dan menjadi protagonis dalam kisah ini. Berbeda dengan film pertamanya yang lebih kental dengan genre psychological horror, “Doctor Sleep” baru terasa seperti film adaptasi Stephen King dengan sentuhan fenomena supranatural yang sesungguhnya. Danny masih mengalami trauma semenjak kejadian di Overlook Hotel. Ia pun bertemu dengan gadis remaja yang memiliki karunia seperti dirinya. Ternyata karunia tersebut telah mengundang kuasa jahat, dan Danny berambisi untuk melindungi anak tersebut. 

4. 1922 (2017)

film adaptasi stephen king_1922
1922

“1922” merupakan film horor yang dibalut dengan tema kriminal. Pada musim panas 1922, Wilfred James (Thomas Jane) merencanakan pembunuhan pada istrinya sendiri. Hal tersebut karena pasangan ini memiliki pendapat berbeda tentang masa depan ladang mereka. Sang istri ingin menjualnya dan pindah ke kota, namun Wilfred sudah terlalu nyaman dengan kehidupannya di pinggir kota. “1922” merupakan salah satu film adaptasi Stephen King cukup underrated sebagai Netflix Original. Bisa jadi tontonan horor seru di bulan Oktober bagi kalian yang belum sempat nonton. 

5. Stand by Me (1986)

Sama seperti “Mr. Harrigan’s Phone”, “Stand by Me” merupakan film adaptasi Stephen King klasik bertema persahabatan yang menyentuh. Bercerita tentang petualangan musim panas sekumpulan bocah. Suatu hari mereka mendengar berita, Ray Brower, seorang remaja yang dari pemukiman mereka yang dikabarkan meninggal tertabrak kereta namun jenazahnya belum ditemukan. Mereka pun sepakat melakukan perjalanan untuk menemukan jenazah ay Brower, menjadi pahlawan dan masuk dalam berita lokal. Hingga akhirnya mereka mendapatkan pengalaman yang lebih berharga tentang persahabatan dalam perjalanan mereka dan mengubah akhir petualangan mereka. 

6. Gerald’s Game (2017)

“Gerald’s Game” juga menjadi film adaptasi Stephen King yang sutradarai oleh Mike Flanagan. Film adaptasi satu ini bergenre horor thriller dengan sentuhan psychological suspense. Ketika sepasang suami istri mengalami krisis dalam berumah tangga, keduanya menghabiskan waktu di rumah liburan mereka. Karena hendak melakukan hal spesial, sang suami (Bruce Greenwood) menyuruh semua pembantu dan pelayan khusus untuk mengosongkan hunian tersebut. Namun, ketika hal tak diduga terjadi, Jessie (Carla Gugino) harus terjebak dalam keadaan terborgol di ranjang selama akhir pekan. 

7. Pet Sematary (2019)

Siapa yang tidak sedih ketika kehilangan hewan peliharaan? Dr. Louis Creed (Jason Clarke) adalah seorang ayah yang baru saja pindah ke suatu pemukiman baru bersama keluarganya. Ketika peliharaan kucing mereka meninggal, Louis menemukan tanah sakral di belakang rumah mereka yang mampu memberikan keajaiban. Namun, ketika hal sangat buruk terjadi pada keluarga Louis, Ia memanfaatkan keajaiban tersebut dengan tidak bijak. “Pet Sematary” termasuk film horor dengan plot klasik yang cukup seru untuk ditonton. 

8. Carrie (2013)

Carrie
Carrie

“Carrie” merupakan cerita yang ditulis oleh Stephen King tentang remaja perempuan yang memiliki kekuatan super. Namun, lingkungan sekolah yang merundung dirinya dan didikan orang tua yang salah membawa Carrie ke arah yang salah dalam memanfaatkan kekuatannya. “Carrie” menjadi film adaptasi Stephen King untuk pertama kalinya pada 1976, yang diklaim sebagai versi klasik terbaik, dibintangi oleh Sissy Spacek. Sementara versi remake-nya pada 2013 dibintangi oleh Chloe Grace Moretz. 

9. The Dark Tower (2017)

Tidak semua film adaptasi Stephen King selalu horor, ada yang bergenre drama dan juga laga fantasi seperti “The Dark Tower”. Film adaptasi ini dibintangi oleh Idris Elba, Matthew McConaughey, dan Tom Taylor. Seorang bocah 11 tahun bertemu dengan Gunslinger terakhir di Mid-World, ketika Ia memiliki misi untuk memburu Man in Black. Ia hendak balas dendam akan kematian ayahnya dan menghentikan pria tersebut untuk menghancurkan Dark Tower. “The Dark Tower” bisa ditonton di Netflix. 

10. Cell (2016)

“Cell” merupakan cerita horor survival dari koleksi Stephen King. Konsepnya kurang lebih sebetulnya sama dengan film-film zombie, namun dengan ide original King pastinya. Clayton (John Cusack) adalah seorang seniman yang tidak menggunakan ponsel. Suatu hari, pandemi instan terjadi ketika sinyal ponsel membuat setiap penggunanya menjadi orang gila yang tidak terkontrol dan memiliki kecenderungan menyerang dan membunuh manusia lainnya. Karena tidak terpapar oleh sinyal ponsel, Clayton bertahan hidup dan berusaha menghubungi anaknya untuk memastikan bahwa Ia baik-baik saja. 

Itu tadi sederet film adaptasi Stephen King terbaik dan terikonik yang patut kalian tonton. Bulan Oktober identik dengan horror marathon, kalian bisa menonton film-film ini di streaming platform.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top