Entertainment

10 Rekomendasi Film Biopik Hollywood Terkini

10 Rekomendasi Film Biopik Hollywood Terkini
Biopic (kependekan dari "biographical picture") adalah jenis film yang menceritakan kisah hidup seorang non-fiksi, orang yang nyata.

Film biopik masih menjadi salah satu komoditi film yang populer di Hollywood. Mengangkat kisah tokoh bersejarah, kriminal kelas kakap, hingga publik figur ikonik di industri hiburan. Menonton kisah hidup publik figur bisa menjadi momen seru belajar sejarah atau mengenal publik figur dengan cara yang lebih menarik. Terkadang ada pelajaran dan inspirasi hidup yang bisa kita petik. Menikmati film biopik sebagai seni film yang artistik kini juga semakin populer. Dimana film dengan konsep biopik tak didramatisir sesuai dengan persepsi sutradara dan penulis naskahnya. Ada banyak film tentang publik figur terbaru maupun yang akan datang. Berikut 10 film Biopik Hollywood terkini:

1. Tick, Tick…BOOM!

“Tick, Tick…BOOM!” merupakan film musikal Netflix Original. Dalam film ini, Andrew Garfield memerankan Jonathan Larson, sutradara teater musikal yang harus pergi terlalu dini. Buat kalian yang familiar dengan “Rent”, pertunjukan Broadway tersebut merupakan satu-satunya judul yang populer dari Jonathan Larson. Film musikal yang disutradarai oleh Lin-Manuel  Miranda ini diangkat dari pertunjukan autobiografi oleh Jonathan Larson bertajuk sama. Dimana Larson curhat tentang dirinya yang hendak menginjak usia 30 tahun dan merasa harus meraih pencapaian besar dalam hidupnya. Namun, kehidupan tidak mudah untuk sutradara teater yang juga bekerja sebagai waitress di restoran. 

2. House of Gucci

Siapa yang tak familiar dengan Gucci? Brand fashion terbesar yang masih eksis hingga saat ini. Dibalik kesuksesan rumah mode tersebut, sempat ada drama keluarga besar melibatkan sosok Patrizia Reggiani yang perankan oleh Lady Gaga. Reggiani awalnya hanya wanita sederhana yang masuk dalam keluarga Gucci melalui pernikahan. Hingga akhirnya berada di dunia yang baru membuatnya menjadi wanita yang ambisius. Membuatnya masuk dalam sekuen pengkhianatan, balas dendam, hingga skenario terburuk, pembunuhan. 

3. Elvis

Film Elvis

Yang masih hangat dan sempat trending di bioskop setempat, “Elvis” merupakan film biopik dari mendiang Elvis Presley. “Elvis” disutradarai oleh Baz Luhrmann dan dibintangi oleh aktor Austin Butler. Film ini hendak memotret perjalanan karir Elvis Presley sebagai penyanyi populer melalui perspektif manajernya, Colonel Tom Parker yang dibintangi oleh Tom Hanks. Tak hanya mengekspos kejayaan dan sisi buruk dalam kehidupan idola legendaris ini, “Elvis” juga menyajikan berbagai adegan musikal yang semarak dan seru untuk disaksikan.

4. The Trial of the Chicago 7

Pada 1968, terjadi aksi protes anti perang yang dilakukan oleh banyak ormas di Amerika Serikat, bersamaan dengan Konferensi Demokrasi Nasional di Chicago. Protes yang berakhir ricuh tersebut akhirnya membuat sekelompok pemimpin ormas yang dijuluki Chicago Seven harus diadili di meja hijau. “The Trial of Chicago 7” termasuk film biopik dengan genre legal drama. Film dengan latar persidangan ini memiliki narasi yang tidak membosankan, dinamis, dan heroik mengkampanyekan seruan anti perang. 

5. King Richard

King Richard

“King Richard” menjadi film Biopik yang membawa aktor Will Smith pada piala Oscar pertamanya, dimana Ia berperan sebagai Richard Williams. Richard adalah sosok ayah sekaligus pelatih yang berjasa di balik nama besar petenis Venus Williams dan Serena Williams. Kisah lebih fokus pada manajemen Richard untuk mempersiapkan masa depan kedua putrinya. Mulai dari sekuen berlatih, mencari sponsor, hingga membimbing keduanya untuk tetap menjadi remaja yang tumbuh sebagai atlet yang sehat secara fisik maupun mental. 

6. The Eyes of Tammy Faye

Aktris Jessica Chastain meraih piala Oscar pertama sebagai Best Actress setelah sukses berperan sebagai Tammy Faye. Tammy Faye adalah seorang pendeta yang populer pada era kebangkitan berceramah di televisi di Amerika pada era 70an. Memiliki motivasi religius pada awal misinya, Tammy Faye dan suami, Jim Baker terbuai dengan kemewahan dan ketenaran. Membuat misi mulia mereka berubah menjadi skandal besar yang menjadi akhir dari ‘kerajaan’ evangelist mereka.  

7. Mank

“Mank” merupakan film biopik tentang penulis naskah pada masa great depression di Amerika, Herman J. Mankiewicz. Di tengah kekacauan situasi politik dan ekonomi yang mempengaruhi kesejahteraan industri film Hollywood, Herman terinspirasi untuk menulis naskah film “Citizen Kane” (1941). Akto Gary Oldman berperan sebagai Herman J. Mankiewicz dalam film ini. “Mank” merupakan film hitam-putih modern arahan David Fincher. Naskah film ini adalah ‘warisan’ dari sang ayah, Jack Fincher yang Ia kemudian kembangkan lagi.

8. Dolemite is My Name

“Dolemite is My Name” merupakan film biopik dari komedian Amerika kulit hitam, Rudy Ray Moore yang diperankan oleh Eddie Murphy. Pada era 60an di Amerika, isu rasisme membuat masyarakat terpisah dalam berbagai golongan, dimana mayoritas lebih berpihak pada orang-orang kaukasia. Bahkan hiburan seperti film, musik, dan stand-up komedi untuk masyarakat kulit hitam juga sangat terbatas. Rudy Ray Moore memiliki ambisi yang besar untuk membangun rumah produksinya sendiri, dimana Ia bisa menyuguhkan lebih banyak hiburan khususnya dalam genre komedi yang lebih relevan dengan masyarakat kulit hitam. 

9. Spencer

Spencer

“Spencer” merupakan film biografi dari mantan anggota kerajaan Inggris paling fenomenal, Diana Spencer atau lebih dikenal dengan Lady Diana. “Spencer” menjadi skenario fiksi hasil pemahaman sutradara Pablo Larrain setelah mengetahui kehidupan seperti apa yang harus dijalani oleh Diana Spencer setelah menikah dengan Pangeran Charles. Berbeda dengan biografi Diana yang sudah terlalu banyak diangkat, film ini menyajikan skenario berbeda yang lebih emosional dan dramatis. Berhasil menangkap kesepian, perasaan terisolasi, dan terkekang yang dialami Diana hanya dalam tiga hari liburan natal di Norfolk. 

10. Blonde

Setelah promosi yang cukup ramai beberapa bulan belakangan, “Blonde” tak lama lagi sudah bisa ditonton di Netflix. Film ini dibintangi oleh Ana de Armas sebagai Norma Jeane alias Marilyn Monroe. “Blonde” sendiri merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Joyce Carol Oates, terbit pada 2000. Disebutkan bahwa novel tersebut memiliki unsur fiksi dalam menceritakan kisah hidup Marilyn Monroe sebagai aktris paling ikonik, baik melalui karyanya maupun skandal dalam kehidupan peribadinya. Menimbulkan ekspektasi akan eksekusi film biopik-fiksi seperti “Spencer”. “Blonde” akan tayang di Netflix pada 28 September mendatang. 

Upcoming: Oppenheimer

“Oppenheimer” adalah film biopik yang sedang dikerjakan oleh sutradara papan atas, Christopher Nolan. J. Robert Oppenheimer adalah seorang ahli fisika yang terkenal sebagai ‘bapak bom atom’. Ia memiliki peran besar dalam mengembangkan senjata nuklir di Amerika pada Perang Dunia II. Cillian Murphy yang terkenal melalui “Peaky Blinder” berperan sebagai Robert Oppenheimer dalam film ini. Film ini juga bertabur bintang terkena lainnya, mulai dari Robert Downey Jr. Florence Pugh, Jack Quaid (The Boys), Emily Blunt, dan Matt Damon. “Oppenheimer” direncanakan rilis pada 21 Juli 2023. 

Itulah sederet film biopik Hollywood terbaru yang sudah rilis dan yang masih akan datang. Kebanyakan dari film di atas sudah bisa kita tonton di streaming platform!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top