Entertainment

10 Rekomendasi Serial Adaptasi True-Crime yang Bikin Merinding

serial-adaptasi-true-crime_dahmer.webp

Serial adaptasi true-crime merupakan tontonan yang sangat populer beberapa tahun belakangan dan belum menunjukan surutnya trend ini. Belakangan masih banyak rilisan baru dari genre ni terutama di berbagai streaming platform. Tak hanya serial, ada juga dalam format film maupun dokumenter. Semuanya sama-sama populer selama mengangkat adaptasi true-crime. Semakin kontroversial dan sadis, semakin laris di pasaran. Sebetulnya cukup mengerikan juga bahwa genre adaptasi true-crime kini telah berubah menjadi ‘hiburan’ bagi kita semua. 

Menonton serial adaptasi true-crime mungkin digemari sebagai bahan pembelajaran dari pengalaman orang lain. Agar kita bisa makin waspada dan berhati-hati dalam menjalani kehidupan. Serial adaptasi true-crime berikut ini adalah tonton non-documentary. Jadi ada aktor yang akan memerankan para kriminal yang menjadi protagonis dalam kisahnya. Berikut beberapa rekomendasi serial adaptasi true-crime yang patut ditonton. 

1. Monster: The Jeffrey Dahmer Story 

Salah satu yang paling trending baru-baru ini adalah “Monster: The Jeffrey Dahmer Story” yang dibintangi oleh Evan Peters. Netflix Original adaptasi true-crime ini mengangkat kisah Jeffrey Dahmer yang juga dijuluki sebagai Milwaukee Cannibal atau Milwaukee Monster. Ia adalah seorang pembunuh berantai yang melancarkan aksi pada tujuh belas pria dan laki-laki muda pada 1978 dan 1991. Serial Netflix ini menceritakan dari perspektif saksi mata dan korban dari Jeffrey Dahmer. 

2. Unbelievable

“Unbelievable” juga menjadi serial adaptasi true-crime yang bisa di-streaming di Netflix. Serial true-crime ini dibintangi oleh Merritt Wever dan Toni Collette sebagai detektif wanita yang memiliki ambisi besar untuk menangkap predator yang melecehkan banyak perempuan dari berbagai umur di Amerika. Kasus pelecehan pada wanita kerap menjadi salah satu bentuk kriminal yang sulit dibuktikan kebenarannya. “Unbelievable” diangkat dari kisah perempuan 18 tahun di Washington yang menjadi korban dan sempat mengalami kesulitan untuk mendapat keadilan. 

3. Investing Anna 

“Investing Anna” dibintangi oleh aktris Julia Garner sebagai Anna Delvey. Anna sempat menjadi sorotan media setelah diketahui melakukan penipuan dalam skala besar. Ia berlagak seperti influencer kaya di Instagram. Dengan status palsunya, Ia berhasil mencuri hati banyak orang dengan muslihat kharismanya. Kemudian merenggut keuntungan materi di kalangan elitis New York. “Investing Anna” menjadi serial adaptasi true-crime yang diceritakan melalui sudut pandang seorang jurnalis investigasi. 

4. The Dropout

serial adaptasi true-crime_the dropout
The Dropout

“The Dropout” juga menjadi true-crime dengan jenis penipuan dalam skala besar, yang satu ini bahkan bukan main-main. Elizabeth Holmes adalah perempuan yang dibekali kecerdasan dan memiliki ambisi yang besar sebagai seorang penemu, Steve Jobs adalah idolanya. Ia pun putus kuliah dan memutuskan untuk mengembangkan penemuaannya. Ia mengklaim telah menemukan teknologi untuk diagnosis penyakit yang hanya membutuhkan satu tetes darah saja dari pasiennya.

Holmes bahkan sudah sempat tampil di televisi dan majalah sebagai salah satu penemu inspiratif, hingga akhirnya kedoknya terungkap. Serial ini juga bisa jadi pelajaran, bahwa anggapan penemu sukses yang putus kuliah tidak selalu berakhir sebagai orang sukses tanpa mawas diri terlebih dahulu. 

“The Dropout” dibintangi oleh Amanda Seyfried bisa ditonton di Disney+ Hotstar. “The Dropout” sempat masuk dalam nominasi Emmy Awards 2022, dimana Amanda Seyfried memenangkan penghargaan Best Actress. 

5. The Serpent

Charles Sobhraj adalah pembunuh berantai para travel di lokasi-lokasi yang disebut sebagai ‘Hippie Trail’ di Asia pada 1975 dan 1976. Bersama dengan kekasihnya, Marie-Andree Leclerc, Ia menjalankan aksi kriminal dengan modus merampok dan mencuri identitas. Mereka kerap mengaku sebagai dealer batu permata, memberikan tempat singgah pada turis yang mudah dikelabui. Kita juga akan melihat perkembangan kasus ini melalui perspektif diplomat Belanda. Ia menjadi orang pertama yang memperhatikan adanya kejanggalan akan banyaknya touris yang menghilang melalui laporan keluarga. 

Nonton “The Serpent” di Netflix mungkin bisa jadi pelajaran buat kita yang hobi travelling ala backpacker ke luar negeri. Agar lebih waspada dan tidak mudah-mudah percaya pada orang yang memberikan akomodasi secara cuma-cuma. 

6. Candy

“Candy” adalah serial adaptasi true-crime yang dibintangi oleh Jessica Biel sebagai Candy Montgomery. Berlatar pada 1980an, Candy adalah seorang ibu rumah tangga yang melakukan tugasnya dengan baik dan memiliki segalanya; suami yang baik, dua anak, serta rencana sempurna dalam menyembunyikan pelanggaran yang telah Ia lakukan. Apa yang mampu membuat seorang ibu rumah tangga ‘normal’ menjadi tersangka pembunuhan temannya sendiri, Betty Gore dengan kapak? “Candy” juga menjadi salah satu serial limited yang masuk dalam nominasi Emmy Awards 2022. “Candy” bisa ditonton di Disney+ Hotstar. 

7. Under the Banner of Heaven

under the banner of heaven
Under the Banner of Heaven

“Under the Banner of Heaven” juga serial adaptasi true-crime yang bisa di-streaming di Disney+ Hotstar. Serial ini dibintangi oleh Andrew Garfield, Daisy Edgar-Jones, dan Gil Birmingham. Serial ini diadaptasi dari kasus pembunuhan sungguhan pada Brenda Lafferty dan bayinya oleh sekelompok penganut agama dengan prinsip yang melenceng pada 1980an. Dalam serial ini, kita akan melihat perspektif  Detektif Jep Pyre. Ia adalah anggota dari gereja LDS, dan kasus ini melibatkan orang-orang dari LDS sebagai pembunuh, Jeb Prye pun mengalami krisis iman selama bertugas untuk mengungkap kasus ini. “Under the Banner of Heaven” juga menjadi salah satu serial tahun ini yang masuk Emmy Awards.  

8. The Act

Dee Dee Blanchard sangat posesif dengan putrinya, Gypsy. Sementara Gypsy menyadari bahwa Ia berada dalam hubungan ibu-anak yang toxic dan berusaha untuk kabur. Namun usahanya justru membuatnya terjatuh pada lingkaran kriminal lainnya. Kisah Gypsy pun diangkat sebagai serial adaptasi true-crime di Hulu. Dibintangi oleh Joe King dan Patricia Arquette. Kisah Gypsy dan ibunya juga sebelumnya telah diangkat dalam dokumenter HBO, “Mommy Dead and Dearest”. Cerita kriminal ini sempat viral pada 2015 melalui article BuzzFeed. 

9. Clark 

stockhlom syndrome_clark
Clark

Siapa yang tidak kenal dengan istilah Stockholm syndrome? Situasi dimana seorang sandera jatuh hati atau merasakan simpati pada penyekapnya. Istilah ini muncul semenjak perampokan dan penyanderaan besar di Stockholm oleh kriminal kharismatik, Clark Olofsson. Buat yang penasaran dengan bagaimana detailnya kasus kriminal fenomenal tersebut, bisa nonton “Clark” di Netflix yang dibintangi oleh Bill Skarsgard dalam 6 episode saja. Serial satu ini diambil dari sudur perspektif Clark dari masa kecilnya hingga dirinya yang terlibat dalam aksi perampokan terbesarnya.

10. The Girl From Plainville

“The Girl From Plainville” merupakan serial adaptasi true-crime sepanjang 8 episode yang dibintangi oleh Elle Fanning. Diangkat dari kisah perempuan 17 tahun, Michelle Carter yang memiliki hubungan dengan Conrad Roy III yang diduga melakukan bunuh diri. Namun, seiring berjalanya investigasi, Michelle ternyata memiliki peran besar dalam meninggalnya Conrad. Serial ini tersedia untuk di-streaming di Hulu. 

Itu tadi berbagai rekomendasi serial adaptasi true-crime yang bisa kita tonton di berbagai streaming platform. Kalau menurut kalian menonton serial adaptasi true-crime apa benar-benar ada manfaatnya, atau hanya ‘hiburan’?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top