Entertainment

2 Ajang ‘Comic Con’ Bakal Digelar di Indonesia

Ajang ‘Comic Con’ Bakal Digelar di Indonesia

Comic Con adalah konvensi multigenre, pertemuan penggemar film dan komik. Konvesi yang paling terkenal adalah San Diego Comic Con dan New York Comic Con. Tahun ini, Comic Con juga diadakan di Indonesia, bukan cuma satu, tapi 2 agenda Comic Con sudah dipersiapkan!

1. Jakarta Comic Con (25-27 September 2015)
Jakarta Comic Con siap digelar di ibukota pada tanggal 25, 26 dan 27 September mendatang. Konvesi tersebut membawakan cita rasa utama dari Hollywood Comic Con kepada semua penggemar budaya pop di Indonesia untuk pertama kalinya. Jakarta Comic Con akan dipadati oleh banyak aktivitas, seperti pameran-pameran keren dari beragam studio film dan kanal TV terkemuka, bintang-bintang Hollywood, kompetisi cosplay, panel diskusi, cendera mata langka dan mainan, permainan, buku komik dan banyak lainnya.

Dalam fanpage resminya, Ong-ard Prapakamol, Managing Director penyelenggara Jakarta Comic Con BEC-Tero TrueVisions mengatakan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar bagi industri film dan animasi.

“Jakarta Comic Con akan menjadi acara luar biasa yang tidak boleh dilewatkan oleh semua penggemar film, TV, kartun dan komik. Kami akan mengumumkan lebih lanjut apa saja yang bisa disaksikan di Jakarta Comic Con pada hari-hari menjelang acara,” lanjutnya.

HBO, FOX International Channels, UIP, Paramount, the Star Wars 501st Legion, Universal Channel, Syfy Channel, Soraya Intercine Films, Starvision dan Renee Pictures telah menyatakan kesediaan mereka untuk berpartisipasi dalam acara pameran menarik yang akan digelar di Jakarta Comic Con 2015 dan akan ada lebih banyak lagi calon peserta pameran yang akan diumumkan di minggu-minggu mendatang.

Acara unggulan dari Jakarta Comic Con adalah kunjungan pertama ke Indonesia dari artis Kelly Hu, artis dari serial TV terkenal Arrow dan The Vampire Diaries, serta film terkenal X-Men 2. Kelly akan hadir setiap hari di Jakarta Comic Con, dan para penggemar akan mendapat kesempatan untuk foto bersama, mendapat tanda tangan dan menyaksikan interview eksklusif di panggung utama Jakarta Comic Con.

Satu lagi yang pertama di Indonesia adalah pameran HBO untuk para penggemar serial TV Game of Thrones. Para penggemar dapat merasakan suasana dalam serial TV ini secara langsung, serta suasana untuk serial TV baru HBO Halfworlds, termasuk kehadiran dari pemain dan sutradara Joko Anwar. Sementara itu, FOX International Channels akan memamerkan peluncuran dari serial TV The Walking Dead Season 6 dengan menghadirkan kenikmatan unik dari The Walking Dead café, ditambah dengan atraksi zombie dan kegiatan foto bersama.

Jakarta Comic Con akan digelar pada tanggal 25, 26 dan 27 September di Hall C3 – Jakarta International Expo, Kemayoran. Tiket akan segera tersedia di pintu masuk acara dengan harga jual sebesar Rp 80,000 (belum termasuk pajak dan biaya admin).

2. Indonesia Comic-Con (14-15 November)
Indonesia Comic Con (ICC) digadang gadang sebagai tempat bernaung bagi berbagai macam fandom. Temukan aneka merchandise, mainan, anime, video games, film, serial televisi, manga, dan masih banyak lagi untuk memanjakan para pengunjung selama ICC berlangsung. Penyelenggaranya, ReedPOP merupakan penyelenggara acara budaya populer terbesar dunia, termasuk New York Comic Con (NYCC), yang merupakan salah satu acara budaya populer terbesar di Amerika Serikat dengan jumlah pengunjung yang mencapai 151.000 selama 2014. ICC akan menjadi perayaan budaya populer kelas dunia bagi para kolektor mainan, fans berat AniManga, pecandu film, penikmat seni populer, atau bahkan bagi yang hanya sekadar penasaran terhadap kencangnya arus budaya populer di Indonesia. ICC sudah menyiapkan ‘paket komplit’ untuk merayakan budaya populer di Jakarta Convention Center selama 14-15 November mendatang

Mengusung ‘We are Pop Culture’ sebagai tema utama perayaan kali ini, Indonesia Comic Con telah menyiapkan berbagai aktifitas budaya populer seperti sesi panel, pameran, pertunjukan live, dan kejuaraan Cosplay. Informasi lebih lanjut mengenai kejuaraan Cosplay akan diumumkan pada waktu yang akan datang.

Untuk memulai kegembiraan acara ini, ICC mengumumkan sejumlah tokoh budaya populer dari Barat maupun Timur yang akan hadir selama ICC untuk menyambut para pecinta budaya populer di Indonesia selama 14-15 November. Masih banyak lagi tokoh budaya populer yang akan hadir di ICC 2015, informasi terkait akan diumumkan kembali.

Saksikan pertunjukan terkeren dalam bentuk street art, karya sekumpulan street artists terkenal, yakni Secret Walls. Selama hampir sepuluh tahun, Secret Walls menyajikan live illustration battles yang tak tertandingi sejak 2006. Komunitas seni global ini sering disebut pula dengan fight club-nya seni. Ilustrasi mereka banyak terpengaruh oleh Marvel Comics dan grafiti. Siapkan dirimu karena mereka akan membawa kompetisi ilustrasistreet art secara live ke Indonesia di ICC 2015!

Tidak kalah dengan Jakarta Comic Con, ada beberapa guest star juga di ICC. Cosplayer profesional dari Amerika Serikat, Nicole Marie Jean, akan membagikan semangat kreativitas dan teknik cosplay miliknya kepada para fans di Indonesia Comic Con 2015. Selama tiga tahun terakhir, Nicole telah membuat setidaknya 80 kostum yang terinspirasi dari karakter-karakter favoritnya, baik dari komik, film, buku, video games, serta yang sebentar lagi menyusul, anime. Nicole akan datang ke Indonesia untuk pertama kalinya melalui Indonesia Comic Con 2015

Juga ada David Mack yang siap untuk menunjukkan kemampuannya dalam karya dark-fantasy kepada para fans yang hadir pada Indonesia Comic Con 2015. Ia merupakan penulis best seller New York Times, sekaligus seniman novel grafis Kabuki. Selain itu, Ia juga penulis dan ilustrator Daredevil dari Marvel Comics, termasuk Daredevil: End of Days yang baru saja debut dalam versi hard cover dan menjadi nomor 1 pada daftar New York Times Best Sellers.

Turut hadir Simone Legno, ilustrator terlatih, sekaligus pencipta merk tokidoki. Legno berasal dari Roma, Italia. Di sana, Ia mengerjakan proyek-proyek desain bagi perusahaan-perusahaan ternama seperti Volkswagen, MTD, dan Microsoft. Kecintaannya pada budaya Jepang menjadi sumber inspirasi bagi penciptaan dunia tokidoki. Sejak 2004, Legno pindah ke Los Angeles dan mengembangkan tokidoki sebagai merk yang identik dengan pakaian, seni, dan gaya hidup. tokidoki, sebuah kata dalam bahasa Jepang yang berarti terkadang, telah menjadi fenomena melalui vinyl toys, art-skateboards, iSkins, perhiasan, jam tangan, pakaian olahraga, aksesoris, sepatu, dan alat tulis.

Tiket pre-sale ICC 2015 dapat dibeli secara online seharga Rp 65.000 melalui Kiostix dan Travelicious. Selain itu, tiket juga bisa didapatkan melalui kios-kios Panorama Tour, Kiostix, dan Indomaret mulai Senin, 24 Agustus 2015.

(Sumber: FanPage Jakarta Comic Con dan Indonesia Comic Con)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top