Entertainment

6 Fakta Kasus Medina Zein yang Kini Jadi Tersangka Dugaan Pencemaran Nama Baik

6 Fakta Kasus Medina Zein yang Kini Jadi Tersangka Dugaan Pencemaran Nama Baik

Medina Zein telah dijadikan tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik atas laporan Marissya Icha, yang dibuat di Polda Metro Jaya pada 5 September 2021 lalu.

Ditetapkannya Medina Zein sebagai tersangka diungkap oleh Ahmad Ramzy yang merupakan kuasa hukum Marissya Icha, usai mendapat Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP) dari polisi.

“Alhamdulillah, hari ini laporan polisi yang kita buat pada tanggal 5 September sudah dinaikkan status terlapor atas nama MS alias MZ dari saksi terlapor jadi tersangka,” ujar Ramzy mengutip dari channel YouTube Sambel Lalap, Rabu (5/1/2022).

Lalu, lanjut Ramzy, penyidik sudah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Medina Zein sebagai tersangka. Agenda pemeriksaan yakni pada 10 Januari 2022.

“Ke depan aka nada pemanggilan pada tersangka,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, penyidik sudah mendapatkan dua alat bukti awal untuk menetapkan Medina Zein jadi tersangka.

Berikut beberapa fakta soal penetapan Medina Zein sebagai tersangka yang dihimpun LoperOnline.

Dilaporkan Oleh Marissya Icha Atas Tuduhan Pencemaran Nama Baik

Medina Zein menjadi tersangka dalam kasus pencemaran nama baik terkait laporan Marissya Icha pada September 2021 lalu.

Lihat Juga: Roy Suryo Laporkan Eko Kunthadi-Mazdjo Pray Atas Pencemaran Nama Baik

Kabar itu disampaikan oleh kuasa hukum Marissya Icha, Ahmad Ramzy, usai mendapatkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) dari polisi.

“Alhamdulillah, hari ini laporan polisi yang kita buat pada tanggal 5 September sudah dinaikkan status terlapor atas nama MS alias MZ dari saksi terlapor jadi tersangka,” ujar Ramzy mengutip dari channel YouTube Sambel Lalap, Rabu (5/1/2022).

Penyidik Jadwalkan Pemanggilan

Ramzy mengatakan, penyidik telah mengagendakan pemeriksaan terhadap Medina sebagai tersangka. Jadwal pemeriksaan pada 10 Januari 2022.

“Ke depan akan ada pemanggilan terhadap tersangka,” kata dia.

Medina Zein Terancam Hukuman 4 Tahun Penjara

Atas tuduhan tersebut, ujar Ahmad Ramzy, Media dikenai Pasal 310 dan 311 KUHP dan Pasal 27 Ayat 3 UU RI No 19 Tahun 2016 terkait ITE.

“Ancaman hukuman saat ini empat tahun,” terang Ramzy.

Lihat Juga: Merasa Difitnah, Hary Tanoe Polisikan Jaksa Agung

Polisi Telah Kantongi Dua Alat Bukti

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, penyidik sudah mengumpulkan dua alat bukti awal untuk menetapkan Medina Zein menjadi tersangka.

“Hari ini Polda Metro Jaya sudah menetapkan Medina Zein jadi tersangka terkait dengan pencemaran nama baik,” ucap Zulpan di Polda Metro Jaya, Rabu (5/1/2022).

Mediasi Medina Zein dan Marissya Icha Buntu

Zulpan menjelaskan, penyidik sebenarnya telah memfasilitasi Marissya Icha dan Medina Zein untuk mediasi.

Seperti arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lewat surat telegram nomor ST/339/II/RES.1.1.1./2021 tertanggal 22 Februari 2021 soal pedoman penanganan hukum kejahatan siber yakni pencemaran nama baik, fitnah atau penghinaan.

Namun proses media tersebut tidak ada titik temu sehingga perkara ini berlanjut ke proses penyidikan.

“Telah dilakukan upaya mediasi terhadap mereka namun ternyata tak ada jalan perdamaian di situ jadi kasus berlanjut hingga hari ini penyidik menetapkan Medina Zein sebagai tersangka,” tutur Zulpan.

Lihat Juga: Said Didu Dilaporkan Ke Polisi Oleh Luhut Binsar Pandjaitan

Penahan Masih Belum Dipastikan

Zulpan mengatakan, Medina dijerat Pasal 310 KUHP dan 311 KUHP dan atau Pasal 27 ayat 3 UU RI No 19 Tahun 2016 perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 mengenai ITE.

Terkait hal tersebut, Zulpan belum dapat menjelaskan lebih lanjut apakah Medina Zein akan dimasukkan ke dalam penjara.

“Nanti kita lihat,” jawab Zulpan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top