Entertainment

6 Fakta Tentang Serial Terbaru The Watcher di Netflix, Diangkat dari Kisah Nyata!

the watcher_broaddus

“The Watcher” merupakan serial horor thriller terbaru di Netflix. Banyak serial di Netflix belakangan ini diangkat dari kisah nyata mengerikan, seperti yang masih terasa segara hype-nya, “Dahmer – Monster: The Jeffrey Dahmer Story”. “The Watcher” juga menjadi serial adaptasi kisah nyata terbaru. Namun yang membuat serial kali ini lebih mengerikan dan hampir sulit dipercaya adalah karena kasusnya tidak terpecahkan. 

Dikisahkan keluarga muda pindah ke rumah impian mereka di pemukiman elit di New Jersey. Namun, tak lama setelah pindah mereka menerima surat teror bahwa keluarga tersebut akan diintai oleh kelompok misterius yang terobsesi dengan hunian tersebut. 

Serial ini diangkat dari artikel yang terbit di New York Magazine pada 2018 silam bertajuk, “The Haunting of a Dream House”. Artikel tersebut memuat kisah keluarga Broaddus yang mulai menerima surat kaleng dengan ancaman dan detail mengerikan tentang anak-anak pasangan tersebut dan hunian mereka. Kasus ini juga sempat ditangani oleh investigator pribadi dan kepolisian setempat. Apa saja yang sesuai dengan materi sumber dan elemen yang dimodifikasi dalam serial “The Watcher”? Berikut beberapa fakta tentang kisah nyata keluarga yang diteror di rumah baru mereka. 

1. Seberapa Akurat “The Watcher” dengan Kejadian Nyata? 

Ryan Murphy mengembangkan serial “The Watcher” dengan kebebasan dalam memodifikasinya. Agar serial lebih dramatis, tetap menegangkan, namun tidak ingin terlalu jauh dari materi sumbernya. Karena teror yang dialami oleh keluarga Broaddus benar-benar mimpi buruk yang nyata. Plot dimana ada sosok misterius yang menyebut diri mereka sebagai ‘the watcher’ adalah nyata. Sosok misterius ini juga mencantumkan dalam surat kaleng mereka bahwa mereka memiliki obsesi spesial untuk memperhatikan keluarga manapun yang tinggal di 657 Boulevard. 

2. Keluarga Asli yang Menjadi Referensi dalam Serial “The Watcher”

Pada 2014, Derek dan Maria Broaddus memutuskan untuk membeli rumah impian mereka di Westfield, New Jersey seharga 1,3 juta USD. Dimana mereka memiliki impian untuk membesarkan anak-anak mereka diluingkungan yang nyaman dan aman. Derek adalah wakil presdir dari perusaaan asuransi di Manhattan, memilikiambisi besar untuk keluarga bisa hidup di pemukiman elit. Sementara Maria sang istri tumbuh besar di Westfield, jadi Ia sangat bersemangat untuk tinggal di dekat keluarganya kembali. 

Namun, setelah keluarga Broaddus resmi membeli rumah tersebut, mereka mulai menerima surat ancaman bahkan sebelum benar-benar pindah. Derek yang langsung berusaha untuk melaporkan kejadian tersebut mengaku investigasinya tidak pernah berujung. 

3. Syarat Khusus yang Diminta Keluarga Broaddus untuk Serial “The Watcher”

the watcher
Bobby Cannavale sebagai Dean Brannock dalam The Watcher

Meski “The Watcher” memang berdasarkan kisah nyata keluarga Broaddus, mereka memberikan syarat khusus pada Netflix. Merek meminta agar serial tidak menggunakan nama asli mereka. Begitu juga dengan aktor yang di-cast harus jauh berbeda dari penampilan asli mereka. Dalam serial “The Watcher”, kita akan mengikuti kisah keluarga fiksi, Nora Brannock yang diperankan oleh Naomi Watts dan Dean Brannock diperankan oleh Bobby Cannavale. Mereka memiliki dua anak, Ellie Brannock (Isabel Gravitt) dan Carter Brannock (Luke David Blumm).  

Diceritakan Dean juga memiliki ambisi yang sama dengan Derek Broaddus, ingin pindah ke Westfield untuk membesarkan anak mereka. Dean adalah pekerja kantoran yang rela mengajukan pinjaman demi membeli hunian di Westfield. Sementara Nora adalah seniman yang baru saja sukses menyelenggaran pameran dan menjual beberapa karya seninya. 

Keluarga Broaddus telah mengungkapkan bahwa mereka tak akan menonton “The Watcher” meski telah memberi ijin akan kisah mereka sebagai referensi. Karena menonton trailer-nya saja sudah cukup membangkitan horor yang mereka alami sendiri di rumah tersebut. 

4. Dimana Lokasi Asli Rumah “The Watcher”?

the watcher_rumah asli 657 boulevard
657 Boulevard, Westfield (The Watcher)

Rumah teror yang kini populer kembali berlokasi di 657 Boulevard, Westfield, New Jersey. Hunian mewah tersebut memang memiliki halaman yang luas seperti dalam serialnya, terdiri dari enam kamar dan empat kamar mandi. Untuk saat ini rumah tersebut tidak dijual di pasar properti. Hunian tersebut dibangun pada 1905. Westfield sendiri semacam pemukiman mewah yang ditinggali oleh keluarga-keluarga kaya dan sejahtera. Sama seperti digambar dalam serialnya, terlihat aman, bersih, nyaman, dengan country club dan fasilitas elit lainnya. Lokasinya 45 menit dari New York. Fakta menarik, Westfield terdiri dari 30.700 pemukiman dan 82 persen dari hunian berwarna putih, tercatat di sensu Amerika Serikat. 

Sementara lokasi syuting “The Watcher” jelas tidak dilakukan di Westfield, apalagi di hunian yang sama. Serial ini melakukan syuting di sebuah properti di Rye. Sebagian besar proses syuting serial ini dilakukan di Westchester County dan New York City. 

5. Kutipan Surat Asli dari “The Watcher”

Jika dalam serialnya surat baru datang ketika keluarga Brannock telah beberapa hari pindah, keluarga Broaddus menerima surat ketika pembelian telah resmi dan rumah dinyatakan terual di pasar properti. Surat pertama tiba di kotak surat mereka pada Juni 2014, tiga hari setelah rumah terjual. Surat ditujukan pada ‘pemiliki baru hunian’. Surat pertama kurang lebih cukup sama dengan yang dikutip dalam serial. Berikut kutipan surat asli dari “The Watcher” yang secara halus memberikan teror. 

“657 Boulevard telah menjadi subjek keluarga saya selama beberapa dekade dan kini akan mencapai hari jadinya yang ke-110, dan saya telah ditunjuk untuk mengawasi dan menunggu kedatangan keduanya.”, kutipa dari paragraf pertama surat asli. 

“Kakek saya mengawasi rumah ini pada 1920an dan ayah saya pada 1960an. Sekarang adalah waktu saya. Apa kamu mengetahui sejarah dari rumah ini? Kamu tahu apa yang tersembunyi di balik tembok-tembok hunian 657 Boulevard? Mengapa kamu di sini? Aku akan menemukannya.” 

Untuk memverifikasi surat tersebut benar-benar ditujukan untuk keluarga Broaddus, dalam surat disebutkan plat mobil keluarga dan menyebutkan ketiga anak keluarga tersebut sebagai ‘darah muda’. Sama dengan serialnya, dalam surat teror disebutkan bahwa ada ratusan mobil yang melalui hunian 657 Boulevard setiap harinya, bahwa salah satu dari mobil tersebut bisa jadi adalah sosok pengintai yang sedang mengawasi keluarga Broaddus. 

Surat kaleng berisi ancaman yang dikirimkan pada keluarga Broaddus ditulis dengan mesin ketik. Ditutup dengan salam “Selamat datang teman-temanku, selamat datang. Mari mulai pestanya.” Kemudian diberi pertanda ‘the watcher’ yang menamai dirinya sendiri sebagai pengirim surat. 

6. Apakah Kasus “The Watcher” Benar-Benar Tidak Terungkap Hingga Saat Ini? 

the watcher
Naomi Watts dalam The Watcher

Selain Westfield Police Departement, veteran NYPD, ahli forensik linguistik, dan mantan agen FBI terlibat dalam kasus ini untuk mengidentifikasi surat kaleng yang diterima oleh keluarga Broaddus, namun tidak pernah berhasil diidentifikasi. 

Walikota Westfield menyebutkan bahwa investigasi yang dilakukan oleh kepolisian setempat sangat melelahkan dan tidak membuahkan hasil apapun pada 2015. Namun, pada sebuah artikel The Cut pada 2022, polisi bahkan tidak menyempat diri untuk meminta keterangan dari tetangga sekitar. 

Keluarga Broaddus juga menyewa jasa ahli secara personal. Meski telah menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan uang. Investigasi tidak pernah menghasilan bukti baru. Keluarga Broaddus pun akhirnya pindah dan menyewakan rumahnya pada penghuni lain. Hingga akhirnya resmi menjual properti tersebut pada 2019 dan merugi sebanyak 400.000 USD. Namun, dikabarkan keluarga yang tinggal di hunian tersebut berikutnya tidak mendapatkan teror dan surat kaleng ancaman yang sama. 

Jadi, apa kalian percaya bahwa ada fenomena teror mengerikan yang benar-benar pernah terjadi di 657 Boulevard, Westfield? Tonton “The Watcher” di Netflix!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top