Entertainment

7 Perubahan Kdrama The Golden Spoon Terbaru dari Versi Webtoon Originalnya

the golden spoon_1

“The Golden Spoon” merupakan kdrama yang sedang tayang di Disney+ Hotstar. Kdrama terbaru ini memiliki merupakan drama adaptasi Webtoon berjudul serupa karya HD3 yang sempat trending di platform comic online tersebut pada 2016 lalu dan sudah tamat komiknya. Ada banyak kdrama adaptasi Webtoon belakangan ini, ada yang sukses namun ada juga yang biasa-biasa saja. “The Golden Spoon” merupakan salah satu kdrama yang melakukan cukup banyak modifikasi dalam naskahnya. Ceritanya jadi semakin kompleks, ada karakter-karakter baru, dan konflik yang terasa lebih dramatis. Kdrama ini salah satu yang tidak hanya mengandung plor romansa atau sekadar eksploitasi kehidupan orang kaya. 

Namun menggunakan “The Golden Spoon” untuk mengangkat isu kesenjangan sosial dalam masyarakat. Masih sama dengan materi sumbernya, kita akan melihat kisah Seung-cheon yang diperankan oleh Yook Sung-jae. Ia adalah anak dari keluarga miskin, ayahnya tidak punya penghasilan tetap sebagai komikus, sementara ibunya hanya kerja sebagai kedai makan kecil, kemudian kakaknya bekerja sebagai pegawai salon. Suatu hari, ia mendapatkan kesempatan untuk bertukar kehidupan dengan temannya yang kaya, Taeyong (Lee Jong-Won) hanya dengan menggunakan sendok emas dengan kekuatan ajaib. Hanya dengan makan menggunakan sendok emas di rumah orang kaya, Ia bisa bertukar kehidupan. 

Berikut berbagai perubahan dalam kdrama “The Golden Spoon” jika dibandingkan dengan versi Webtoon-nya! Ada yang membuat plot jadi semakin bagus, ada juga yang terasa janggal. Kdrama ini bisa dibilang memiliki perbedaan yang sangat drastis dan memberikan plot yang jauh berbeda. 

1. Latar Waktu Dimana Semua Karakter Adalah Murid SMA

Dalam komik “Golden Spoon”, kisah dimulai dengan Seung-cheon yang masih duduk di sekolah menengah. Jadi karakternya masih sangat muda. Menunjukan sisi polos dan sederhana dari setiap karakter. Dimana Seung-cheon hanya sesederhana itu ingin menjadi kaya karena lelah dengan keluarganya yang miskin. Pikirannya untuk akhirnya kembali lagi ke keluarga aslinya juga didasari dengan motivasi anak-anak lolos yang sekadar rindu dengan orang tua-nya. 

Namun, dalam “The Golden Spoon”, semua karakter sudah duduk di bangku SMA. Mungkin supaya tidak perlu melakukan recast aktor. Segmentasi kdrama ini juga untuk penonton dewasa yang tak mungkin ingin melihat aktor-aktor muda mendominasi layar. Meski pada akhirnya ada time jump yang cukup cepat. Telah memasuki episode 6 pekan ini, setiap karakter kini sudah berstatus mahasiswa. Dan tampaknya episode minggu depan mereka sudah menjadi orang-orang dewasa dengan pekerjaan. Padahal kalau di komiknya, momen-momen puncak terjadi ketika mereka masih duduk di bangku kuliah. Sementara kehidupan adulthood mereka hanya dijadikan prolog. 

2. Seung-cheon dan Hwang Taeyong yang Tidak Bersahabat

the golden spoon
(The Golden Spoon)

“The Golden Spoon” memiliki perubahan cukup besar dengan membuat Seung-cheon dan Taeyong tidak bersahabat. Dalam versi komiknya, kedua karakter utama ini merupakan sahabat karib dari kecil. Keduanya memiliki hubungan baik dan Taeyong terbilang sangat ringan tangan pada Seung-cheon. 

Namun, dalam versi kdramanya, kedua karakter ini sama sekali tidak bersahabat. Bahkan pada akhirnya memiliki hubungan yang sangat buruk karena drama dan konflik. Skenario yang mungkin cukup bikin penggemar komiknya kesal, karena persahabatan keduannya cukup hangat digambarkan dalam komiknya. Namun disisi lain, dengan situasi ini membuat Seung-cheon tidak muda untuk bisa melancarkan aksinya, yaitu makan dengan sendok emas di rumah Taeyong. 

3. Kepribadian Seung-cheon dan Taeyong yang Berubah 

Dalam komik “Golden Spoon” keduanya tidak memiliki layer kepribadian yang terlalu kompleks. Taeyong hanya anak orang kaya yang suka menggambar dan rindu kehangatan ibunya. Sementara Seung-cheon hanya ingin hidup enak dan penuh perhitungan untuk menjalankan rencananya. Dalam “The Golden Spoon”, Seung-cheon juga penuh perhitungan dan strategi. Bahkan terlihat semakin dinamis karena Ia cerdas dan pandai bermain saham serta berpolitik dalam mendapatkan posisi yang Ia inginkan di perusahaan ayahnya. Sementara Taeyong mendapatkan perubahan latar belakang dan kepribadian yang lebih kompleks dan gelap. Tak hanya merasa kesepian meski menjadi anak orang kaya, Ia juga memiliki trauma masa kecil yang membuatnya memiliki gangguan kepanikan. Ia juga diperlihatkan sangat tersudut dan dirundung oleh anggota keluarganya sendirian. 

4. Hubungan Seung-cheon dan Juhee

Bukan kdrama tanpa plot percintaan, hubungan Seung-cheon dan Juhee (Jung Chae-yeon) menjadi kisah percintaan yang cukup mendominasi pada side plot. Plot hubungan asmara tidak ada dalam babak pertama versi komiknya karena para karakter masih sangat muda. Dan baru terlihat ketika karakter menjadi mahasiswa. “The Golden Spoon” terlihat cukup bias untuk menjodohkan Seung-cheon dan Juhee sejak awal. Padahal kalau di komiknya Juhee jodohnya adalah Taeyong, baik Taeyong menjadi orang kaya maupun berpindah status sebagai orang miskin. Sementara di “The Golden Spoon” Juhee memang menyukai Seung-cheon, namun tidak bisa merasakan ketika Seung-cheon berpindah posisi. Skenario ini cukup bikin gregetan dan mempermainkan hati penonton. 

5. Latar Belakang Juhee yang Juga Diubah

the golden spoon_juhee
(Juhee – The Golden Spoon)

Banyak sekali latar belakang dan kepribadian karakter yang diubah dalam “The Golden Spoon”. Salah satunya Juhee yang pada awal cerita diperkenalkan sebagai tunangan Taeyong dan sudah dijodohkan sejak kecil. Juhee di versi komik digambarkan sebagai sosok nona muda keluarga kaya yang terhormat dan berkelas. Bahkan sejak sangat muda. Ia juga memiliki status yang bermartabat sebagai putri presdir perusahaan yang levelnya sama dengan ayah Taeyong. 

Namun, dalam versi kdramanya, Juhee digambarkan sebagai sosok perempuan yang suka belajar hidup susah. Kerja paruh waktu di swalayan bersama Seung-cheon meskipun kaya. Ia anak dari presdir Na, namun statusnya sebagai anak istri kedua yang dibenci oleh kakak-kakaknya yang hanya peduli dengan bisnis dan harta. Jadi terlihat terpuruk dan kurang bergengsi seperti di komiknya. Meski secara keseluruhan kepribadian Juhee dalam versi kdrama termasuk karakter yang baik. 

6. Kemunculan Karakter-Karakter Baru

Seung-cheon, Taeyong Juhee, dan Nara atau Yeojin menjadi empat karakter utama dalam “Golden Spoon”. Konflik  dan skenario kucing-kucingan hanya berputar di antara empat karakter utama ini. Namun, dalam “The Golden Spoon” ada beberapa karakter baru yang membuat konflik lebih dramatis dan ramai. Kelompok pertemanan kedua karakter juga ada beberapa karakter pendukung yang menambah lingkungan gaul mereka jadi terlihat lebih immersive. Tidak hanya empat karakter yang itu-itu saja. 

Ada dua karakter baru yaitu ibu tiri Taeyong, Young-sin (Son Yeo-eun) dan paman Taeyong, Juntae (Chang Ryul). Keduanya menjadi karakter antagonis dengan motivasi yang buruk. Kerap menjadi rintangan dan sumber kesulitan bagi Taeyong asli maupun Seung-cheon ketika menjadi Taeyong. 

7. Cara Kerja Sendok Emas yang Sedikit Dimodifikasi

the golden spoon
(The Golden Spoon)

Ketika perubahan karakter, latar belakang, da plot dibuat semakin kompleks, cara kerja sendok emas justru dimodifikasi agar lebih muda. “The Golden Spoon” seakan ingin cepat-cepat memutar balik keadaan agar segera bisa mengeksekusi kelanjutan masing-masing karakter dengan dramanya. Sementara dalam versi komiknya, cara kerja sendok emas tidak pernah berubah, yaitu pertukaran hanya bisa terjadi kalau sudah makan 3 kali di rumah orang yang ingin ditukar posisinya. Kemudian setelah pertukaran terjadi, Taeyong seharusnya tidak punya ingatan sama sekali tentang dirinya ketika menjadi anak orang kaya. Sementara dalam kdrama Taeyong memiliki kesadaran yang nyaris sama ketika sebelum bertukar dan jadi terlihat berlebihan presentasinya. 

Itu tadi sederet perubahan dalam kdrama “The Golden Spoon” dari versi Webtoon-nya. “The Golden Spoon” sekarang sedang tayang di Disney+ Hotstar. Episode terbaru rilis setiap hari Sabtu dan Minggu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top