Entertainment

7 Rekomendasi Serial Horor Terbaik di Netflix

serial horor terbaik

Bulan Oktober bulannya tontonan horor, ada banyak serial horor terbaik yang bisa kalian binge di Netflix. Baik serial terbaru maupun serial yang sudah lama namun sama sekali tidak basi. Meski merilis cukup banyak serial setiap bulannya, rasio antara serial bagus dan buruk di Netflix sebetulnya lebih banyak yang tidak bagus atau membosankan. Salah-salah nonton malah bikin kesal dan menghabiskan waktu. Oleh karena itu kalian butuh panduan khusus serial horor terbaik yang benar-benar binge worthy di Netflix!

Mulai dari serial horor bertema supranatural, thriller, bahkan yang berdasarkan kisah nyata. Karena adaptasi true crime belakangan ini juga masuk dalam genre horor berkat kesuksesannya bikin penonton ketakutan. Berikut sederet rekomendasi serial horor terbaik yang patut kalian tonton di Netflix bulan Oktober ini. 

1. The Haunting of House Hill

“The Haunting of House Hill” merupakan serial horor terbaik di Netflix karya Mike Flanagan. Diadaptasi dari novel berjudul serupa, serial ini lebih dari sekadar serial horor tentang properti berhantu biasa. Olivia dan Hugh adalah sepasang suami istri yang pindah ke Hill House bersama kelima anaknya. Pasangan suami istri akan tinggal di hunian antik tersebut selama musim panas sebagai proyek properti besar. Ketenangan dalam keluarga mereka mulai terganggu ketika fenomena paranormal mulai meminta perhatian mereka. 

Serial ini berhasil menghadirkan horor supranatural premis lama dengan trik lama, namun tidak terasa basi. Elemen horor klasik dalam serial ‘Hill House’ dirangkai dengan rapi, kemudian didukung dengan sentuhan drama keluarga yang menyentuh dan memberikan ‘nyawa’ pada genre horor dalam serial ini. Ada banyak plot twist mengejutkan yang tak hanya membuat ngeri penonton, namun juga menimbulkan rasa haru yang membekas. 

2. Ju-On: Origins

serial horor terbaik
(Ju-On: Origins)

Ju-On sudah menjadi salah satu franchise horor terpopuler dari Jepang. Hingga akhirnya diadaptasi dalam versi Hollywood, namun sumber aslinya tetap yang paling pandai mengeksekusi Ju-On dengan konten horor maksimal. “Ju-On: Origins” merupakan serial horor terbaik di Netflix yang diadaptasi dari kisah Ju-On. Dalam franchise horor tersebut, dikisahkan ada suatu rumah terkutuk yang menyimpan dendam. Membuat setiap keluarga yang tinggal di sana memiliki nasib tragis dan brutal. Serial ini akan mengajak kita menginvestigasi kasus pertama yang menciptakan kutukan dalam hunian legendaris tersebut di masa lalu. Peringatan, “Ju-On: Origins” adalah film horor yang mengerikan karena konten gore dan kisah yang kelam dan depresif. Mengandung kekerasan dalam rumah tangga dan pelecehan seksual yang bisa membuat penonton tertentu merasa tidak nyaman. 

3. The Haunting of Bly Manor

Melihat kesuksesan ‘Hill House’, “The Haunting of Bly Manor” menjadi series, namun bukan sekuel. Karena latar rumah dalam cerita juga baru, begitu juga jajaran karakternya. Bly Manor adalah properti mewah yang telah melalui generasi lintas generasi. Diwariskan hingga dijual belikan. Kali ini kita akan mengikuti kisah seorang pengasuh anak yang mendapat pekerjaan untuk mengasuh dua anak yatim piatu dari keluarga kaya. Kedua kakak beradik tersebut kini sebatang kara karena orang tua mereka telah meninggal. Berbeda dengan ‘Hill House’ yang memiliki drama keluarga, ‘Bly Manor’ lebih didominasi dengan skenario gothic romance.

Mulai dari kekasih beda dunia, tragedi dalam percintaan, perselingkuhan, dan drama-drama sejenisnya. Masih cukup serupa dengan ‘Hill House’ kualitas serial horor terbaru ini maksimal, lebih hangat dari serial sebelumnya karena tema romance-nya. Namun elemen horor masih terasa dan plot mind-bending-nya juga memberikan sensasi seru bagi penonton. 

4. Ares

Bosan dengan serial horor terbaik yang paranormal melulu, “Ares” mungkin bisa menjadi variasi tonton yang kalian cari. Diceritakan seorang wanita dari kelas sosial menengah ke bawa diundang untuk menjadi salah satu anggota komunitas rahasia. Komunitas yang menggerakan roda perekonomian negara dan tetap berkumpulnya para sosialita untuk mendapatkan kehidupan yang lebih mudah. “Ares” lebih dari sekadar film horor dengan gimmick sekte yang belakangan ini sedang marak. Serial horor di Netflix ini lebih tepat digolongkan sebagai horor bertema komunitas rahasia ketimbang sekte.

Segmentasi dalam horor yang belum terlalu banyak dieksplorasi. Mengingat teori konspirasi seperti Illuminati sebetulnya cukup populer di masyarakat masa kini. Sayang saja “Ares” menjadi salah satu serial yang tidak diperbarui season-nya meski dengan ending yang masih cukup cliffhanging. 

5. Midnight Mass

serial horor terbaik_midnight mass
(Midnight Mass)

“Midnight Mass” merupakan serial Original Netflix yang diciptakan oleh Mike Flanagan. Premis dan konsep serial horor terbaik ini merupakan karya original Flanagan yang telah melalui proses pengembangan selama bertahun-tahun. Terbayar dengan hasil yang sangat berkualitas. “Midnight Mass” memiliki konsep menarik tentang manipulasi dan penyalahgunaan kepercayaan. Mengajak kita untuk memaknai kepercayaan, kehidupan, dan kematian. Bagaimana banyak orang malah sesat ketika termakan oleh bualan agama. 

Dikisahkan pendeta muda datang ke pulau terpencil, menggantikan posisi pendeta yang sudah tua. Semenjak Ia datang ke pulau tersebut, keajaiban mulai terjadi di antara para penduduk Katolik di komunitas tersebut. Yang lumpuh bisa berjalan, yang terbaring lemah tiba-tiba perlahan kembali sehat, dan masih banyak penyembuhan yang dibawa oleh pendeta muda tersebut. Hingga akhirnya kita akan mempertanyakan, apakah fenomena ini adalah mujizat atau kutukan?

6. The Midnight Club

Masih baru dan trending di Netflix, “The Midnight Club” bisa menjadi serial horor terbaik untuk temani bulan Oktober kalian. Serial ini juga diadaptasi dari novel horor remaja bertajuk serupa. Bercerita tentang sekelompok remaja dengan penyakit terminal, mereka bertemu sebagai pasien di institusi kesehatan, Brightcliffe. Ilonka adalah pasien baru yang datang untuk harapan sembuh dari kanker yang dinyatakan sudah tidak tertolong lagi. Namun Ia yakin ada keajaiban yang tersimpan di Brightcliffe untuk dipecahkan. Selagi melakukan investigasi pribadinya, Ilonka juga bergabung dengan midnight club, pertemuan tengah malam di perpustakaan bersama remaja lainnya.

Dimana mereka menceritakan kisah horor, atau yang lebih suka mereka sebut dengan menciptakan ‘hantu’. Serial ini memiliki twist yang akan memberikan pelajaran tentang mensyukuri kehidupan dan lapang dada dalam menerima nasib. 

7. The Watcher

serial horor terbaik
(The Watcher)

Satu juga yang masih baru di Netflix, “The Watcher” merupakan serial horor thriller yang diangkat dari kisah nyata. Tentang keluarga yang pindah ke Westfield, kawasan elit di New Jersey. Pasangan suami istri berambisi untuk pindah di pemukiman tersebut demi membesarkan anak-anak mereka di lingkungan yang lebih nyaman dan aman. Namun justru sebaliknya, sejak hari pertama pindah, menerima menerima surat kaleng berisi ancaman. Seseorang mengaku sebagai pengintai keluarga mereka yang hendak mengungkap mengapa mereka tinggal di hunian 657 Boulevard. 

Meski telah dimodifikasi dari materi sumbernya, “The Watcher” memuat kasus yang sama menurut kisah keluarga Broaddus. Namun mereka tidak ingin nama asli mereka digunakan begitu juga latar belakang mereka dalam naskah “The Watcher”.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top