Entertainment

Penggemar Drakor Wajib Tahu, Inilah Agensi Aktor dan Aktris Paling Top di Korea Selatan

Agensi Aktor dan Aktris Paling Top di Korea Selatan

This post is also available in: English

YG Entertainment, SM Entertainment, dan JYP Entertainment dikenal sebagai agensi yang melahirkan idol K-Pop multitalenta. Lalu, bagaimana dengan perusahan hiburan di bidang seni peran?

Tidak banyak yang tahu, inilah deretan agensi aktor dan aktris kenamaan Korea Selatan paling top dalam beberapa tahun terakhir.

KeyEast Entertainment

agensi KeyEast Entertainment
Agensi KeyEast Entertainment

Perusahaan yang bergerak di industri hiburan ini didirikan oleh Bae Yong Joon dengan nama Tuneboom Korea Co.,Ltd. pada November 1996. Baru terdaftar di KOSDAQ pada 2003. Satu tahun kemudian mengganti nama menjadi Auto Wintech Inc.

Tidak lama kemudian, tepatnya pada Maret 2006 mengubah nama lagi menjadi KeyEast Co., Ltd., dan dipakai hingga saat ini. Sempat bekerja sama dengan JYP Entertainment membentuk perusahaan bernama Holyim.

KeyEast Entertainment memperluas perusahaan di negara Jepang dan Tiongkok. Selain itu, tercatat mengakuisisi beberapa peruasahaan seperti BOF Corp dan Digital Adventure Inc.

Perusahaan ini mulai menjajaki produksi pertelevisian pada 2010, projek pertamanya adalah drama Dream High (2011).

Tahun 2018, KeyEast Entertainment diakusisi oleh SM Entertainment dengan saham pengendali sebesar 25%.

Agensi aktor dan aktris ini masih berjaya hingga saat ini, artis yang bernaung antara lain Moon Ga Young, Ji Soo, Hwang In Yeop, Woo Do Hwan, Go Ah Young, Ju Ji Hoon, Kim Seo Hyung, dan masih banyak lagi.

Namoo Actors

agensi Namoo Actors
Agensi Namoo Actors

Namoo Actors Co., Ltd. didirikan pada tahun 2004, perusahaan hiburan ini terletak di NonHyeon-dong, Gangnam. Agensi ini didirikan sekaligus dikelola oleh Kim Jong Do. Artis pertama yang menandatangani kontrak antara lain Song Ji Hyo, Kim Kang Woo, Kim Tae Hee, dan Kim Hye Na.

Namoo Actors dikenal sebagai agensi yang melahirkan aktor dan aktris pendatang baru. Perusahaan ini kerap kali membuka audisi untuk mencari orang-orang dengan bakat mumpuni. Bukan hanya sebagai rumah artis, mereka juga menyediakan tempat pelatihan para trainee.

Deretan artis yang pernah bergabung dengan Namoo Actros anatra lain Baek Yoon Sik, Han Hye Jin, Jeon Hye Bin, Jo Dong Hyuk, Kim Seo Yeon, dan lainnya.

Sedangkan artis yang masih aktif diantaranya Ji Sung, Lee Joon Gi, Lee Jung Shik, Song Kang, Kim Hyang Gi, Moon Chae Won, Park Eun Bin, Park Min Young, Shin Se Kyung, dan masih banyak lagi.

Saram Entertainment Agensi

Saram Entertainment
Agensi Saram Entertainment

Saram Entertainment didirikan oleh Lee Soo Young pada tahun 2006, terletak di Yeonnam dong, Mapo-gu, Seoul. Perusahaan ini khusus memproduksi film dan manajemen artis.

Awalnya, perusahaan ini bernama JAEWON promotion Co., Ltd. didirikan di Busan pada tahun 1996. Dahulu, bergerak di bidang spesialis perencanaan grafis pemasaran online dan offline yang dikenal dengan JAEWON Design.

Saat itu, perusahaan ini bekerja sama untuk promosi imternasional dengan Wal-Mart Korea, Busan Film Commission, Ob-Beer Franchise Division, Lotte Hotel, dan McDonald’s.

Tahun 2006, Lee Soo Young, Manajer Direktur JAEWON promotion Co., Ltd. merekrut Cho Jin Woong untuk menepatkan Saram Entertainment sebagai afiliasi. Perusahaan mengalami perkembangan cukup baik dalam perfilman dan manajemen artis.

Tahun 2016, JAEWON promotion Co., Ltd. diubah menjadi Saram Entertainment, dan menjadi rumah artis Uhm Jung Hwa, Choi Soo Young, Han Yeri, Lee Ki Hong, Gong Myoung, dan masih banyak lagi.

Sementara film layar lebar yang diproduksi oleh Saram Entertainment, yaitu Ghost Sweepers (2012) dan An Ethics Lesson (2013).

SOOP Entertainment

SOOP Entertainment

SOOP Entertainment didirikan oleh Kim Jang Kyun pada 11 April 2011. Sebelumnya, perusahaan ini bekerja di bawah perusahaan Sidus HQ dan Network of Asia (N.O.A) Entertainment (Fantagio Entertainment).

Tahun 2018, muncul kabar Kakao M akan bekerja sama dengan BH Entertainment, J Wide Company, SOOP Entertainment, serta agensi model iklan terkemuka Ready Entertainment. Tujuannya untuk mengoblikasi konten-konten yang dimiliki oleh Kakao.

Tahun lalu, SOOP dikabarkan beroperasi di bawah perusahaan Kakao M. Artis yang bergabung dalam agensi ini anatara lain Bae Suzy, Choi Woo Shik, Gong Yoo, Nam Ji Hyun, Nam Jo Hyuk, Kim Jae Wook, dan masih banyak lagi.

Sementara Ryoo Seung Beom, Kim Min Hee, Soo Ae, dan Jung Il Woo telah lama mengakhiri kontrak dengan SOOP Entertainment.

SALT Entertainment Agensi

SALT Entertainment
Agensi SALT Entertainment

Sharing, Amusement, Love, and Trust disingkat dengan SALT Entertainment merupakan agensi yang khusus menaungi aktor dan aktris. Perusahaan ini terbilang masih baru, didirikan pada tahun 2011.

Satu tahun terakhir, SALT Entertainment semakin populer lantaran beberapa artis digandrungi berkat perannya dalam drama, salah satunya Kim Seon Ho. Seperti yang diketahui, aktor berlesung pipi ini digilai sejak membintangi Strongest Deliveryman (2017), Two Cops (2017), 100 Days My Prince (2018), Welcome to Waikiki 2 (2019), dan Start Up (2020).

Baca Juga : Mengenal Agensi Besar Dibalik Suksesnya Industri K-Pop

Selain Kim Seon Ho, artis populer Kim Jung Hwa, Park Shin Hye, Kim Joo Hun, Kim Ji Won, Lee Jon Kyung, dan Jang Do Ha juga berada di bawah naungan SALT Entertainment.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top