Alip Ba Ta, Youtuber Ahli Gitar yang Dikagumi Banyak Orang

Gaya Alip Ba Ta, Operator Forklift yang Jadi Youtuber Musik

Alip Ba Ta memiliki nama asli Alief Gustakhiyat. Pria yang berusia 32 tahun ini lahir di Ponorogo, Jawa Timur pada tahun 1988. Ia adalah seseorang yang menghabiskan banyak waktunya di jalan raya sebagai pengemudi truk.

Selain itu, ia juga menjadi seorang operator forklift di sebuah perusahaan. Namanya mulai dikenal luas pada tahun 2018 melalui media sosial yang dimilikinya. Berawal dari kegemarannya bermain gitar sejak SMA, ia akhirnya mampu mengembangkan kemampuannya dalam bermain gitar hingga saat ini.

Awal Mula Karir Alip Ba Ta

Alief Gustakhiyat bukanlah sosok yang akrab dengan dunia maya, khususnya media sosial. Pada awalnya, ia adalah seorang sopir truk yang selalu berkutat dengan bisingnya jalan raya. Bahkan ia pun tidak begitu paham dengan perkembangan ponsel. Baginya, ponsel ala kadarnya yang bisa dipakai untuk SMS dan telepon sudah cukup menunjang pekerjaannya sehari-hari.

Lambat laun, Alief Gustakhiyat mencari pekerjaan lain dan berhasil mendapatkan tempat kerja baru di sebuah perusahaan yang terletak di daerah Pulogadung, Jakarta Timur. Di perusahaan ini, ia bekerja sebagai operator forklift.

Alip Ba Ta bekerja sebagai operator forklift

Hingga pada akhirnya Alief mempunyai cukup uang untuk membeli ponsel android pada tahun 2018. Dengan ponsel baru yang ia miliki tersebut, ia mulai merekam beberapa video dari permainan gitar yang dimainkannya berkat dorongan dari orang-orang yang ada di sekelilingnya.

Alief pun membuat akun Facebook pada tahun 2018 untuk digunakan sebagai sarana dalam memposting video gitarnya. Ia mengunggah video dari beberapa lagu yang disukainya sepulang dari pekerjaannya yang melelahkan.

Mulai dari musik ilustrasi hingga beberapa lagu yang sedang populer. Tanggapan masyarakat yang sangat hangat membuatnya bersemangat untuk membuat channel Youtube sendiri. Hingga kini, namanya dikenal luas hingga ke luar negeri.

Alip Ba Ta dan Gitar Sejak Muda

Jauh sebelum namanya terkenal, ternyata Alief sudah menyukai gitar sejak masih muda. Kabarnya, ia rajin latihan bermain gitar sejak dirinya masuk ke SMA. Ketika itu, ia terus rajin berlatih dengan sungguh-sungguh agar bisa menguasai teknik-teknik dalam bermain gitar.

Hingga pada akhirnya Alief ikut bergabung dalam sebuah group Qasidah. Hal ini ia lakukan pada tahun 2010. Ia membawakan lagu-lagu religi islami bersama band Qasidah yang digelutinya. Dalam band Qasidah ini, ia menempati posisi sebagai gitaris sesuai dengan kemampuannya.

Alip Ba Ta dan Gitar Sejak Muda

Hal ini seolah membuktikan bahwa kemampuan yang ia miliki sekarang ini bukan tanpa perjuangan. Berawal dari latihan tekunnya mulai dari SMA dan sepak terjangnya dalam band Qasidah membuatnya mampu berada dalam posisi sebagai gitaris yang terkenal dengan fingerstyle yang mendunia.

Bahkan ia pun juga berhasil menciptakan musiknya sendiri. Alief diketahui telah menelurkan karya musik dengan judul Munajatku, Bumiku Tak Lagi Ramah, Ironik, dan Klise. Semua karya tersebut merupakan musik instrumental yang mengagumkan.

Nama Alip Ba Ta Diakui Musisi Dunia

Karena kepiawaiannya dalam memetik gitar, Alief banyak dikagumi oleh musisi tanah air. Deretan musisi tanah air seperti Tantri Kotak, Andre Taulany, Sandy Sandoro, Addie MS, Dewa Budjana dan lainnya tak ketinggalan memberikan pujian untuk permainan gitar Alief.

Saat Dewa Budjana terlibat dalam sebuah wawancara dengan Baim Wong, Dewa mengakui kemampuan luar biasa Alief dalam memainkan berbagai teknik gitar. Ia menyatakan bahwa permainan gitar Alief terlihat unik dan cukup rumit karena menggabungkan unsur nada harmonik dengan fingerstyle yang dikuasainya. Ia mengharapkan agar Alief dapat menghasilkan karya sendiri yang bisa ditampilkan dalam sebuah pertunjukan yang lebih besar.

Senada dengan pendapat Dewa Budjana, musisi Addie MS juga mengatakan bahwa ia termasuk seseorang yang lebih banyak fokus pada musim simfoni sehingga terlambat mempelajari perkembangan fenomena musik yang ada di Indonesia. Ia pun menyertakan pujian kekagumannya pada Alief yang piawai memainkan gitar.

Alip Ba Ta Dapat Acungan Jempol Dewa Bujana

Selain itu, ada pula musisi luar negeri yang memuji kemampuan Alief sebagai gitaris. Brian May, gitaris legendaris band Queen sangat terkesan dengan permainan gitar Alief saat mengcover lagu milik Queen, Bohemian Rhapsody. Bahkan, akun Facebook resmi milik band Queen juga pernah terlihat memposting video Alief saat mengcover lagu Love of My Life.

Ada pula Igor Presnyakov alias Uncle Igor, gitaris fingerstyle yang berasal dari Rusia juga turut memuji keahlian Alief. Funtwo, gitaris asal Korea Selatan juga memberikan komentar bahwa keahlian Alief mengcover lagu Canon Rock membuatnya terkesima. Tak ketinggalan pula gitaris Avenged Sevenfold Synyster Gates turut mengakui kemampuan Alief dengan memposting video Alief di akun Instagram miliknya.

Fakta Menarik Tentang Alip Ba Ta

Ada beberapa fakta mengenai Alip Ba Ta yang membuat banyak orang tambah kagum dengan sosoknya yang sederhana ini. Apa sajakah itu?

1. Tidak Pernah Bicara

Ciri khas Alief yang satu ini membuat banyak orang penasaran. Sudah diketahui bahwa ia selalu bungkam dan tak pernah berbicara satu kata pun dalam setiap unggahan video di channel Youtube yang dimilikinya. Ia hanya memetik senar dan memainkan permainan gitar yang mengagumkan tiap kali tampil dalam video.

2. Sosok yang Sederhana

Alief tak pernah meminta orang untuk memberikan like atau subscribe dalam setiap video yang diunggahnya. Bahkan ia selalu tampil dengan penampilan yang sederhana saat memainkan gitar kesayangannya. Hanya dengan balutan kaos, kopi dan tempat sederhana ia beraksi membawakan musik yang menarik. Hal ini membuatnya terlihat cukup unik bila dibandingkan dengan musisi lainnya.

3. Belajar Gitar Sejak SMA

Meski Alief berprofesi sebagai sopir truk dan operator forklift sebelum terkenal. Nyatanya, ia sudah bergelut dengan gitar sejak SMA. Hal ini seperti menjadi jawaban mengapa ia menjadi handal dalam memainkan gitar.

Demikian artikel mengenai Alip Ba Ta yang mendunia, semoga dapat menjadi motivasi bagi Anda.

This website uses cookies.