Entertainment

Alvin Faiz Mundur Dari Ketua Dewan Pembina, Begini Sejarah Az Zikra Yang Didirikan Arifin Ilham

Alvin Faiz Mundur Dari Ketua Dewan Pembina

Alvin Faiz menyatakan mengundurkan diri dari Ketua Dewan Pembinan Yayasan Az Zikra. Diketahui, Az Zikra sendiri berawal dari kumpulan berbagai majelis taklim yang berada di kawasan Mampang, Depok yang pada kegiatannya berkoordinasi di Masjid Al-Amru Bittaqwa. Masjid Al-Amru Bittaqwa sebelumnya merupakan taman yang biasa digunakan sebagai tempat bermain oleh warga sekitar.

Karena di kawasan tersebut belum memiliki tempat ibadah, masyarakat pun sepakat untuk menjadikan taman tersebut sebagai masjid. Maka  pada 1995, dibangunlah sebuah masjid yang kemudian diberi nama Al-Amru Bittaqwa, yang diambil dari salah satu nama guru Ustaz H Arifin Ilham, yaitu Ustaz Irfan Amara Bittaqwa.

Kemudian alm Ustaz Arifin Ilham mengadakan kegiatan zikir, yang awalnya kegiatan tersebut hanya dilakukan sendiri. Perlahan, jemaah lain mulai ikut. Menurut Arifin, para jemaah ingin agar kegiatan zikir tersebut tak hanya berfokus pada satu kegiatan saja, namun lebih mengembangkan kegiatan dakwah. Dari usulan tersebut, Arifin Ilham akhirnya mendirikan sebuah majelis zikir bernama Az Zikra.

Lihat Juga: Alvin Faiz Digugat Cerai Istri, Berikut Fakta-faktanya

Dipimpin ustaz Arifin Ilham, Az Zikra bukan saja mejalis zikir namun juga bekerjasana dengan sejumlah biro perjalanan untuk mengisi program manasik haji maupun umrah. Majelis ini kemudian menjadi sebuah yayasan yang melayani konsultasi keluarga, remaja dan mengelola panti yatim.

Kemudian, seperti dikutip dari situs Sistem Informasi Masjid Kementerian Agama, pada 2005 Az Zikra mendapat hibah berupa tanah sleuar 5 hektar dari PT Cigede Griya Permai. Lahan tersebut ditujukan untuk pembangunan pusat kegiatan Islam yang terdiri dari masjid dan pesantren serta pusat ibadah.

Sejak itulah, dibentuk timpembangunan Islamic Centre yang di dalamnya ada ustaz Arifin Ilham dan  Achmad Fanani sebagai arsitek. Proyek ini pun mendapat dana dari World Islamic Call Society, yang merupakan sebuah organisasi dakwah internasional di Tripoli, Libya.

Sebab itulah pusat kegiatan dakwah Pendidikan serta sosial ini bernama Qaddafy Islamic Centre. Sementara masjidnya bernama Masjid Muammar Qaddafy, mengambil nama pemimpin negara tersebut kala itu. Namun pada tahun 2012, masjid tersebut berubah nama jadi Masjid Az-Zikra. Selanjutnya, yayasan ini juga membangun sebuah pondok pesantren dengan nama yang sama pada 2015 di kawasan Sentul, Bogor. Pesantren ini pun telah menelurka ratusan alumni.

Alvin Faiz Mundur Dari Yayasan Az Zikra

Usai ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada 2019, kepemimpinan yayasan ini pun dilanjutkan oleh sang putra, Alvin Faiz. Tapi dalam perjalanannya, beredar tuduhan bahwa Alvin menggunakan uang yayasan untuk berfoya-foya. Hal tersebut telah dibantah oleh Alvin.

Lihat Juga: Sosok Henny Yuliana Rahman, Mantan Istri Zikri Daulay Yang Dikabarkan Menikah Dengan Alvin Faiz

Saat ini, Alvin diketahui mengundurkan diri dari posisinya sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Az Zikra. Rencana pengunduran diri itu telah disampaikan oleh Avin melalui akun media sosial Instagram miliknya.

“Alvin mau menyampaikan bahwa akan mengundurkan diri dahulu dari pesantren dan yayasan majelis Az Zikra,” tulinya.

Alvin mengaku saat ini dirinya ingin berfokus untuk memperbaiki diri sehingga bisa jadi sosok yang lebih baik. Hal tersebut untuk meneruskan perjuangan sang ayah, selain itu ia juga meminta doa terbaik untuk dirinya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top