Categories: Entertainment

Analisa Widyaningrum, Influencer dan Psikolog Cantik yang Inspiratif

Analisa Widyaningrum merupakan seorang influencer sekaligus psikolog muda yang memiliki paras cantik dan sangat menginspirasi.

Wanita cantik yang kerap dipanggil Ana ini merupakan salah satu alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Psikologi. Berkat bidang yang ia geluti selama kuliah saat ini Ana menjadi seorang Clinical Psychologist di Jogja International Hospital (JIH). Selain itu ia juga merupakan pendiri Analisa Personality Development Center.

Mengenal Sosok Analisa Widyaningrum

Saat ini Ana merupakan seorang istri dari seorang notaris Muhammad Aji dan ibu dari dua anak. Selain menjalani rutinitas menjadi ibu rumah tangga, ia juga menjalani profesinya seorang psikolog . Sosok inspiratif bagi kaum milenial ini memiliki misi ingin membangun kepribadian dan karakter cerdas secara emosional.

Selama masa kuliah di UGM, Ana dikenal sebagai seorang Mahasiswa berprestasi. Hal itu dibuktikan olehnya sebagai penerima beasiswa Djarum Plus dan Duta Bahasa tahun 2009. Selain itu tahun 2010 ia juga ditunjuk sebagai delegasi Indonesia dalam ASEAN Youth Friendship Network. Hingga saat ini ia juga aktif sebagai moderator di MPR RI Goes to Campus.

Mengenal Sosok Analisa Widyaningrum

Sebagai pendiri Analisa Personality Development Center (APDC)ia menyediakan layanan konseling, psikotes, dan training. Menurutnya APDC dibangun untuk membentuk karakter generasi penerus bangsa cerdas dalam menghadapi masalah sosial. Bagi Ana untuk menjawab tantangan realita kehidupan sekarang tidak hanya cerdas intelektual, tetapi emosional juga harus selaras. Seperti yang sudah diketahui sekarang banyak fenomena baru seperti bullying, body shaming, dan sebagainya.

Ana memiliki tekad untuk membenahi sistem pendidikan Indonesia yang dirasa terlalu kaku dan banyak membuat anak-anak stress. Ana sering membagikan video inspiratif dalam Channel Youtubenya yang bernama “Analisa Channel”. Mengingat Ana, banyak orang yang menyamakan inspirasinya seperti Deddy Corbuzier yang lulusan jurusan psikologi dan seorang influencer.

Penulis Buku The Power of Personality Development

Selain menjalani kesibukan sebagai psikolog di rumah sakit dan kantor kerjanya APDC Indonesia, ia sempat merilis buku di tahun 2017. Dalam bukunya The Power of Personality Development mengisahkan seorang Analisa yang berusaha menemukan passion. Untuk berjuang menemukan passion Ana harus melewati berbagai hal dan banyak tantangan.

Menurut Ana, dalam meraih mimpi dan cita-cita harus diiringi dengan kepercayaan diri yang cukup kuat. Menetapkan visi dan misi dalam hidup menjadi suatu pendorong bagi seseorang untuk mewujudkan mimpi dan cita-citanya. Buku ini juga menceritakan tentang bagaimana seorang Ana berjuang melewati terpaan dan proses panjang dalam meraih kesuksesan.

Baginya hidup merupakan sebuah perjuangan melalui berbagai rintangan dan harus sabar dalam menjalani setiap proses.

Pesan Analisa Widyaningrum Kepada Para Influencer

Saat ini penggunaan media sosial sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Ada sebagian orang memilih panjat sosial secara viral yang tidak diikuti dengan etika. Contohnya melalui Instagram saat ini sedang marak influencer dengan segala ketenarannya. Sebagai seorang psikolog, Ana ingin mengedukasi kaum milenial untuk menemukan nilai ketika menggunakan media sosial.

Menurut Ana, tidak harus menjadi viral untuk dikenal banyak orang. Di zaman yang serba digital perlu menyadari bahwa membangun personal branding yang positif akan sangat membangun. Ana memberikan pesan kepada kaum milenial untuk menyajikan konten positif kepada followersnya.

Pesan Analisa Widyaningrum Kepada Para Influencer

Media sosial sebaiknya digunakan untuk berbagi inspirasi dan hal positif. Dengan cara membagikan postingan menarik dan profil yang lengkap maka tak jarang rezeki akan datang. Tidak harus menjadi terkenal karena viral yang kurang beretika karena akan mempengaruhi psikis seseorang.

Tekad Untuk Memperbaiki Pendidikan Di Bidang Kepribadian

Sebagai lulusan Program Magister Psikologi UGM, Ana memiliki tekad yang sangat kuat yaitu ingin memperbaiki pendidikan Indonesia. Menurutnya, kurikulum yang disajikan di Indonesia sangat kaku dan membuat stress. Sampai pada akhirnya ia mengisi pelatihan para guru untuk lebih kreatif dan menyajikan pembelajaran yang menyenangkan. Atas keseriusannya dalam pendidikan, Ana mendapat penghargaan sebagai wanita inspirasi bidang pendidikan dari Wardah.

Analisa Widyaningrum Memiliki Tekad Untuk Memperbaiki Pendidikan Di Bidang Kepribadian

Fokus mengajar sekolah kepribadian APDC Indonesia, Ana ingin setiap guru di Indonesia menjadi guru yang sesungguhnya dari dalam hati. Ditambah lagi guru di Indonesia saat ini selalu dituntut oleh perkembangan digital yang semakin cepat. Menjadi seorang guru saat ini harus memiliki berbagai kemampuan seperti komunikasi, soft skill, hard skill, dan digital media.

Menjalani profesinya sebagai psikolog ia sering mendapatkan pasien anak-anak yang mengalami stress dan tekanan sosial. Pendidikan terlalu keras dan pergaulan yang semakin sulit dikendalikan menjadi sebuah tantangan bagi Ana untuk memperbaiki. Selain itu Ana juga kerap mendapatkan pasien yang menangis karena kasus bullying oleh teman-temannya karena belum bisa membaca dan menulis.

Pekerjaan dan Penghargaan yang Pernah Diraih Analisa Widyaningrum

Ana merupakan seorang live motivator bagi kaum milenial untuk menghadapi tantangan. Menjadi seorang yang menginspirasi tentu tak lepas dari banyaknya prestasi yang telah ia raih. Selama masa kuliah ia mengisi hari-hari untuk mendapatkan passion sesuai dengan apa yang ada dalam dirinya. Pada artikel ini akan memberikan rekam jejak pekerjaan dan penghargaan yang pernah Ana dapatkan.

Sederet pekerjaan yang telah ia lakoni antara lain

1. Tahun 2003 ia menjadi Teenage broadcaster Radio Yasika FM.

2. Tahun berikutnya 2004 menjadi DJ Kamu Prambors dan Presenter Jogja TV.

3. Presenter TVRI Yogyakarta dan RBTv Kompas TV tahun 2005-2013.

4.  Asisten Psikologi TKIM Bhakti Mulia 2009

5. Brand Ambassador Larissa Aesthetic Center tahun 2011-2012.

6. Ana sering menjadi asisten dosen fakultas Psikologi UGM dan sebagai dosen di STTD.

Segudang prestasi yang pernah Ana raih antara lain

1. 5 High-Achieving Student in UGM’s Psychology Faculty Dies Natalis tahun 2010

2. Best Skin Wardah Cosmetic In Two Generations Inspiration Kartini Magazine Tahun 2010

3. UGM’s Best Bachelor Graduate of the Psychology Faculty for the Period of February 2011

4. Best Graduate of Master’s Degree in the Clinical Psychology Profession UGM tahun 2014

Demikian artikel mengenai kehidupan Analisa Widyaningrum dan beberapa penghargaan yang pernah ia raih. Semoga menginspirasi

Recent Posts

Ganja Medis Direstui PBB, Ini Potensinya Di Dunia

Komisi Obat Narkotika PBB telah menghapus ganja dari kategori obat berbahaya untuk alasan medis. Keputusan… Read More

Serdy Ephy Fano Terancam Dipecat Bhayangkara FC

Setelah pencoretannya dari timnas U19 Indonesia oleh Shin Tae-Young, Serdy Ephy Fano yang merupakan pemain… Read More

Noken Papua, Warisan Dunia Dunia Di Google Doodle Hari Ini

Halaman pencarian Google hari ini, Jumat (4/12/2020) menjadikan noken Papua sebagai doodle. Noken merupakan tas… Read More