Entertainment

Angelina Jolie, Aktris Hollywood Berjiwa Kemanusiaan Tinggi

Angelina Jolie

This post is also available in: English

Angelina Jolie merupakan seorang aktris dengan tingkat kemanusiaan tinggi yang lahir di Los Angeles, California pada tanggal 4 Juni 1975. Aktris yang mengawali karirnya di usia 14 tahun ini dikenal sebagai Duta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) urusan perdamaian dunia.

Putri dari pasangan Jon Voight dan Marchelina Bertrand memulai karir sebagai model di tiga tempat yaitu Los Angeles, New York, dan London. Angelina Jolie Voight merupakan sosok yang sangat berpengaruh terhadap dunia hiburan di Amerika Serikat sehingga ia dinobatkan sebagai wanita paling cantik di dunia.

Perjalanan Karir Angelina Jolie

Angelina mulai mencoba bakat aktingnya setelah selang dua tahun menjadi model terkenal. Bersama ayahnya, Jon Voight, ia didebut  dalam film yang berjudul “Looking to Get Out”. Kemudian Pada tahun 1993 ia didebut layar lebar dengan judul film “Cyborg 2” dan mendapat produksi biaya yang rendah. Aktingnya yang  sangat bagus membuatnya menjadi peran utama sebuah film besar yang berjudul “Hackers”. Setelah itu ia sering mendapat tawaran film diantaranya George Wallace (1997) dan Gia (1998).

Dalam filmnya yang berjudul Girl, Interrupted ia berhasil memenangkan Academy Award For Best Supporting Actress di tahun 1999. Setelah itu sepanjang tahun 2000 hingga 2017 ia sudah memainkan 7 film dengan kesuksesan aktingnya yang sudah tidak diragukan. Bahkan di tahun 2008 ia berhasil menjadi Best Actress dalam Academy Awards. Angelina melebarkan sayapnya di dunia perfilman sebagai sutradara, penulis naskah, dan produksi film. Ini membuatnya menjadi salah satu artis kaya Hollywood.

Angelina Jolie
Angelina Jolie di Salah Satu Acara Perfilman Bersama Kedua Anaknya

Tak hanya sukses dalam karir film, ia juga dikenal sebagai aktris yang ikut terlibat aksi kemanusiaan. Atas aksinya tersebut ia meraih penghargaan kehormatan Order of St Michael and St George (DCMG) dan Jean Hersholt Humanitarian Award. Selain itu ia juga mempromosikan berbagai bidang meliputi konservasi, pendidikan dan hak wanita, hingga menjadi Duta Istimewa untuk Komisioner Tingga Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kisah Hidup yang Kelam Seorang Angelina Jolie

Sama seperti publik figur yang lain, Angelina memiliki kisah kehidupan yang pasang surut dalam meniti karirnya. Saat remaja ia dikenal dengan anak yang nakal oleh lingkungannya karena ia mengaku sebenarnya tak ingin berkarir di usia anak-anak. Hidup ditengah Kota Los Angeles membuatnya merasakan seks bebas dengan sang cinta monyet kala itu.

Walaupun kehidupan ia sangat ditentang oleh kedua orang tuanya tetapi ia sempat memenangi penghargaan Golden Globe di usia yang cukup muda. Sampai pada akhir kenakalannya ia menjatuhkan pilihan hati kepada Billy Bob Thornton dan melangsungkan pernikahan mereka.

Angelina merubah pola hidupnya setelah sukses aktingnya dalam film yang berjudul “Lara Croft: Tomb Raider” ada tahun 2001. Aktris yang memiliki 6 anak ini menjadi sosok yang kalem setelah dinobatkan sebagai Goodwill Ambassador oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sejak saat itu ia menjadi bagian dari PBB untuk bidang kemanusiaan, tetapi isu skandalnya dengan Brad Pitt menjadi perbincangan media. Namanya yang disebut sebagai wanita ketiga diantara pernikahan Brad Pitt dan Jennifer Aniston semakin menggaung setelah Brad Pitt resmi cerai dengan istrinya.

Berbagai Aksi Kemanusiaan yang Dilakukan Angelina Jolie

Meskipun ia kerap kali mendapatkan isu yang menjatuhkan namanya, hal itu tidak membuat ia mengurungkan niatnya dalam aksi kemanusiaan. Di tahun 2001 ia melakukan kunjungan pertamanya dalam sebuah misi 18 hari ke Sierra Leone dan Tanzania. Bulan berikutnya ia mengunjungi Kamboja dan bertemu dengan para pengungsi Afghanistan di Pakistan untuk menyumbangkan USD 1 juta.

Setelah ia diangkat sebagai Duta Besar Goodwill UNHCR, ia melakukan kunjungan di 30 negara untuk bertemu para pengungsi. Angelina menyebut “Kedaruratan terlupakan” terhadap para pengungsi yang berada di zona perang tapi jauh dari media. Dari berbagai kunjungan yang ia lakukan diceritakan dalam buku yang berjudul “Notes from My Travels”.

Angelina Jolie
Angelina Jolie Sebagai Duta UNHCR

Aksi kemanusiaan yang dilakukan Angelina mendorong dirinya untuk terlibat dalam bidang kegiatan diantaranya konservasi. Setelah mengunjungi Kamboja dalam misi kemanusiaan, ia menjual 60.000 hektar tanah miliknya untuk dijadikan Suaka Margasatwa. Angelina juga mendirikan Shiloh Jolie-Pitt bersama suaminya guna mendukung pengerjaan Cagar Alam di Kalahari.

Mengepalai Lembaga Sosial

Angelina menjadi salah satu ketua Education Partnership for Children of Conflict yang menyediakan kebijakan dan pendanaan untuk program pendidikan anak di kawasan konflik. Kemitraan tersebut bekerja sama dengan Pusat Pendidikan Universal dari Dewan Hubungan Luar Negeri. Dirinya juga mendanai sebuah sekolah dan fasilitas asrama putri di kampung pengungsian yang ada di Kakuma, barat laut Kenya.

Di tempat kelahiran putri sulungnya, Ethiopia, ia mendirikan Zahara Children’s Centre yang merupakan fasilitas bagi pengidap HIV atau tuberkulosis. Sarana tersebut digunakan untuk mendidik dan mengobati para anak atau remaja yang mengidap penyakit HIV.

Angelina Jolie
Angelina Jolie Berserta Putra Putrinya di Masa Kecil

Aksi sosial-kemanuasiaan yang dilakukan oleh Angelina lainnya adalah melakukan kampanye melawan kekerasan seksual di zona konflik militer. Di bulan Mei 2012 ia meluncurkan Kegiatan Pencegahan Kekerasan Seksual (Preventing Sexual Violence Initiative, PSVI) bersama Kementerian Luar Negeri, William Hague. Melalui karyanya PSVI tersebut ia bertemu dengan pakar kebijakan luar negeri yakni Chloe Dalton dan Arminka Helic.

Kolaborasi yang dilakukan Angelina membuahkan hasil dengan terbentuknya Jolie Pitt Dalton Helic, sebuah kemitraan untuk hak wanita dan keadilan internasional. Pada bulan Mei 2016 ia diangkat menjadi Profesor kunjungan di London School of Economics.

Penghargaan Atas Aksi Kemanuasiaannya

Pada bulan Agustus 2002 ia berhasil memperoleh penghargaan dari Program Imigrasi dan Pengungsi Church World Service. Kemudian pada tahun 2005 ia dianugerahi Penghargaan Kemanusiaan Global oleh UNA-USA pada bulan Oktober. Angelina kembali meraih Freedom Award dari International Rescue Committee.

Pada 2011 ia mendapatkan pin emas atas pelayanan jangka panjangnya dalam menghargai masa-masanya sebagai Duta Besar Goodwill UNHCR. Puncak penghargaannya adalah pemberian kehormatan dari Ratu Elizabeth ll pada sebuah acara pribadinya

Demikian kehidupan sebuah Aktris Hollywood Angelina Jolie yang mendedikasikan dirinya ikut dalam aksi kemanusiaan di daerah akibat perang konflik.

To Top