Entertainment

Ashanty Positif COVID-19 Setelah Pulang Liburan dari Turki, Begini Kondisinya Saat Ini

Ashanty Positif COVID-19 Setelah Pulang Liburan dari Turki, Begini Kondisinya Saat Ini

Penyanyi Ashanty positif COVID-19 setelah pulang dari liburan di Turki. Ia yang awalnya menjalani karantina di hotel sebagai salah satu syarat pelaku perjalanan luar negeri saat ini dipindah ke rumah sakit.

Dari hasil tes SGTF (S-gene Target Failure) menunjukkan Ashanty positif COVID-19 yang kemudian dicurigai varian Omicron. Kementerian Kesehatan RI pun mengonfirmasi Ashanty positif COVID-19 lewat PCR tes gene target failure (SGTF) namun masih diperiksa lebih lanjut apakah yang bersangkutan betul terinfeksi Omicron.

“Sepertinya masih diperiksa (terkait Omicron),” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi.

Lihat Juga: Ashanty Dan Tiga Anaknya Positif Corona, Begini Kondisinya Saat Ini

Tes PCR 2 Kali di Turki

Sebelum tiba di Indonesia, Ashanty dan rombongannya telah menjalani dua kali tes PCR di Istanbul, Turki. Dari dua tes tersebut diketahui hasilnya negatif.

“Saya dua kali PCR di Istanbul saat mau pulang. Di hotel dan di bandara negatif,” tulis Ashanty melalui Instagram Story pribadinya yang dilihat LoperOnline.com, Jumat (7/1/2022).

Ashanty Positif COVID-19 Berdasarkan Tes SGTF

Ashanty dinyatakan positif terpapar COVID-19 lewat tes PCR S-gene Target Failure, yang juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi varian Omicron. Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas COVID-19 Hery Trianto mengatakan, seluruh pelaku perjalanan luar negeri kedatangan Turki diduga terinfeksi Omicron.

“Semua yang datang dari luar negeri harus dicurigai (omicron), sebab Turki juga salah satu negara yang diwaspadai,” tutur Hery.

Lihat Juga: 5 Panduan Pakai Masker untuk Mencegah Penularan Varian Omicron

Hery menuturkan Ashanty positif COVID-19 setelah tiba di salah satu hotel di Jakarta. Ia menekankan secara prosedur karantina, Ashanty dan rombongannya telah mematuhinya.

Untuk mendeteksi awal COVID-19 varian Omicron dilakukan menggunakan tes khusus bernama PCR S-gene Target Failure. Kemudian, untuk memastikan Ashanty benar terpapar Omicron atau tidak maka harus dilakukan whole genome sequencing.

Kondisi Ashanty

Saat ini istri Anang Hermansyah itu masih dirawat di salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta. Ibu sambung Aurel Hermansyah ini pun mengungkapkan gejala COVID-19 yang ia rasakan lebih ringan.

“Sekarang yang saya rasakan cuma flu biasa dan sedikit batu, masih bisa chat dan lain-lain karena kondisinya Alhamdulillah masih baik,” kata Ashanty.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top