Entertainment

Atasi Trauma, Berikut Tips dari Lee Sung Kyung

Atasi Trauma, Berikut Tips dari Lee Sung Kyung

This post is also available in: English

Trauma adalah kondisi seseorang yang mengalami tekanan emosional sangat besar dan berpengaruh pada kondisi emosional secara keseluruhan. Berbagai sebab bisa menjadi pemicunya. Jika Anda pernah mengalami situasi yang sangat sulit, membekas dalam ingatan hingga mempengaruhi Anda dalam bersikap, maka jangan menganggap remeh.

Hal itu bisa jadi akan menjadi trauma jika tidak menerima penanganan yang tepat. Untuk mengetahui bagaimana respon yang tepat Anda bisa melanjutkan membaca artikel berikut ini.

Isu Kesehatan Mental dan Trauma

Kesehatan Mental dan Trauma
Isu Kesehatan Mental dan Trauma

Di era abad 21 ini, sudah mulai banyak Anda temukan penelitian memadai tentang kesehatan mental. Perhatian terhadap kondisi mental sudah mulai mendapat porsi yang banyak.

Hal in merupakan kabar gembira bagi kita semua. Karena dengan kepedulian yang besar di kesehatan mental, orang-orang akan juga menjadi interest dan aware akan pentingnya menjaga mental agar tetap sehat.

Lingkungan yang mayoritas mendukung akan hadirnya peduli kesehatan mental akan mempengaruhi respon penduduknya yang juga relatif akan sama. Hal ini menjadi kabar baik karena tidak akan ada lagi stigma negatif kepada orang yang mengangkat topik kesehatan mental karena itu topik yang tabu. 

Sebelum era 1900-an, banyak orang yang menganggap aneh membicarakan topik tentang kesehatan mental, jiwa, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan aspek psikologis. Hanya kalangan terbatas akademisi dan juga ilmuan yang akan konsen atas isu ini.

Hal ini menjadi suatu kewajaran karena dulu belum banyak penelitian yang berkembang membahas tentang sosial, metafisika, dan segala yang imateri atau tidak tampak. Hal itu membuat kurangnya perhatian atas masalah psikologis manusia.

Banyak yang malu jika membicarakan keluhan psikologisnya. Terlebih mereka akan takut jiwa di cap gila, dan dikucilkan di masyarakat. Anda patut bersyukur jika hidup di masa sekarang karena sudah mendapati banyak ruang diskusi terbuka untuk isu kesehatan mental ini.

Kunci Atasi Trauma: ‘Penerimaan’

Atasi Trauma
Kunci Atasi Trauma: ‘Penerimaan’

Artis Korea Lee Sung Kyung dalam sesi wawancara bersama media, juga membeberkan bahwa ia pernah mengalami trauma. Meskipun di layar kaca media selalu terlihat ceria, ternyata hal yang tidak terlihat belum tentu baik-baik saja.

Menjadi bintang film di berbagai kesempatan bukan hal yang mudah tanpa halangan suatu apapun. Hal ini dibagikan secara langsung oleh Aktris cantik tersebut bahwa di masa lalu ia pernah diposisi berjuang untuk mengatasi traumanya.

Lee Sung Kyung juga menjelaskan dalam wawancaranya, bahwa ia juga memiliki trauma masa lalu, baik masalah besar maupun kecil. Tidak peduli siapa orangnya, apa profesinya, kondisi ini bisa menghinggapi kapanpun. Untuk itu jika Anda mendapati tanda-tanda yang mirip, Anda tidak perlu galau bagaimana menghadapinya. Artis cantik Korea ini juga ada tips yang bisa Anda praktekkan di rumah.

“Daripada tidak sabaran atau mencoba menutupinya dengan kekuatanku, aku pikir aku bisa melewatinya karena mundur selangkah dan menerimanya dan melangkah dengan nyaman sesuai dengan pikiranku,” jelas Lee Sung Kyung. Dari penjelasan tersebut, Anda bisa mengambil poin pentingnya yaitu ‘menerima’ kondisi yang Anda alami.

Dengan menerimanya, Anda sudah mengambil langkah berani untuk terus maju menghadapi apapun konsekuensi untuk penyembuhannya. Itu akan mempermudah Anda untuk masa penyembuhan dan pemulihan nantinya.

Banyak tips atau cara menangani trauma yang bisa Anda baca di laman sosial media sana. Bisa Anda coba buktikan membaca sendiri bahwasanya perihal trauma memang sedikit banyak akan menguras energi untuk proses penanganan yang tepat. Namun Anda akan dapati kesimpulan yang sama bahwa langkah pertama efektifnya adalah menerima kondisi diri.

Lee Sung Kyung Menjelaskan Tentang ‘Berdamai’

Lee Sung Kyung
Lee Sung Kyung Menjelaskan Tentang “Berdamai”

Setelah Anda memastikan bahwa diri sudah menerima kondisi sekarang, dimana sedang mengalami trauma, itu berarti Anda sudah berdamai. Banyak orang yang berjuang untuk bisa mencapai fase ini.

Waktu yang dibutuhkan pun juga berbeda-beda. Ada yang cuma membutuhkan waktu dalam hitungan hari, mingguan, bulanan, maupun tahunan. Itu tergantung pada diri Anda sendiri.

Tidak ada yang mampu mengubah situasi menjadi lebih baik, selain diri Anda sendiri. Ketika berdamai menjadi hal yang terasa sulit, ingatlah hasil manis yang akan Anda dapatkan setelahnya. Hal yang akan Anda dapatkan ketika sudah berada di fase menerima kondisi diri sangatlah banyak.

Pertama, hati dan pikiran Anda akan terasa lebih nyaman dan lega. Ibarat uneg-uneg itu sudah keluar. Emosi yang selama ini terpendam juga sudah tersalurkan. Tinggal bagaimana langkah selanjutnya untuk membuat Anda sembuh total. Anda yang sudah berdamai, tandanya siap untuk melangkah ke depan, maju melanjutkan hari dengan lebih baik lagi.

Tidak ada yang perlu Anda sesali selagi masih punya kesempatan berbenah. Pernah mengalami trauma bukanlah hal yang patut disesali seperti aib. Ia hanyalah bagian kehidupan seperti rasa senang, bangga, marah, dan kecewa yang datang.

Teruslah bergerak maju, untuk menjadi diri yang jauh lebih baik. Aktris cantik pemeran It’s Okay, That’s Love juga menyampaikan apa yang pernah ia rasakan dengan kalimat berikut,

Lee Sung Kyung juga menetapkan beberapa target barunya di 2021. Ini karena ia merasa dirinya jauh lebih baik di aspek mental. Ia juga berencana akan semakin sering berinteraksi dengan para fansnya.

Dukungan Kerabat Bisa Atasi Trauma

Adanya seseorang yang mendukung Anda di saat masa-masa sulit, tentu akan menjadi suntikan energi positif bagi Anda. Tambahan energi itu bisa sangat bermanfaat dikala Anda sedang down. Keluarga menjadi tempat terbaik untuk Anda menerima curahan kasih sayang yang tulus. Tanpa banyak mengharap imbalan, mereka akan menjadi inner circle positif yang bisa menjadi Anda semangat menjalani terapi penyembuhan. Hal ini juga senada dengan ucapan Lee Sun Kyung,

Lee Sung Kyung juga merasa sangat bersyukur. Karena ia memilki orang yang baik mengelilinginya. Dan tentunya ia juga sangat berterima kasih pada dirinya sendiri.

Semoga tips dari Artis cantik Korea Selatan ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang saat ini sedang berjuang sembuh dari trauma.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top