Entertainment

Berharap Damai, Dirjen KI Turun Tangan Dalam Polemik Warkopi Dan Warkop DKI

Berharap Damai, Dirjen KI Turun Tangan Dalam Polemik Warkopi Dan Warkop DKI

DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual) ikut berkomentar soal polemik Warkopi dengan Warkop DKI. Mereka mengaku siap untuk menjadi jembatan bagi kedua belah pihak supaya masalah dapat diselesaikan.

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Kemenkumham Freddy Harris, mengatakan Warkopi memang sejak awal salah sebab memakai nama Dono, Kasino dan Indro. Apalagi hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan keuntungan.

“Pertama sebetulnya saya hanya ingin mengedukasi, jika dikatakan pelanggaran ya pelanggaran hak cipta. Kedua dapat dibuktikan jika nonton Warkopi pasti berasumsi Warkop yang lama,” kata Freddy Harris melalui konferensi pers virtual pada, Senin (27/9/2021).

Walaupun ada pelanggaran, DJKI selalu mengedepankan perdamaian. Mereka cukup minta maaf kepada Indro Warkop dan Lembaga Warkop DKI atas apa yang sudah dilakukannya itu.

“Tetapi untuk say ajika dikatakan pelanggaran dan lainnya memang betul, karena itu kenapa kita letakkan HaKi di belakang, ya sudah meminta maaf ke Om Indro, jadi unsur pidananya tidak ada,” ujar Freddy Harris.

Lihat Juga: Banyak Kejutan di Film Warkop DKI Reborn : Jangkrik Bos Part 2

Beruntungnya masalah ini belum sampai ke meja hijau. Sebab sebelum hal tersebut terjadi, mereka telah mengakui kesalahannya dan menyampaikan permintaan maaf secara terbuka.

“Jika pidana bisa jadi belum selesai (masalahnya). Namun sekali lagi yang saya harapkan keduanya berdamai. Terima kasih itu kepada manajemen Warkopi yang mengaku salah belum mendapat izin dari om Indro karenanya di take down (video Warkopi di YouTube),” lanjut Freddy.

“Tetapi kan kita ketahui kalau di YouTube tentu mendapat AdSense. Jadi itu dibicarakan. Sebab HaKi itu memang terkait ekonomi. Jika tidak ada ekonomi valuenya ya begitu saja,” imbuhnya.

Terkait masalah tersebut, kedua belah pihak hingga saat ini belum bertemu. DJKI bahkan siap menjadi jembatan antara keduanya. Mereka akan mendamaikan keduanya supaya polemik tersebut tidak berkepanjangan.

Tetapi Freddy Harris tak menerangkan secara rinci kapan pemanggilan tersebut akan dilakukan oleh DJKI. Pastinya, cepat atau lambat hal tersebut akan ia lakukan.

“Ingin menjembatani, nanti kita mengundang Om Indro dan Warkopi. Tidak usah saling menuntut, damai ya sudah. Sebab jika soal lisensi ini mendapat benefit dan ini mendapat profit,” ucap Freddy Harris.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top