Entertainment

Berkurban di Tengah Pandemi, Syakir Daulay Ucap Syukur

Bisa Berkurban di Tengah Pandemi Menjadi Kebanggaan bagi Syakir Daulay

Syakir Daulay di tahun 2020 menyambut Idul Adha dengan penuh bangga. Pasalnya pada tahun ini bisa ikut berkurban hasil jerih payah sendiri. Kebahagiaan datang dari indahnya berbagi dengan sesama. Tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Adanya pandemi covid-19 ini membawa dampak yang luar biasa bagi perekonomian masyarakat Indonesia. Banyak tenaga kerja yang dirumahkan.

Ekonomi pun melemah, sehingga memungkinkan jumlah kurban hewan pada tahun 2020 ini mengalami penurunan. Dia bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT hingga bisa berkurban hewan.

Walaupun di tengah pandemi, Syakir Daulay bisa membeli hewan kurban yakni sapi. Rasa kepedulian terhadap fakir miskin juga lebih bisa ditumbuhkan dengan cara berkurban. Apalagi bisa berbagi dalam situasi ekonomi yang sedang melemah seperti saat ini akibat pandemic covid 19.

Dulu, Syakir Daulay Beli Sapi secara Patungan

Bisa membeli sapi menjadi kebanggaan bagi dirinya karena dahulu hanya bisa membeli seekor kambing dengan cara patungan dengan 9 temannya. Semua ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama manusia. Nilai positif tersebut pun disampaikan oleh pelantun lagu “Aisya Istri Rasulullah” ini kaum milenial.

Baginya berkurban itu tidak harus dipikul sendiri, jika masih belum mampu untuk berkurban bisa diambil jalan tengah patungan dengan temannya. Pernah suatu ketika menginginkan membeli hewan kurban, namun belum memiliki cukup uang. Patungan untuk membeli hewan kambing pun dilakukan demi mencapai keinginannya.

Mewujudkan keinginan tersebut atas dasar niat tulus untuk membangun rasa peduli dan agama. Berkurban juga tak harus menunggu uang yang terkumpul sudah banyak.

Dengan cara mengumpulkan uang sedikit demi sedikit juga bisa terkumpul dan mencukupi untuk membeli hewan kurban. Pahala juga tentu akan didapatkan dengan niat yang tulus dan dapat dijadikan sebagai pembelajaran. Sungguh mulia pesannya tersebut.

Membeli Hewan Kurban dari Tabungan Sendiri di Tahun 2020

Syakir Daulay Membeli Hewan Kurban dari Tabungan Sendiri di Tahun 2020
Syakir Daulay Membeli Hewan Kurban dari Tabungan Sendiri di Tahun 2020

Pengalaman Syakir Daulay yang pernah membeli hewan kurban dengan cara patungan membuat suatu hal yang lega jika tahun ini mampu berkurban dari tabungan sendiri. Syakir Daulay sangat bersyukur dan merasa beruntung atas rezeki yang Allah SWT berikan.

Rezeki yang datang dari pekerjaan sinetron dan bernyanyi membuat tabungan sang pelantun Aisyah ini mencukupi untuk membeli hewan kurban sapi. Jika dahulu, hanya membeli kambing, namun sekarang bisa membeli hewan kurban yang lebih besar lagi. Jika dahulu hewan kurban yang dibelinya hasil patungan, namun sekarang adalah hasil tabungannya sendiri. Hewan kurban tersebut diserahkan pada majelis taklim.

Tak hanya berniatan baik untuk membeli hewan kurban saja. Sebelumnya juga belajar memotong hewan kurban. Adanya pandemi membuatnya berpikir ada kemungkinan untuk menyembelih hewan kurban di rumahnya sendiri. Selain itu, lebih afdol juga jika memotong hewan kurbannya sendiri.

Syakir Daulay Memaknai Kisah Nabi Ibrahim

Syakir Daulay Memaknai Kisah Nabi Ibrahim
Syakir Daulay Memaknai Kisah Nabi Ibrahim

Menurut pelantun lagu Aisyah Istri Rasulullah ini berkurban tidak hanya sekedar memotong hewan saja. Kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah untuk merelakan anak laki-laki yang sangat dicintainya. Sejatinya bukanlah Allah sembelih anak Nabi Ibrahim, melainkan menyembelih cinta selain Allah SWT.

Maknanya bukanlah hanya sekedar potong hewan, namun memotong cinta yang ada dalam diri terhadap sesuatu yang melampaui batas.  Cinta selain Allah yang melampaui batas bisa menjadikan diri lupa akan kekuasaan Allah SWT yang selama ini memberikan kenikmatan. Makna nikmat dunia itu seringkali membuat melupakan cinta Allah.

Mengorbankan sebagian harta untuk membeli dan berbagi hewan kurban ini bisa dijadikan sebagai sarana membersihkan cinta yang berlebih pada selain Allah. Dari awalnya yang mencintai harta dunia, dengan berkurban cinta harta akan berkurang.

Padahal Allah lah yang senantiasa baik kepada umatnya. Maknanya, janganlah mencintai sesuatu berlebih, melebihi cinta Allah. Baik itu pada manusia, harta, benda, ataupun itu yang ada di dunia.

Libur Syuting di Masa Pandemi Covid 19 Disyukuri Syakir Daulay

Libur Syuting di Masa Pandemi Covid 19 Disyukuri Syakir Daulay
Libur Syuting di Masa Pandemi Covid 19 Disyukuri Syakir Daulay

Kegiatan syuting memberikan penghasilan yang menguntungkan. Perolehan dari syuting pun bisa mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan, banyak diantara masyarakat yang menginginkan pekerjaan ini. Hal ini tentu disebabkan penghasilan yang berlimpah ruah. Namun, keadaan tak bisa demikian secara mulus.

Lika-liku kehidupan selalu ada, seperti halnya adanya pandemic covid-19 ini menjadikan roda ekonomi melemah. Bahkan, kegiatan syuting banyak diliburkan. Salah satunya mengaku dirinya bisa beristirahat karena libur syuting di masa pandemic. Mungkin sebagian orang meyakini hal yang negatif akan hal tersebut. Namun, sang pelantun lagu Aisyah ini bisa memaknai dalam pemikiran yang positif.

Libur syuting bisa menjadikan dirinya dapat beristirahat. Namun terdapat perbedaan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2019 dunia masih aman dari virus covid 19. Tradisi keluarga ketika Idul Adha pun bisa terlaksana dengan baik yakni bersilaturahmi dengan sesama umat Islam. Namun, nilai dan makna silaturahmi ini tidak hilang walaupun tidak bertemu secara langsung. Kemajuan zaman memberikan solusi atas masalah tersebut dengan bersilaturahmi via online.

Kisah Syakir Daulay ini bisa diambil keteladanannya. Berbagi tidak harus menunggu memiliki banyak harta. Dengan niat yang kuat dan tulus akan memudahkan ketercapaian keinginan. Apalagi jika sesuatu yang diputuskan tersebut adalah hal yang baik menuju jalan Allah SWT. Menyambut Idul Adha harus dengan penuh semangat.

Takbir yang berkumandang tidak boleh begitu saja diacuhkan. Segala perintah Allah itu pasti memberikan manfaat bagi hamba Nya. Berkurban hewan ketika Idul Adha tidak akan membuat rugi, justru banyak manfaat didapatkan.

Berita Terkini

To Top