Entertainment

Biografi Lee Dong Wook, Si Gumiho Tampan Di Drama Tale of the Nine Tailed

Biografi Lee Dong Wook, Si Gumiho Tampan Di Drama Tale of the Nine Tailed

This post is also available in: English

Bagi kalian yang sudah menonton drama Korea Tale of the Nine Tailed, pastinya kalian mengetahui siapa aktor yang memerankan peran sebagai makhluk mistis rubah ekor sembilan yang disebut Gumiho bernama Lee Yeon. Ya, dia adalah Lee Dong Wook, seorang aktor asal Korea Selatan yang terkenal akan ketampanannya ini berperan sebagai Gumiho di drama terbarunya.

Siapa yang tidak mengenal aktor tampan dengan bibirnya bewarna pink natural ini. Berkat perannya di drama terbarunya, nama Dong Wook semakin populer dan dramanya sukses menarik perhatian penonton. Hal itu pula yang terjadi di tahun 2016-2017 lalu dimana popularitas Dong Wook semakin melambung tinggi sejak perannya di drama Guardian: The Lonely and Great God sebagai Grim Reaper.  

Bagi penggemar K-drama pastinya ada yang hanya menonton dramanya saja tanpa tahu nama asli pemain drama tersebut. Begitu juga Lee Dong Wook di drama terbarunya ini, mungkin mereka hanya tahu perannya sebagai Lee Yeon (Gumiho) tapi tidak mengetahui nama aslinya. Untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai biografi dari Lee Dong Wook pemeran Gumiho di drama Tale of the Nine Tailed. Simak baik-baik ya!

Biodata Lee Dong Wook

Lee Dong Wook merupakan aktor asal Korea Selatan  yang terkenal berkat peran utamanya di drama My Girl (2005), Scent of a Woman (2011), Hotel King (2014), dan Guardian: The Lonely and Great God (2016-2017). Selain itu, dia juga dikenal sebagai pembawa acara di beberapa acara variety show seperti acara Strong Heart dan Produce X 101. Berikut ini biodata dari Lee Dong Wook:

Nama LahirLee Dong Wook
Hangul이동욱
MargaLee
Lahir6 November 1981 (39 tahun), Seoul, Korea Selatan
Tinggi185 M
PendidikanJoongbu University, Broadcasting and MediaArts
PekerjaanAktor, Model, Pembawa Acara
Tahun Aktif1999-sekarang
AgensiKingkong by Starship
Biografi Lee Dong Wook

Kehidupan Pribadi Lee Dong Wook

Lee Dong Wook lahir pada tanggal 6 November 1981 di Seoul, Korea Selatan. Dia merupakan anak sulung dari 4 bersaudara. Dia bukanlah berasal dari keluarga kaya. Oleh karena itulah, di usia yang masih 18 tahun dia memutuskan untuk mulai terjun di dunia akting untuk membantu perekonomian keluarganya. Aktor berzodiak Scorpio ini pernah berkuliah di Joongbu University mengambil jurusan Broadcasting adn MediaArts.

Dong Wook ini termasuk pribadi yang menyukai kebersihan. Dia memiliki kebiasaan untuk selalu membersihkan rumah seperti mencuci piring, mencuci pakaian, merapikan rumah, dan lain-lain. Untuk hobi, Dong Wook mengaku tidak memiliki hobi apapun. Biasanya di waktu luang dia tidak melakukan apa-apa hanya bersantai, bermain game, mendengarkan musik, dan menonton film.

Pada Agustus 2009, Dong Wook pernah mendaftar di militer yang bertugas di bawah Layanan Hubungan Masyarakat Pertahanan Nasional. Dia kemudian diberhentikan pada Juni 2011.

Mengenai asmara, Dong Wook diketahui pernah menjalin hubungan yang cukup lama dengan Bae Suzy. Mereka menjalin hubungan sejak Maret 2018 lalu. Hubungan mereka hanya bisa bertahan 4 bulan saja karena pada bulan Juli 2018 mereka dikabarkan putus dengan alasan yang sama-sama sibuk.

Karir Lee Dong Wook

Sejak kecil, Dong Wook bercita-cita untuk menjadi artis. Di usianya yang masih muda dia memutuskan untuk bekerja hanya untuk membantu perekonomian keluarganya. Oleh karena itu, pada tahun 1999 tepat di usianya yang ke 18 tahun, dia memulai karirnya di dunia akting dan debut pertama kali dalam sebuah drama episode tunggal MBC setelah menang dari kontes model V-Ness.

Di awal karirnya, dia hanya mendapatkan peran-peran kecil di berbagai drama yang dibintanginya. Di drama School 3, akting Dong Wook mulai diakui dan dia mulai mencapai ketenaran sejak menjadi peran utama di drama My Girl (2005). Dari situlah Dong Wook sering menjadi peran utama di berbagai drama lainnya seperti La Dolce Vita (2008), Partner (2009), Scent of Woman (2011), Wild Romance (2012), The Fugitive of Joseon (2013), Hotel King ( 2014), dan masih banyak lagi.

Dari tahun 2016 hingga 2017, nama Dong Wook semakin populer sejak membintangi drama Guardian: The Lonely and Great God bersama dengan Gong Yoo. Dia berperan sebagai seorang Grim Reaper. Dari drama inilah sangat membantu kebangkitan karr akting Dong Wook. Di tahun 2017, dia mulai bergabung dengan agensi KingKong by Starship.

Lee Dong Wook dalam Drama, Guardian : The Lonely and Great God

Pada tahun 2018, Dong Wook memainkan drama Medis Life yang berperan sebagai seorang dokter yang bekerja di UGD. Pada tahun 2019, dia membintangi sebuah drama berjudul Touch Your Heart bersama dengan lawan mainnya di drama Guardian: The Lonely and Great God yaitu Yoo In-na. Di tahun yang sama pula dia juga membintangi sebuah drama thriller berjudul Hell is other People sebagai dokter gigi.

Di tahun 2020 ini, Dong Wook kembali memainkan drama fantasi yang berjudul Tale of the Nine Tailed berperan sebagai Gumiho, seekor rubah yang memiliki ekor sembilan yang dulunya adalah seorang dewa gunung. Di masa depan, dia menjadi seorang pegawai negeri.

Selain aktor, dia juga pernah menjadi pembawa acara bersama dengan Shon Dong Yup di acara Strong Heart mulai dari April 2012 sampai Januari 2013. Selain itu, dia juga pernah menjadi pembawa acara di acara Produce X 101. Pada tahun 2014 sampai dengan 2015, dia bergabung di acara variety show bernama Rommate. Dia juga pernah menjadi bintang tamu di acara The Return of Superman episode 126, 127, dan 138.

Penghargaan

Selama hampir 20 tahun berkarir di dunia hiburan, Dong Wook telah membintangi berbagai drama dan film. Selain itu, dia juga sering kali menjadi bintang tamu di acara variety show di Korea Selatan. Dia pernah membintangi 5 film layar lebar, 32 drama, dan 1 FTV Korea. Dari aktingnya tersebut, dia seringkali menang di beberapa ajang penghargaan tetapi ada juga yang hanya masuk ke dalam nominasi. Di awal karirnya dulu, dia pernah memenangkan penghargaan V-Ness Model Awards kategori Grand Prize. Di tahun 2001, dia mendapatkan penghargaan sebagai New Generation Actor di Korean Most Popular Entertainment Awards ke 9. Di acara yang sama dia juga mendapatkan penghargaa sebagai Best New Actor di drama Loving You pada tahun 2002.

Pada tahun 2003, dia memenangkan penghargaan sebagai New Star Award di SBS Drama Awards. Di tahun 2011, di acara Cosmopolitan Beauty Awards in China ke 8 dia memenangkan penghargaan sebagai Most Attractive Actor in Asia. Di tahun 2011 pula, dia juga memenangkan beberapa penghargaan seperti Grand Prize dan Cultural Diplomacy Category di acara South Korea, Japan, Culture Awards ke 18, kemudian kategori Top 10 Stars dan Top Excellence Award, Actor in a Weekend Drama untuk drama Scent of a Woman di acara SBS Drama Awards.

Di tahun 2012 di acara SBS Entertainment Awards, dia juga memenangkan penghargaan kategori Best Newcomer, MC Category dan Best Couple Award dengan Shin Dong Yup di acara Strong Heart. Di tahun 2013, dia memenangkan untuk kategori Asia Fashion Star Award di acara PC LADY & Tudou Fashion Awards. Di tahun 2014, dia memenangkan kategoru Fashionista Award di acara Asia Model Festival Awards ke 9 dan di tahun 2017, dia memenangkan kembali penghargaan kategori Best Supporting Actor dalam drama Guardian: The Lonely and Great God di acara Annual DramaFever Awards ke 5.

Perannya sebagai Gumiho di drama Tale of the Nine Tailed

Lee Dong Wook dalam Drama Tale of The Nine Tailed

Tale of the Nine Tailed merupakan drama terbaru yang dibintangi oleh Lee Dong Wook yang masih on going. Di drama ini, Lee Dong Wook berperan sebagai Lee Yeon, makhluk mistis berupa rubah berekor sembilan yang dikenal dengan gumiho.

Di drama ini diceritakan Lee Yeon pernah menjadi dewa yang hidup di Gunung Baekdudaegan kemudian ia kembali hidup dengan menjadi manusia di kota. Lee Yeon sendiri menjalani peran antara dunia nyata dan dunia lain dengan menjadi seorang hakim yang mengganggu kehidupan manusia.

Dalam drama ini, Dong Wook rela untuk merubah penampilannya dengan sedikit memanjangkan rambutnya kemudian diwarnai  dengan warna kecokelatan hingga dia rela ikut kelas bela diri supaya lebih bisa mendalami atau menyesuaikan dengan karakter Gumiho pada Lee Yeon.

Lee Dong Wook sangat menyukai perannya di drama fantasi  ini karena pertama kalinya karakter Gumiho di perankan oleh seorang laki-laki karena di beberapa katakter gumiho sebelumnya yang memerankan karakter tersebut adalah perempuan. Di samping itu, fans dari Dong Wook sendiri mendukung perannya di drama tersebut karena Dong Wook sangat cocok memerankan karakter gumiho.

Berkat kehehadirannya, rating di episode perdananya mengalahkan dua drama lainnya yaitu Private Lives dan Do Do Sol Sol La La Sol. Di episode perdananya, drama ini mendapatkan rating tertinggi yaitu 5,8%  dan telah disaksikan sebanyak 1,5 juta penonton. Namun di episode kedua, rating drama ini menurun 0,3% tetap masih memimpin dari drama lainnya.

Dari informasi di atas, setidaknya sangat cukup bagi kalian yang penasaran siapa sosok asli dari karakter gumiho di drama Tale of the Nine Tailed. Dialah Lee Dong Wook, aktor asal Korea Selatan yang terkenal akan ketampananannya dan bibirnya yang bewarna pink natural. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat bagi para pembaca yang penasaran dengan Lee Dong wook. Selamat membaca.

To Top