Entertainment

Biografi Ludacris, Aktor Sekaligus Rapper Dengan Segudang Prestasi

ludacris

Bagi pecinta musik hip hop, kalian pasti tidak asing dengan salah satu rapper terkenal bernama Ludacris. Jika kalian mengenal karakteristik rap dari Ludacris, pastinya kalian akan mengenal suara siapa yang mengambil bagian rap di lagu Justin Bieber yang berjudul “Baby”. Ya, rapper yang dimaksud adalah Ludarcris berkolaborasi dengan Justin Bieber di single Baby ketika awal mula Justin debut di dunia musik.

Mengenai informasi dari Ludacris sendiri bisa dikatakan sangat minim. Hal itu dikarenakan  keluarga dari Ludacris jarang sekali tertimpa gosip. Untuk itu, berikut ini akan diulas terkait informasi yang didapatkan mengenai kehidupan Ludacris mulai dari biodatanya, kehidupan masa kecilnya, keluarganya, karirnya, sifat dermawan yang dimiliki hingga penghargaan yang pernah didapatkannya. Penasaran? Simak baik-baik ya!

Biodata Ludacris

Ludacris merupakan seorang rapper sekaligus aktor berkebangsaan Amerika Serikat yang terkenal setelah albumnya masuk ke dalam peringkat 40 besar di dunia musik. Namanya kian melejit setelah dia memerankan seorang hacker profesional bernama Tej Parker di proyek film Fast Furious bersama dengan aktor Vin Diesel, Paul Walker, Tyrese Gibson, Dwayne Johnson, Michelle Rodriguez, dan masih banyak lagi. Berikut ini biodata Ludacris:

Nama LahirChristopher Brian Bridges
Nama LainLudacris / Chris Lova Lova
Tempat, Tanggal LahirChampaign, Illinois, Amerika Serikat 11 September 1977 (Usia 43 tahun)
PendidikanBanneker High School
Georgia State University
PekerjaanAktor, Rapper, Songwriter, Record Executive
Tahun Aktif1998-sekarang
PasanganEudoxie Mbouguingue (m. 2014-sekarang)
AnakKarma Bridges Cadence Gaelle Cai Bella Bridges Shaila Scott
Biografi Ludacris

Kehidupan Masa Kecil Ludacris

Ludacris lahir dengan nama Christopher Brian Bridges pada 11 September 1977 di Champaign, Illinois, Amerika Serikat. Dia adalah anak tunggal dari pasangan Roberta Shields dan Wayne Brian Bridges. Marga Bridges merupakan keturunan asli Afrika-Amerika, Inggris, dan penduduk Asli Amerika. Ludacris masih memiliki hubungan sepupu jauh dengan mendiang Richard Pryor, seorang komedian.

Masa kecil Ludacris dan keluarganya dihabiskan dengan berpindah daerah satu ke daerah lain. Ketika duduk di sekolah menengah pertama, dia pindah ke daerah Chicago dan bersekolah di Emerson Middle School kemudian melanjutkan ke Oak Park & Forest High School selama satu tahun. Tidak sampai disitu, dia kembali pindah lagi ke daerah Centerville, Virginia dan selama satu tahun dia bersekolah di Centerville High School. Setelah itu, dia lulus pada tahun 1995 setelah pindah ke daerah Atlanta, Georgia dan bersekolah di Banneker High School.

Setelah lulus, dia sempat vakum di pendidikan selama tiga tahun. Pada tahun 1998, dia melanjutkan pendidikannya ke Georgia State University untuk mendalami tentang manajemen musik. Luda menulis lagu rap pertamanya di usianya yang ke sembilan tahun. Pada waktu itu, dia pindah ke Atlanta. Setelah tiga tahun kemudian, dia bergabung dengan grup rap amatir untuk menunjukkan skill nya dalam menyanyikan lagu rap.

Potret Keluarga

Ludacris dan keluarganya dikenal sebagai keluarga yang kompak. Meskipun demikian, Luda diketahui memiliki 4 orang anak dari wanita yang berbeda. Anak pertamanya yang bernama Karma Bridges yang lahir pada Agustus 2001 merupakan hasil hubungannya dengan seorang pengacara dari Atlanta yang tidak diketahui namanya.

Pada tahun 2009, dia berkencan dengan seorang model cantik bernama Eudoxie Mboguiengue. Di saat dia sedang berkencan dengan Eudoxie, dia diketahui memiliki anak lain dengan teman lamanya, Tamika Fuller yang diberi nama Cai Bella Bridges yang lahir pada Desember 2013. Selain itu, Luda juga memiliki anak dari hubungannya yang lain yang diberi nama Shaila Scott.

Pada tanggal 26 Desember 2014, Ludacris memutuskan untuk bertunangan sekaligus melangsungkan pernikahan dengan kekasihnya, Eudoxie di Kosta Rika. Di pernikahannya ini, dia dikaruniai anak yang bernama Cadence Gaelle dan tetap menganggap anak-anak lainnya seperti anak kandung sendiri. Hal itu dibuktikan dari kekompakan Eudoxie dan anak-anaknya dalam foto berikut:

Keempat anak Ludacris pun terlihat sangat akrab satu sama lain. Mereka menghabiskan waktu dengan berenang bersama.

Perjalanan Karir

Musik

Sebelum berkarir di dunia akting, Ludacris lebih dulu berkarir di dunia musik terutama musik hip hop. Hal itu terbukti di usianya yang menginjak sembilan tahun, Ludacris diketahui mulai menulis lagu rap setelah pindah ke Atlanta. Tiga tahun kemudian tepat diusianya yang ke 12 (dua belas) tahun, dia bergabung dengan grup amatir di Atlanta.

Luda memulai debutnya sebagai seorang rapper profesional ketika dirinya tampil dengan membawakan lagu milik Timbaland yang berjudul Phat Rabbit. Sebelum menjadi seorang Rapper, Luda dulunya adalah seorang DJ di Atlanta’s Hot 97.5 dengan nama panggung Chris Lova Lova.

Pada akhir 1990-an, dia berhasil membentuk label musiknya sendiri yaitu Disturbing tha Peace. Setelah itu, dia menandatangani kontrak dengan Def Jam South untuk bergabung di grup Dirty South. Dia menjadi salah satu rapper Dirty South yang pertama kali meraih kesuksesan besar.

Ludacris secara individu memulai debut di dunia rapper dengan merilis album pertamanya yang berjudul Incognegro. Pada tahun 2000 dia merilis kembali sebuah album berjudul Back for the First Time. Pada tahun 2001, dia kembali merilis albumnya berjudul Word of Mouf dan diikuti dengan album Chicken-n-Beer pada tahun 2003. Pada tahun 2004, dia kembali merilis album berjudul The Red Light District.

Di dua album berikutnya, Ludacris mulai serius dalam melakukan perilisan. Dua album yang dimaksud adalah Release Theraphy yang rilis pada tahun 2006 dan Theatre of the Mind yang rilis pada tahun 2008. Setelah dua album sebelumnya dirilis, dia melakukan rekaman kembali untuk album berjudul Battle of the Sexes yang rilis pada tahun 2010 dengan menampilkan kembali nada yang jauh lebih ringan daripada sebelumnya. Album terbarunya yang berjudul Ludaversal dirilis pada tahun 2015. Semua album milik Ludacris telah mendapatkan sertifikasi multi-platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA).

Film Ludacris

Film Ludacris

Selain sukses berkarir di dunia musik, Ludacris juga mulai terjun dalam dunia akting. Film pertama yang dibintanginya berjudul The Wash. Namanya semakin melejit di dunia perfilman setelah dirinya ikut serta dalam proyek film Fast Furious bersama dengan Vin Diesel, Paul Walker, Michelle Rodigruez dan lainnya. Peran Ludacris sebagai Tej Parker yang paling keren ada di film Fast Five (2011) ketika dirinya diperintah untuk membuka sebuah brankas dengan menggunakan sidik telapak tangan.

Berikut ini beberapa film yang pernah dibintangi oleh Ludacris:

TahunJudul Film
2001The Wash
20032 Fast 2 Furious
2004Lil’ Pimp
2005Paper Chaser
2005Hustle & Flow
2005Crash
2005The Industry
2005Ludacris: The Red Light District
2005The Heart of the Game
2007Ludacris: The Southern Smoke : Unauthorized
2007Katt Williams : American Hustle
2007Fred Claus
2008RocknRolla
2008Max Payne
2008Ball Don’t Lie
2008Game
2011Fast Five
2011No Strings Attached
2011New Year’s Eve
2011Breakaway
2013Furious 6
2015Furious 7
2017F8
2017Demi Lovato : Simply Complicated
2018Show Dogs
2020John Henry
Film dibintangi Ludacris

Tidak hanya hadir di layar lebar, Ludacris juga kerap tampil di acara televisi seperti Law & Order: Special Victims Unit, The Simpsons, When I Was 17, Being Mary Jane, Rising Star, Billboard Music Award, The Comedy Central Roast of Justin Bieber, Empire, Super Bowl LII 2018 Winter Olympics dan Fear Factor.

Bisnis Yang Dimiliki Oleh Ludacris

Ludacris berhasil mendirikan label rekaman sendiri yang diberi nama Disturbing tha Peace. Dia juga memiliki usaha dibidang penjualan minuman keras dengan nama brand “Conjure Cognac”. Pada tahun 2011, Ludacris bekerja sama dengan Soul Electronic untuk merilis  sebuah lini headphone miliknya dengan merk “Soul By Ludacris”. Selain itu dikabarkan juga bahwa Ludacris tercatat sebagai pemilik beberapa Real Estate.

Pada tahun 2006, Ludacris berkolaborasi dengan Puma  untuk 3 model sepatu kets yang dirilis secara terbatas yang diberinama “Clyde x Luda” dengan gambar Ludacris di bagian tumit insole dan tulisan “Disturbing tha Peace” di jendela tumit. Selain itu, pada November 2016, Ludacris telah membuka sebuah restoran yang diberi nama Chicken N Beer di kawasan Bandara Internasional Hartsfield-Jackson di Atlanta.

Sikap Dermawan Yang Dimilikinya

Meskipun dirinya seorang aktor dan rapper hebat, tetapi dirinya tetap seorang manusia biasa yang akan membantu siapapun yang sedang membutuhkan bantuan, bahkan Ludacris juga mengajari anak-anaknya untuk selalu bersikap dermawan. Hal itu dilakukan agar anak-anaknya selalu berbagi kepada yang membutuhkan. Pada tahun 2011, Ludacris bergabung dengan proyek bersama antara Do Something dan Better World Books untuk mengumpulkan buku-buku yang bertujuan untuk mengisi kembali rak-rak yang ada di perpustakaan di New Orleans.

Selain itu, dia juga membangun Ludacris Foundation di awal karirnya di dunia musik . Pembangunan yayasan ini bertujuan untuk menginspirasi kaum muda melalui pendidikan, pengalaman yang mengesankan, dan membantu kamu muda untuk mengenal dirinya sendiri. Ludacris memiliki titik fokus yang dituju dalam pembangunan yang disebut dengan 3L yaitu Leadership and Education, Living Healthy Lifestyle, and LudaCares.

Penghargaan

Ludacris dikenal dengan kepiawaiannya dalam membawakan menyanyikan lagu hip hop mengantarkan Luda pada keberhasilan dalam meraih tiga penghargaan dari tujuh belas nominasi di Grammy Awards. Pada tahun 2005, dia memenangkan penghargaan Grammy Awards untuk kategori Best Collaboration dengan Usher. Selain itu, pada tahun 2007 dia juga mendapatkan penghargaan untuk kategori Best Rap Song melalui single hitsnya yang berjudul Money Maker dan Best Rap Album yang berjudul Release Theraphy di Grammy Awards.

Ludacris juga menerima penghargaan dari CMT Music Awards untuk kategori Female Video of The Year di single-nya yang berjudul The Champion pada tahun 2018. Selain itu, dia juga pernah memenangkan penghargaan di MTV Video Music Award untuk kategori Best Rap Video di single –nya yang berjudul Number One Spot di tahun 2005.

Di ajang BET Awards, Luda memenangkan 9 penghargaan dari dua belas nominasi. Penghargaan yang dimaksud diantaranya kategori Video of The Year di single One Minute Man dan Best Male Hip-Hop Artist di tahun 2002, kategori Viewer’s Choice, Best Collaboration, Video of the Year untuk single Yeah! di tahun 2004, kategori Best Male Hip-Hop Artist dan Best Actor di tahun 2005, kategori Best Collaboration untuk single Runaway Love di tahun 2007 dan Best Collaboration untuk single I’m So Hot di tahun 2008.

Selama karirnya di dunia musik, Ludacris telah merilis sekitar sembilan album yang semuanya dirilis di label rekaman Def Jam Recordings. Lima album pertamanya mengantarkan dirinya untuk meraih status multi-platinum dan 2 album lainnya meraih status emas. Selain itu, ada 4 album miliknya berhasil berada di posisi nomor satu di tangga lagu billboard 200. Untuk albumnya yang berjudul Back for the First Time yang berisikan single hit “Southern Hospitality” dan “What’s Your Fantasy” berhasil meraih peringkat ke empat di tangga album terpopuler di Amerika Serikat

Di dunia akting, Ludacris juga tidak kalah hebatnya. Pasalnya di film Crash mengantarkan Ludacris memenangkan penghargaan di Screen Actors Guild Awards untuk kategori Outstanding Performance by a Cast in a Moion Picture. Selain itu, perannya sebagai Tej Parker di film 2 Fast 2 Furious membawa kemenangan bagi dirinya di ajang Screen Actors Guild Award dan Critic’s Choice Award.

Demikian ulasan mengenai biografi dari Ludacris. Informasi mengenai Ludacris sangatlah minim sehingga banyak sekali orang yang penasaran dengan sosok aktor dan rapper ini. Semoga tulisan ini bermanfaat!

To Top