Entertainment

Chanyeol EXO Wamil Akhir Maret, Udah Siap?

Akhir Maret Nanti Chanyeol EXO Akan Jalani Wamil

This post is also available in: English

Kabar terkini yang pasti penting untuk penggemar K-Pop adalah adanya jadwal keberangkatan Chanyeol EXO untuk berangkat Wamil. Wamil atau Wajib Militer adalah salah satu tugas negara yang berlaku pada negara Korea Selatan.

Semuanya harus ikut, tidak ada pengecualian untuk artis adatu idol sekalipun. Termasuk juga untuk member band EXO yang saat ini banyak sekali penggemarnya, sebentar lagi harus berangkat Wajib Militer.

Menyusul dua anggota lainnya yang sudah menyelesaikan tugas negara ini, juga untuk dua anggota lainnya yang saat ini sedang menjalani Wamil namun belum selesai. Kini saatnya Chanyeol sebagai salah satu anggota band EXO yang belum melakukannya untuk berangkat. Ya, sebelumnya D.O EXO juga melakukan ini beberapa waktu yang lalu, dan juga Chen EXO yang sekarang telah menjadi seorang ayah.

Apakah ada sapaan untuk penggemar sebelum Chanyeol EXO berangkat? Dan kapan pengumuman ini secara resmi akan SM Entertainment rilis?

Tentang Wamil Korea Selatan

Tentang Wamil Korea Selatan
Tentang Wamil Korea Selatan

Wajib Militer atau Wamil memang menjadi tugas negara yang wajib sifatnya untuk pria. Baik itu citizen, pegawai pemerintahan, artis, penyanyi, untuk anggota band sekalipun.

Mereka yang akan mengikuti Wajib Militer ini adalah pria yang berusia 18 sampai 28 tahun. Bukan berarti selama 10 tahun itu mengikuti Wajib Militernya, melainkan boleh ikut kapan saja asal masih pada rentang usia itu.

Sebagian idol Kpop ada yang memilih mengikuti Wajib Militer pada usia muda, sekitar 18 sampai 19 tahun. Kemudian, sebagian lainnya ada yang memilih mengikuti tugas ini pada akhir rentang usia, seperti pada usia 26 atau 27 misalnya.

Seperti Chanyeol EXO ini, lahir pada tahun 1992 dan mengikuti Wajib Militer pada tahun 2021. Yang mana itu artinya, ia mengikuti tugas ini pada usia yang ke dua puluh delapan. Ia termasuk salah satu contoh idol Kpop yang ikut Wajib Militer belakangan, tidak seperti empat member lainnya yang sudah selesai dan sedang berjalan mengikuti Wajib Militer.

Lalu bagaimana dengan idol Kpop wanita atau masyarakat wanita umumnya di Korea Selatan? Mereka sebenarnya boleh-boleh saja ikut, namun sifatnya opsional. Mereka terlebih dahulu harus mendaftar di Korps Pelatihan Perwira Cadangan.

Kemudian untuk durasinya, umumnya Wajib Militer ini berjalan selama kurang lebih 2 tahun lamanya. Lebih tepatnya, Wajib Militer untuk pemadam kebakaran dan Angkatan Laut selama 23 bulan, 24 bulan untuk Angkatan Udara, serta 21 bulan untuk Angkatan Darat dan polisi.

Kabar Chanyeol EXO Berangkat Wamil

Kabar Chanyeol EXO Berangkat Wamil

Sebagai penggemar Chanyeol EXO kini Anda sudah tahu seberapa lama harus berpisah dengan sang idol. Ternyata Chanyeol EXO akan berhenti menghibur kita semua hingga dua tahun kedepan. Namun, pastinya Anda penasaran bukan kapan tepatnya ia akan pulang?

Dengan mengetahui tanggal berangkatnya Chanyeol ke Wajib Militer, kita akan tahu kapan ia akan pulang.

Pernyataan resmi dari SM Entertainment sudah ada sejak tanggal 26 Februari 2021 kemarin. SM Entertainment telah mengumumkan pada penggemar bahwa Chanyeol akan resmi mengikuti Wajib Militer di tanggal 29 Maret nanti. Oleh karenanya, diperkirakan Chanyeol akan kembali menyapa penggemar di akhir tahun, dua tahun kedepan.

Namun, SM Entertainment tak memberitakan tempat atau lokasi Chanyeol akan mengikuti Wajib Militer. Satu hal yang pasti adalah saat Chanyeol berangkat Wajib Militer nanti tidak akan ada upacara pelepasan.

Yang mana biasanya idol Kpop yang akan berangkat Wajib Militer akan diadakan upacara pelepasan khusus. Upacara non formal yang biasa diadakan manajemen idol beserta rekan-rekannya.

Dengan pengumuman ini, penggemar tak perlu menunggu update an adanya upacara khusus ini. Namun jangan sedih, sebab Chanyeol telah memberi pesan untuk penggemarnya yang akan dibahas di akhir artikel.

Dua anggota EXO lainnya telah selesai mengikuti Wajib Militer, sedangkan dua anggota lainnya sekarang ini masih dalam tahap menyelesaikan Wajib Militer (belum pulang).

Ada pun dua anggota yang sudah selesai adalah D.O dan Xiumin. Dilanjut dengan Chen dan Suho yang saat ini dalam tahap atau masih proses Wajib Militer. Oleh karena itu, Chanyeol menjadi anggota kelima yang ikut Wamil.

Surat untuk Para Fans

Chanyeol Akan Merindukan Para Fans

Sebelum berangkat Wajib Militer, Chanyeol EXO telah memberi surat untuk para penggemarnya sebagai salam hangat. Malahan, surat tersebut sudah ia berikan sebelum ada kabar resmi dari SM Entertainment bahwa ia akan mengikuti Wajib Militer.

Surat yang diberikan Chanyeol EXO ini menjadi sapaan pertama untuk penggemarnya setelah berita kontroversial atas dirinya di tahun 2020 lalu. Para fans bisa membuktikan langsung bahwa Chanyeol memang memperhatikan dan peduli terhadap mereka.

Melalui suratnya itu, Chanyeol menyatakan bahwa ia meminta maaf telah apa yang terjadi sebelumnya. Ia meminta maaf jika telah membuat khawatir para fans atas berita-berita yang tersebar.

Bukan hanya untuk minta maaf saja, Chanyeol juga menyatakan bahwa dukungan yang diberikan penggemar sangat berarti untuknya. Secara langsung ia berterima kasih pada fans telah memberikan dukungan yang tak ada hentinya. Para penggemar lah yang menemaninya selama 9 tahun debut.

Dalam surat itu juga, ia sendiri yang menyatakan bahwa ia akan menjamin kepercayaan yang diberikan fans kepadanya. Ia akan memastikan bahwa fans tidak akan kecewa selama ini dan nanti setelah Wajib Militer selesai.

Chanyeol EXO memberi sapaan ini pada penggemarnya di tanggal 24 Februari 2021 di media sosialnya langsung. Dengan berangkatnya Chanyeol ke Wajib Militer, berarti ia akan menjadi warga negara yang taat pada tugas. Semoga saja para penggemar sibuk menantiya hingga 2 tahun ke depan. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top