Entertainment

Kematian Song Yoo Jung, Menambah Daftar Kasus Bunuh Diri Selebriti Korea Selatan

Song Yoo Jung

Lebih dari satu dekade, kasus bunuh diri selebriti Korea Selatan menjadi bahan perbincangan masyarakat di seluruh dunia. Pasalnya, industri hiburan di negara tersebut merupakan salah satu ekspor budaya yang cukup sukses.

Kematian selebriti akibat bunuh diri tentu menjadi tekanan bagi perusahaan manajemen. Oleh karena itu, pendatang baru benar-benar melakukan persiapan sangat matang. Tidak hanya fokus pada penampilan, mereka dilatih agar memiliki mental kuat.

Bertahan ditengah persaingan, ujaran kebencian dari warganet, perundungan sesama artis, dan lainnya dianggap menjadi penyebab utama selebriti mengalami tekanan. Tidak semua mampu menghadapi masalah tersebut, hingga banyak yang memilih mengakhiri hidup.

Baca Juga : Melihat Sisi Gelap Dunia Hiburan Korea Selatan

Belum lama ini, lagi-lagi industri hiburan Korea Selatan dihebohkan dengan kasus kematian selebriti. Song Yoo Jung ditemukan tidak bernyawa pada 23 Januari 2021 lalu. Kabar duka tersebut mengingatkan kasus bunuh diri tragis yang terjadi beberapa tahun terakhir.

Kim Jong Hyun

bunuh diri Kim Jong Hyun

Kim Jong Hyun dikenal sebagai idol yang memiliki bakat menyanyi, menari, dan menulis lagu. Ia mengawali karir sebagai anggota boy group asal Korea Selatan, Shinee. Namun sungguh nahas, pria multitalenta ini ditemukan tidak sadarkan diri di apartemennya pada 18 Desember 2019.

Menurut beberapa sumber, Jong Hyun menghembuskan napas terkahirnya ketika tiba di Rumah Sakit Universitas Konkuk. Ia sempat menerima perawatan darurat CPR, namun gagal mendapatkan kesadaran kembali.

Kepolisian melaporkan, mantan leader Shinee tersebut meninggal akibat bunuh diri. Jong Hyun diduga meninggal lantaran menghirup asap beracun. Hal ini karena pihak petugas menemukan briket batu bara yang dibakar di atas wajan.

Sulli

Sulli bunuh diri

Pemilik nama asli Choi Jin Ri ini meninggal pada 14 Oktober 2019 di Sujeong-gu, Seongnam-si sekitar pukul 15.21 KST. Ditemukan oleh sang manajer dalam keadaan gantung diri di lantai dua kediamannya.

Sebelum mengakhiri hidup, ia sempat mengaku tertekan akibat hujatan dari warganet yang dilontarkan kepadanya. Banyak masyarakat yang memberikan kritik negatif atas tindakan yang dilakukan.

Sulli memulai debut akting pada 2005, lalu bergabung bersama girl group F(X) pada 2009. Ia cukup populer di industri hiburan Korea Selatan. Kepergiannya meninggalkan luka mendalam bagi para penggemar.

Goo Ha Ra

Goo Ha Ra bunuh diri

Tidak berselang lama, artis sekaligus teman dekat Sulli, Go Ha Ra ditemukan tewas pada 24 November 2019 di Cheongdam-dong, Gangnam, Seoul. Kabar kepergian Ha Ra mengejutkan banyak pihak, lantaran membuat pesan menyentuh saat berita kematian Sulli mencuat ke publik.

Ha Ra di duga menderita depresi, sehingga membuat dirinya melakukan percobaan bunuh diri pada Mei 2019. Saat itu, ia beruntung karena masih dapat diselamatkan.

Bukan hanya itu, skandal yang melibatkan Ha Ra dan mantan kekasihnya, Choi Jong Bum membuat wanita berparas cantik ini menerima serangan komentar negatif di media sosial.

Cha In Ha

Cha In Ha

Kematian penyanyi muda Cha In Ha juga menyita perhatian publik di sepanjang tahun 2019. Penyebab bunuh diri pemilik nama asli Lee Jae Ho ini belum diketahui, ia juga tidak meninggalkan pesan terakhir.

Sebagai bentuk penghormatan kepada keluarga yang ditinggalkan, Fantagio sebagai agensi yang menanungi In Ha meminta publik agar tidak menyebarkan rumor dan laporan spekulatif.

Mantan anggota Surprise U ini ditemukan tidak bernyawa oleh manajernya pada 3 Desember 2019.

Terlepas dari itu, karirnya di industri hiburan cukup cemerlang. In Ha berpartisipasi dalam beberapa judul drama, seperti “Clean with Passion for Now” (2018), “The Banker” (2019), “Love with Flaws” (2019), dan masih banyak lagi.

Oh In Hye

Oh In Hye

Oh In Hye ditemukan tidak sadarkan pada 14 September 2020 dini hari. Wanita yang berprofesi sebagai aktris ini sempat mendapatkan kembali denyut nadi dan papasnya, setelah menerima CPR ketika sampai di Rumah Sakit Universitas Inha. Namun, tidak lama kemudian ia dinyatakan meninggal dunia.

Oh In Hye kerap kali tampil dalam beberapa judul film, seperti “Sin of a Family” (2011), “No Breathing” (2013), dan “The Plan” (2014). Selain itu, ia juga membintangi drama “Return Home” (2012), “The King’s Doctor” (2012), dan “Yeonnam-dong 539” (2018).

Park Ji Sun

Park Ji Sun

Pelawak asal Korea Selatan, Park Ji Sun diduga melakukan bunuh diri bersam dengan ibunya. Keduanya ditemukan tidak bernyama di kediaman yang terletak di distrik Mapo, Seoul pada 2 November 2020.

Menurut pihak kepolisian, sebelum meninggal Ji Sun dalam masa penyembuhan dari suatu penyakit. Hal inilah yang membuat sang ibu datang dari desa untuk menemani anaknya selama sakit.

Polisi yang bertugas menemukan surat yang diduga tulisan tangan Ji Sun. Ia meninggalkan pesan sebelum melakukan bunuh diri. Akan tetapi, pesan terakhir tersebut tidak dipublikasikan lantaran menghormati keluarga yang ditinggalkan.

Song Yoo Jung

Awal tahun ini, publik kembali dikejutkan dengan kabar meninggal aktris muda Song Yoo Jung. Penyebab kematiannya masih menyisakan tanda tanya hingga saat ini.

Begitu pula dengan agensi yang menaungi Song Yoo Jung, Sublime Artist Agency hanya mengonfirmasi artisnya meninggal tanpa memberikan kejelasan penyebabnya.

Wanita yang dikenal sebagai pemberi kebahagiaan ini menghembuskan napas terakhir pada 23 Januari 2021. Kepergiaannya, meninggalkan kesedihan mendalam bagi semua pihak.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top