Entertainment

Deretan Artis Tersohor Ini Ternyata Bebas dari “Wamil” Wajib Militer

wamil atau Wajib Militer

Sebagai salah satu bentuk bela negara dan nasionalisme, Korea Selatan mencanangkan wamil atau wajib militer selama kurang lebih 2 tahun. Kewajiban tersebut diperuntukkan seluruh warga khususnya laki-laki, tidak terkecuali para selebriti.

Namun, pemerintah memiliki keringanan untuk masyarakat yang berada dalam kondisi tertentu, sehingga tidak dapat mengikuti wamil. Seperti deretan artis berikut ini, mereka dibebaskan dari tugas negara.

Kim Woo Bin

Kim Woo Bin bebas wamil Wajib Militer
Kim Woo Bin

Tahun 2017, beredar kabar bahwa Kim Woo Bin mengidap kanker nasofaring. Kondisi tersebut membuat kekasih Shin Min Ah ini memilih vakum sementara dari dunia hiburan. Tidak lama setelah melakukan kemoterapi, ia mengikuti pemeriksaan fisik untuk menentukan masuk kualifikasi menjalani wamil.

Hasil menunjukkan, Woo Bin tidak perlu mengikuti tugas negara. Apalagi saat itu, ia masih dalam proses penyembuhan. Pemilik nama asli Kim Hyung Joon ini, mulai muncul di hadapan publik setelah hadir di acara Penghargaan Film Blue Dragon 2019, dengan keadaan fisik yang lebih bugar.

Woo Bin sendiri merupaka model sekaligus aktor yang memulai debut pada 2009. Populer sejak berperan sebagai tokoh antagonis dalam drama School 2013 (2012) dan The Heirs (2013).

Baca Juga :

Memiliki perawakan tubuh bagus dan paras tampan, Woo Bin kerap terlibat dalam peragaan busana, seperti Seoul Fashion Week F/W 2013: Kim Seo Ryeong Homme, Lie Sang Bong, Porsche, Louis Quatorze Show, Loewe, dan masih banyak lagi.

Eun Ji Won Sechskies

Eun Ji Won Sechskies bebas wamil
Sechskies – Eun Ji Won

Eun Ji Won member boy group Sechskies masuk dalam salah satu deretan artis yang terbebas dari tugas negara. Padahal, idol ini diketahui memiliki IQ mencapai 160. Ia tidak wamil lantaran tingkat pendidikan di bawah kualifikasi.

Saat SMP, keluarganya pindah ke Hawai dan Ji Won melanjutkan pendidikan di sana. Akan tetapi, sekolah yang ia masuki tidak masuk dalam daftar yang diakui oleh Korea Selatan. Menurut pemerintah, pria 42 tahun ini diangap hanya lulusan SD.

Selain berkarir di dunia musik, Ji Won juga dikenal sebagai pembawa acara dan komposer handal. Ia kerap muncul dalam berbagai acara varietas, seperti New Journey to the West Season 3 & 4 (2017), Kang’s Kitchen (2017), Unexpected Q (2018), dan masih banyak lagi.

Jo Jung Suk

bebas wamil atau wajib militerJo Jung Suk
Jo Jung Suk

Aktor yang kembali populer setelah membintangi Hospital Playlist (2020) ini ternyata merupakan anak tunggal. Tahun 2000, ayahnya meninggal dunia sehingga ia menggantikan peran kepala rumah tangga.

Menurut beberapa sumber, Jung Suk sampai rela tidak melanjutkan sekolah untuk bekerja demi menafkahi sang ibu. Kondisi ekonomi inilah yang membuat ia terbebas dari wamil.

Meskipun pernah melewati masa sulit saat masih muda, kini ia tengah menikmati kesuksesan sebagai aktor yang tengah naik daun. Jung Suk memulai karir sebagai pemain teater, pernah muncul dalam beberapa drama musikal populer.

Ia membintangi serial televisi, seperti The King 2 Heart (2012), Oh My Ghostess (2015), Two Cops (2017), Nokdu Flower (2019), dan masih banyak lagi.

Jung Suk juga bermain dalam layar lebar, diantaranya Architecture 101 (2012), The Fatal Enchounter (2014), My Annoying Brother (2016), Hit and Run Squad (2019), dan Exit (2019).

Simon Dominic

Simon Dominic
Simon Dominic

Penyanyi hip hop yang saat ini berada di bawah naungan AOMG, Simon Dominic bebas dari wamil karena retina mata sebelah kiri mengalami kerusakan. Kondisi tersebut membuat Simon Dominic mengalami gangguan penglihatan.

Hal tersebut ia curahkan melalui lagu berjudul “Not the Same Person You Used to Know”. Di dalam lagu tersebut terdapar lirik yang memiliki arti “aku orang bodoh yang kehilangan retina sehingga dibebaskan dari wamil”.

Sebelumnya, Simon Dominic menggunakan nama panggung K-Outa, saat itu ia mengusung aliran musik hip hop underground. Tahun 2009, ia bersama dengan rapper E SENS membentuk duo yang dikenal dengan Supreme Team.

Duo tersebut cukup populer, beberapa penghargaan bergengsi pun berhasil disabet, seperti Mnet Musik Awards 2009: Best New Male Group dan Golden Disk Awards 2010: Hip Hop Award.

Sayangnya, Supreme Team memutuskan bubar pada 2013. Hal ini karena E SENS ingin fokus bersolo karir. Satu tahun kemudian, Simon Dominic menjadi ko-CEO AOMG, laber rekaman independent milik Jay Park yang merupakan tempatnya merilis musik hingga sekarang.

Menjadi musisi yang terbilang jarang melakukan comeback, Simon Dominic justru selalu sukses setiap kali mengeluarkan karya. Sebut saja lagu berjudul “Won & Only” mendapat predikat all-kill di tangga-tangga lagu.

Yoo Ah In

Yoo Ah In

Yoo Ah In dinyatakan bebas wamil karena menderita tumor pada tulang kaki. Aktor tampan ini, pertama kali menjalani pemeriksaan fisik pada 2015. Akan tetapi, keputusan dari pemerintah keluar dua tahun kemudian.

Selain disebabkan oleh tumor, Yoo Ah In pernah beberapa kali mengalami cidera bahu. Kondisi inilah yang membuat dirinya tidak masuk kualifikasi wamil.

Pria yang masuk dalam daftar aktor dengan bayaran tertinggi ini pernah membintangi drama Sungkyunkwan Scandal (2010), Fashion King (2012), Secret Affair (2014), Six Flying Dragon (2015), dan Chicago Typewriter (2017).

To Top